Advertorial

HMC 2022: Tak Cuma Estetis, Modifikasi Motor Harus Fungsional dan Safety

Kompas.com - 08/12/2022, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Ajang Honda Modif Contest (HMC) 2022 yang berlangsung sejak Senin (7/11/2022) menjadi wadah para modifikator untuk menampilkan hasil modifikasi motor terbaik sesuai identitas, kreativitas, dan karakter peserta.

HMC sendiri merupakan ajang pencarian karya modifikasi terbaik dari sepeda motor keluaran PT Astra Honda Motor (AHM). Untuk tahun ini, gelaran HMC sudah memasuki musim ke-14 dan diikuti sekitar 900 karya modifikasi yang terbagi dalam 12 area regional dari berbagai wilayah di Indonesia.

Tak hanya kreatif, unik, dan estetis, motor modifikasi yang ditampilkan pada ajang tersebut juga harus memenuhi unsur keamanan dan fungsionalitas. Pasalnya, seluruh indikator tersebut merupakan parameter penilaian juri HMC 2022.

”Kami mempunyai standar dan kriteria yang harus dipahami peserta. Salah satunya adalah hasil modifikasi harus safety, fungsional, dan relevan. Kami ingin HMC menjadi barometer modifikasi, sekaligus sebagai ajang edukasi bagi para modifikator di Tanah Air," ujar Juri HMC 2022 Aditya Maulana dalam keterangan tertulis pada Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Pada gelaran tersebut, terdapat sembilan kelas yang dikompetisikan, yakni All Stock and Advance untuk motor produksi di bawah 2006, Matic and Cub Stock/Bolt On, Matic and Cub Advance, Sport Naked, Sport Fairing, Sticker/Decals, Racing Style, serta Community Touring untuk kategori motor yang diproduksi di atas 2006.

Serupa dengan penyelenggaraan sebelumnya, Free for All (FFA) pada HMC 2022 menjadi kelas kejuaraan paling bergengsi. Kelas ini terbuka bagi semua kategori kendaraan.

“Karya para modifikator untuk semua kelas begitu luar biasa, mulai dari kelas bolt on, matic advance, sport, touring hingga free for all. Semua karya bersaing ketat untuk masuk ke tahap final,” tuturnya.

Syarat dan tahapan lomba

Setiap peserta HMC 2022 wajib memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan, yakni mengisi formulir bukti pendaftaran (online), melampirkan foto karya motor modifikasi melalui situs pendaftaran. Adapun foto yang dilampirkan menampilkan enam sisi motor, yaitu samping kanan, kiri, depan, belakang, mesin, serta detail aksesori).

Selanjutnya, peserta harus melampirkan foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Pelajar. Sementara itu, peserta yang tidak membawa fotokopi STNK wajib menyertakan Surat Pernyataan Kepemilikan Kendaraan yang ditandatangani di atas meterai Rp 10.000.

Salah satu karya yang memenangi ajang HMC pada penyelenggaraan sebelumnya.DOK. AHM Salah satu karya yang memenangi ajang HMC pada penyelenggaraan sebelumnya.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, peserta diminta memenuhi persyaratan dokumentasi fungsi kelayakan jalan serta bukti nomor mesin atau rangka. Proses scrutineering atau pengawasan dilakukan oleh tim Honda Modif Contest 2022 via call center.

Sebagai informasi, peserta HMC 2022 telah melalui berbagai tahapan lomba. Setelah melakukan registrasi melalui laman www.astra-honda.com/hondamodifcontest,

Para peserta diminta untuk mengirimkan foto hasil karya modifikasi sepeda motor Honda. Proses ini dilakukan pada periode 7-20 November 2022.

Motor hasil modifikasi yang lolos scrutineering ditampilkan secara virtual pada 7-21 November 2021 melalui web yang sama.

Setelah itu, pemenang regional dari 12 area diumumkan via media sosial, seperti Instagram @hondamodifikasi, pada Selasa (22/11/2022).

Seluruh peserta Honda Modif Contest harus memenuhi aspek proper dan safety dalam memodifikasi karyanya.DOK. AHM Seluruh peserta Honda Modif Contest harus memenuhi aspek proper dan safety dalam memodifikasi karyanya.

Seluruh pemenang regional mendapatkan kesempatan untuk maju ke fase selanjutnya, yakni Final Battle. Fase ini akan diselenggarakan di Yogyakarta, pada 17 Desember 2022.

Selanjutnya, pemenang tiap kelas akan kembali diadu untuk memperebutkan tiga gelar modifikator terbaik pada kategori National Champion Matic and Cub, National Champion Sport, dan National Champion Free for All.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com