Advertorial

Masuki Usia Ke-25, Archipelago International Siap Jadi Grup Manajemen Hotel Terbaik di Dunia

Kompas.com - 09/12/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Grup manajemen perhotelan swasta terbesar di Asia Tenggara, Archipelago International, merayakan hari jadi ke-25.

Selama 25 tahun, Archipelago International terus bertumbuh dan meraih kesuksesan melalui sejumlah pengembangan yang dilakukan.

Pengembangan tersebut meliputi penyempurnaan portofolio merek hotel, teknologi, serta sistem dan standar pelayanan.

Berkat hal itu, Archipelago International mampu bersaing dan mengungguli sejumlah brand hotel internasional.

Meski begitu, Archipelago International tetap ingin menjaga jati dirinya dengan menjunjung tinggi keramahan yang dianut oleh masyarakat Asia.

Presiden sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Archipelago International John Flood mengatakan, pihaknya terus berupaya maju dan melakukan pengembangan terhadap sejumlah brand hotel yang berada di bawah naungan perusahaan agar dapat bersaing di kancah global.

Oleh karena itu, sambungnya, Archipelago International selalu bekerja keras untuk meningkatkan serta menyesuaikan produk perusahaan kepada pemilik dan pengembang yang visioner.

Berkat hal itu pula, Archipelago International menjadi operator hotel pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001.

“Kami juga merevolusi e-commerce Indonesia dan secara konsisten memberikan pengembalian investasi dan laba kotor tertinggi. Karyawan kami terdiri dari tim kohesif yang mengelola pemasaran terbesar dalam kategorinya dan secara aktif mendukung sistem teknologi informatika (TI) terdepan di dalam industri perhotelan,” ujar John dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (7/12/2022).

Sebagai informasi, Archipelago International telah diakui secara luas sebagai mereka penyedia layanan hotel terbaik di kelasnya.

Saat ini, perusahaan tersebut membawahi 11 merek hotel dengan kualitas terbaik yang melayani jutaan tamu setiap tahun, seperti ASTON, Collection by ASTON, Alana, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Hotel NEO, favehotel, Nordic, dan Powered by Archipelago.

Cikal bakal kehadiran Archipelago International sendiri bermula dari keinginan sang pendiri Charles Brookfield. Ia bermimpi untuk membuat perusahaan manajemen hotel saat mengunjungi Hawaii, Amerika Serikat.

Chairman Archipelago International Charles Brookfield dan President sekaligus CEO Archipelago International John Flood.Dok. Archipelago International Chairman Archipelago International Charles Brookfield dan President sekaligus CEO Archipelago International John Flood.

Sebagai langkah awal, Charles pun memulainya dengan menjalankan bisnis properti di sekitar pantai di Bali dan membuat hotel berkelas bisnis di pusat Kota Jakarta.

Seiring waktu berjalan, usaha tersebut pun mengalami pertumbuhan. Kini, Archipelago International telah menjadi brand perhotelan besar yang menaungi sejumlah hotel ternama di Indonesia dan menjadi perusahaan perhotelan swasta terbesar di Asia Tenggara.

Charles mengatakan, Archipelago International kini memiliki sekitar 150 hotel di Indonesia dan 200 hotel yang tersebar di kawasan Asia Tenggara, Karibia, dan Timur Tengah. Perusahaan pun memiliki lebih dari 40.000 kamar di 60 tujuan berbeda dengan total karyawan mencapai dan lebih dari 15.000 orang.

“Pada usia ke-25, kami akan terus memberikan pelayanan terbaik agar dipercaya oleh para pelanggan. Ini menjadi tonggak penting dalam sejarah perusahaan kami. Saya berterima kasih kepada setiap karyawan, tamu, pemilik hotel, serta franchisee yang telah mendukung dan memercayai kami,” kata Charles Brookfield.

Saat ini, lanjut Charles, pihaknya ingin fokus menatap masa depan. Sebab, industri penginapan dan perjalanan saat ini menawarkan banyak peluang luar biasa dalam jangka yang panjang.

“Kami siap memberi pelayanan terbaik untuk 25 tahun ke depan dan seterusnya seperti yang sudah dilakukan selama ini,” jelasnya.

Atas dedikasi dan prestasi yang ditorehkan selama bertahun-tahun, Archipelago International berhasil mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari sejumlah pihak.

Salah satu penghargaan tersebut adalah menjadi bagian dari 100 jaringan hotel terbesar di dunia versi majalah Hotels.

Tarian Nusantara pada Acara HUT ke-25 Archipelago International.Dok. Archipelago International Tarian Nusantara pada Acara HUT ke-25 Archipelago International.

Selain itu, YouGov 2022 Top 10 Travel Brands menempatkan ASTON sebagai merek hotel paling terkenal dan dihormati di Indonesia serta merek perjalanan nomor tiga secara keseluruhan.

Archipelago International juga mendapat pengakuan dalam berbagai pihak, seperti Tiket.com, MG Bedbank, Triptease, Pegipegi, dan Booking.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website archipelagointernational.com atau ikuti akan Instagram @archipelagointernational.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com