Advertorial

Menelusuri Keindahan Jepang, Tempat Tradisi dan Kemajuan Teknologi Bersatu Harmonis

Kompas.com - 01/12/2022, 16:42 WIB

KOMPAS.com – Jepang merupakan salah satu destinasi wisata favorit pelancong dari Tanah Air. Negeri Sakura memiliki keunikan sehingga menarik untuk dijelajahi. Di negeri ini, wisatawan dapat merasakan perkembangan pesat kemajuan teknologi dengan budaya dan tradisi leluhur yang masih dipegang teguh. 

Wisatawan juga dapat menjumpai tata kota yang apik, suasana pegunungan yang tenang, danau dengan air sebening kristal, festival-festival seru, dan pemandangan unik setiap musim yang menyejukkan mata.

Baik wisatawan tua maupun muda, bepergian sendiri ataupun bersama keluarga, Jepang menawarkan pengalaman lengkap untuk menambah pundi-pundi memori yang dapat dikenang selamanya. 

Tradisional dan populer

Kemeriahan Jepang dapat dirasakan dari berbagai festival yang diselenggarakan. Festival besar di Jepang yang tidak boleh dilewatkan adalah Kanda Matsuri, yaitu festival musim semi yang berlangsung di Tokyo.

Festival selanjutnya adalah Kyoto Gion Matsuri. Festival ini memamerkan kendaraan hias para perajin dan warga Kyoto yang diselenggarakan setiap Juli. Terakhir, Tenjin Matsuri yang merupakan festival unik di sepanjang Sungai Okawa.

Jangan lewatkan pula pengalaman berkimono di Jepang, khususnya di Kyoto. Di sana, wisatawan dapat merasakan suasana bersejarah karena Kyoto dipenuhi bangunan-bangunan tua dan kuil berusia ratusan tahun.

Jika tak sempat ke Kyoto, wisatawan juga bisa pergi ke Asakusa yang tak jauh dari pusat Kota Tokyo untuk merasakan budaya tradisional Jepang.

Wisatawan juga dapat menikmati budaya populer di Akihabara yang menjadi surga para otaku—sebutan penggemar anime dan manga. Selain Akihabara, wisatawan yang menyukai pernak-pernik khas Jepang wajib mengunjungi Nipponbashi di Osaka.

Wisatawan juga dapat menikmati taman hiburan tematik, seperti Tokyo Disneyland, Tokyo Disneysea, Universal Studio Jepang, Fuji-Q Highland, Legoland, dan Edo Wonderland yang tersebar di beberapa prefektur di Jepang.

Jepang menyuguhkan destinasi wisata tradisional dan modern, alam dan kuliner, serta, perkotaan dan pinggir kota yang seru dan unik. Dok. JNTO Jepang menyuguhkan destinasi wisata tradisional dan modern, alam dan kuliner, serta, perkotaan dan pinggir kota yang seru dan unik.

Alam dan kuliner

Negeri Matahari Terbit menawarkan keindahan alam yang berbeda dan unik pada setiap musim. Pada musim panas, misalnya, aktivitas luar ruangan dapat menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu. Pada musim semi, wisatawan tidak boleh melewatkan momen hanami di bawah pohon sakura.

Selain itu, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi ragam kuliner khas saat berwisata ke Jepang. Tak hanya sushi dan ramen yang sudah tersohor, ada beragam sajian lain yang dapat menggugah selera, mulai dari takoyaki, okonomiyaki, shabu-shabu, yakitori, hingga kaiseki (makan malam Jepang dengan beragam hidangan tradisional) dan daging sapi khas Kobe. 

Semua hidangan tersebut akan memperkaya pengalaman kuliner dan memanjakan lidah wisatawan selama berada di Jepang. 

Wisatawan juga dapat mempelajari cerita di balik setiap kuliner Jepang lebih dalam lagi. Wisatawan dapat mengikuti kursus membuat sushi dari ahlinya, memanen buah stroberi dan persik segar langsung di Tohoku, dan mengunjungi pabrik sake berlatar pemandangan Gunung Fuji yang megah.

Denyut kota dan ketenangan di wilayah pinggiran

Bagi wisatawan yang ingin menikmati gemerlap kehidupan kota di Jepang, datanglah ke persimpangan tersibuk di dunia, yaitu Shibuya Crossing. Wilayah ini dipadati ribuan pejalan kaki yang menyeberangi jalan dalam waktu bersamaan setiap hari. 

Nikmati pula keindahan suasana kota pada malam hari dengan mengunjungi sejumlah gedung di Tokyo yang menyediakan fasilitas observatory deck. Salah satu pemandangan yang dapat disaksikan adalah suasana Teluk Tokyo berhiaskan gemerlap lampu Jembatan Rainbow di Minato.

Penat dengan suasana kota dan ingin menikmati suasana tenang? Naiklah ke area yang lebih tinggi, seperti Gunung Rokko di Kobe, Gunung Inasa di Nagasaki, serta Gunung Hakodate di Hokkaido. Jangan lupa mencoba sensasi berendam di onsen (pemandian air hangat khas Jepang) yang tersebar di berbagai area.

Temukan informasi seputar ragam kategori destinasi menarik di Jepang sesuai keinginan Anda melalui tautan ini. Rencanakan perjalanan Anda sekarang untuk menelusuri keindahan Jepang yang sangat berkesan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com