Advertorial

BNN RI dan CNB Singapura Jalin Kerja Sama untuk Menangani Penyalahgunaan Narkotika

Kompas.com - 09/12/2022, 18:55 WIB

KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Dr Petrus Reinhard Golose melakukan pertemuan bilateral dengan Minister of State for Home Affairs Singapura Muhammad Faishal Ibrahim dan Direktur Central Narcotics Bureau (CNB) Singapura Sam Tee pada Kamis (8/12/2022).

Pertemuan tersebut digelar untuk membahas situasi penyalahgunaan narkoba dan psikotropika (narkotika), khususnya di wilayah Indonesia dan Singapura.

Faishal mengatakan bahwa saat ini, Singapura tengah melakukan survei prevalensi penyalahgunaan narkotika seperti yang rutin dilakukan Indonesia.

“(Hal itu) bertujuan untuk melihat situasi dan kondisi penyalahgunaan serta peredaran narkotika,” ujar Faishal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Faishal mengapresiasi pemerintah Indonesia yang teguh dalam menyatakan zero tolerance terhadap narkotika di tengah liberalisasi dunia. Ia menyatakan dukungan penuh kepada Indonesia dalam memerangi narkotika.

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara juga sepakat untuk saling mendukung dalam pencalonan anggota Commission on Narcotic Drugs periode 2023-2027.

Kemudian, baik Indonesia maupun Singapura, berkomitmen untuk bersinergi dalam mengungkap jaringan narkotika internasional melalui pertukaran informasi.

Sebagai informasi, pertemuan tersebut turut dihadiri Direktur Intelijen Deputi Pemberantasan BNN RI Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Ruddi Setiawan, Kelompok Ahli Bidang Kerja Sama Internasional Ambassador Harry R J Kandou, perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura Agus Heryana, serta Atase Kepolisian RI Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Indra Siregar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com