Advertorial

Ajukan Gugatan ke DKPP, PKR Optimistis Lolos sebagai Peserta dan Masuk Lima Besar di Pemilu 2024

Kompas.com - 09/12/2022, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) mulai melakukan persiapan untuk tampil di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ketua Umum PKR Tuntas Subagyo mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) agar lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Menurutnya, PKR telah memenuhi prasyarat sebagai parpol peserta Pemilu 2024, yakni memiliki dukungan yang telah melebihi batas minimal.

Berdasarkan data internal partai, PKR telah mendapat dukungan 100 persen di tingkat provinsi. Kemudian di tingkat kabupaten atau kota, PKR sudah mendapat dukungan 100 persen dari batas minimal 75 persen. Di tingkat kecamatan, dukungan PKR sudah mencapai 90 persen, melebihi ambang batas 50 persen.

“Begitu juga untuk data dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) PKR, sudah ada lebih kurang 274.000,” ujar Tuntas dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Jumlah tersebut, imbuh Tuntas, sudah melebihi batas minimal yang ditentukan, yaitu 182.000 KTP dan KTA.

Tuntas menjelaskan, PKR gagal lolos menjadi peserta Pemilu 2024 lantaran tak bisa mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena terlambat mendaftar. Dengan demikian, PKR kesulitan dalam mengisi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

“Kami tidak dapat bimtek dan praktik di lapangan sehingga (aplikasi) logout sendiri. Kami juga sudah memasukkan 30 lebih provinsi, tapi di KPU tidak terbaca,” katanya.

Tuntas berpendapat, pengisian Sipol merupakan sekadar alat bantu dan bukan menjadi penentu sebuah parpol bisa lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Oleh karena itu, pihaknya mengajukan gugatan ke DKPP.

“Kami berharap, gugatan PKR dikabulkan DKPP sehingga bisa lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Sebab, dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kecamatan, (dukungan untuk) kami sudah memenuhi (syarat),” ujarnya.

Tak hanya lolos sebagai peserta Pemilu 2024, Tuntas juga optimistis bahwa PKR bisa menang dan masuk sebagai lima besar parpol pemenang Pemilu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com