Advertorial

Bupati Kediri Segera Bangun Jalan Alternatif Menuju Air Terjun Dolo

Kompas.com - 07/12/2022, 12:08 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berencana membuat jalan alternatif untuk mempersingkat jarak menuju obyek wisata Air Terjun Dolo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Dengan demikian, akses pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun berundak dengan ketinggian 125 meter di Gunung Wilis itu semakin mudah.

"Kami akan pikirkan bagaimana nanti dari bawah ke atas dibuatkan jalan singkat yang memotong," kata Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/12/2022).

Mas Dhito melanjutkan bahwa saat ini, pengunjung yang turun untuk menikmati air terjun harus menapaki 1.000 anak tangga. Hal ini dapat menguras tenaga pengunjung saat kembali naik ke atas karena harus menaiki anak tangga tersebut.

Oleh karena itu, pembuatan jalan alternatif yang lebih singkat dinanti wisatawan yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Dolo.

Mas Dhito juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tidak mengizinkan ojek motor berbahan bakar minyak beroperasi di kawasan air terjun Dolo saat jalan alternatif tersebut sudah dibangun.

Larangan tersebut dikeluarkan lantaran sejumlah warga ingin membuka jasa ojek motor menuju Air Terjun Dolo ketika jalan alternatif itu selesai dibangun.

"Kalau menggunakan kuda dan motor listrik, boleh saja karena Gunung Wilis merupakan wisata alam. Sementara itu, penggunaan motor berbahan bakar minyak tidak diperbolehkan karena dapat menimbulkan polusi udara di kawasan itu,” ujarnya.

Terkait akses sulit menuju Air Terjun Dolo dibenarkan oleh salah satu petugas obyek wisata, Sudiyoko. Ia menyebutkan, pengunjung harus menuruni anak tangga dengan jarak sekitar 800 meter dari area parkir untuk turun ke air terjun. Hal ini membuat pengunjung kerap kehabisan tenaga, bahkan pingsan, saat kembali naik ke area parkir.

"Jika ada pengunjung yang pingsan, petugas harus menyiapkan tandu untuk membantu pengunjung naik ke atas,” ujar Sudiyoko.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat meninjau langsung ke obyek wisata Air Terjun Dolo. DOK. Pemkab Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat meninjau langsung ke obyek wisata Air Terjun Dolo.

Salah satu perwakilan pedagang kaki lima di sekitar area parkir Air Terjun Dolo, Sunawan, mengakui hal tersebut. Menurutnya, pembangunan jalan alternatif sangat penting karena pengunjung kerap mengeluhkan akses jalan saat berkunjung ke Air Terjun Dolo.

Ia menilai, pembangunan jalan alternatif penting karena pengunjung kerap mengeluhkan akses jalan saat berkunjung ke Air Terjun Dolo.

"Dengan kehadiran jalan alternatif, pengunjung tidak lagi mengeluhkan perihal naik tangga karena sudah tidak kuat,” tuturnya.

Selain masalah jalan, Sunawan juga berharap, obyek wisata Air Terjun Dolo diberi tambahan fasilitas penerangan, termasuk pengembangan area parkir.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com