Advertorial

Sukses di G20, Erick Thohir Siap Tingkatkan Kolaborasi Berkelanjutan dengan PNM

Kompas.com - 02/12/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi kolaborasi perusahaan dan insan BUMN dalam menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

Hal tersebut diutarakan Erick pada acara Malam Apresiasi Dukungan BUMN dalam G20 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (30/11/2022).

“Di balik kesuksesan pelaksanaan salah satu perhelatan dunia tersebut, banyak pihak bekerja keras (secara) luar biasa,” ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Menurut Erick, selain mengajarkan keberagaman, G20 juga berhasil membuat Indonesia sejajar dengan bangsa lain. Hal ini penting untuk terus dipertahankan.

Sesuai dengansemangat Presidensi G20 Indonesia yakni berkelanjutan, Erick berkomitmen untuk mempererat dan meningkatkan komunikasi serta kolaborasi yang berkelanjutan dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, PT Pegadaian (persero), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero), serta perusahaan BUMN lain.

Pada kesempatan tersebut, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan rasa banggannya atas pencapaian pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasabah PNM.

Hal tersebut dikarenakan lima produk unggulan UMKM nasabah PNM berhasil unjuk gigi di ajang KTT G20. Arya juga meyakini, keikutsertaan ini dapat menaikkan kelas pelaku UMKM.

“Hal tersebut sejalan dengan salah satu pilar prioritas Presidensi G20 Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dalam pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya.

Adapun beberapa hal yang dapat dipelajari insan BUMN dari KTT G20 adalah peran pentingnya kerja sama internasional yang inklusif serta dukungan bagi peningkatan nilai tambah melalui investasi yang inklusif berkelanjutan di sektor-sektor produktif, seperti manufaktur hilir, perdagangan digital, dan jasa.

Kemudian, G20 juga menjadi jembatan bagi investor asing dan perusahaan lokal, terutama UMKM.

Presidensi G20 Indonesia pun berdampak besar bagi perekonomian Tanah Air. Seperti diketahui, Indonesia meraih komitmen pendanaan mencapai 924,4 miliar dollar AS untuk sejumlah proyek infrastruktur dan transisi energi.

Sebagai informasi, hingga Selasa (29/11/2022), PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 160,6 triliun kepada 13,3 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Hal ini merupakan bentuk konsistensi PNM dalam mendukung perekonomian Indonesia.

Saat ini, PNM memiliki 4.213 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 422 kabupaten atau kota, dan 6.158 kecamatan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com