Advertorial

Perkuat Penanggulangan Kejahatan Narkotika di Kawasan Golden Triangle, BNN Jalin Kerja Sama dengan ONCB Thailand

Kompas.com - 02/12/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose mengunjungi Office of the Narcotics Control Board (ONBC) Thailand dalam rangka membahas penanggulangan kejahatan narkotika di kawasan Golden Triangle.

Hal tersebut dilakukan karena Thailand kerap digunakan oleh para Bandar narkotika sebagai jalur peredaran dari Myanmar menuju Laos. Adapun narkotika yang paling sering disalahgunakan adalah Methamphetamine atau Yaba.

“BNN RI dan ONBC akan meningkatkan pertukaran informasi dalam menanggulangi kejahatan narkotika dari kawasan Golden Triangle,” ujar Petrus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Selain itu, lanjutnya, sebagai negara anggota Commission on Narcotic Drugs (CND), Thailand dapat mendukung Indonesia dalam pencalonan keanggotaan CND periode 2024-2027.

Dalam kunjungan tersebut, Petrus didampingi oleh Deputy Chief of Mission (DCM) KBRI Bangkok Sukmo Yuwono, Direktur Intelijen BNN RI Brigjen Pol Ruddi Setiawan, SIK, SH, MH, dan Kelompok Ahli Bidang Kerja Sama Internasional Ambassador Harry RJ Kandou.

Rombongan BNN tiba di Thailand pada Rabu (30/11/2022) dan akan melakukan berbagai kunjungan kerja di Negeri Gajah Putih hingga Senin (5/12/2022).

Sebagai informasi, lawatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Kepala BNN dengan Sekretaris Jenderal ONBC Wuchai Chaimongkhon di Bali pada Agustus 2022.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua negara juga mendiskusikan dan membangun kerja sama dalam menanggulangi kejahatan narkoba. Salah satunya adalah mengenai penanganan rehabilitasi para pecandu narkoba oleh Kementerian Kesehatan Thailand yang telah dijelaskan oleh pihak ONBC.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com