Advertorial

Gandeng DAI, Tugu Insurance Gelar Rangkaian Webinar #Temansuransi

Kompas.com - 09/12/2022, 21:09 WIB

KOMPAS.com – Literasi keuangan merupakan salah satu kemampuan perlu dikuasai oleh masyarakat. Pasalnya, literasi keuangan dapat meningkatkan kualitas hidup sekaligus membantu pemerintah memperkuat perekonomian nasional.

Selain itu, pemahaman literasi keuangan juga dapat menghindari masyarakat dari aktivitas yang dapat merugikan secara finansial.

Merespons kebutuhan tersebut, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) bekerja sama dengan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) untuk mendukung peningkatan literasi keuangan di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa.

Kerja sama itu diwujudkan melalui rangkaian webinar #Temansuransi dengan tema “‘Yuk Persiapkan Karier dan Kelola Keuangan Lebih Matang”.

Rangkaian webinar tersebut memuat literasi keuangan yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait pengelolaan keuangan. Ada pula edukasi mengenai persiapan karier bagi mahasiswa, khususnya dalam dunia asuransi.

#Temansuransi diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan bagi generasi muda akan menjadi generasi penerus bangsa.

Presiden Direktur Tugu Insurance Tatang Nurhidayat turut mengapresiasi para peserta yang antusias mengikuti rangkaian webinar #Temansuransi.

“Setiap event (#Temansuransi) rata-rata diikuti oleh 200 peserta,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Tatang menambahkan, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 49,68 persen. Angka ini meningkat ketimbang capaian 2019 yang hanya sebesar 38,03 persen.

Sementara itu, indeks inklusi keuangan pada 2022 mencapai 85,10 persen, meningkat dari periode SNLIK 2019 yang hanya sebesar 76,19 persen.

“Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 persen pada 2019 menjadi 35,42 persen pada 2022,” imbuh Tatang.

Oleh karena itu, sambungnya, Tugu Insurance yang telah eksis selama 41 tahun di industri asuransi Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi secara aktif terhadap peningkatan literasi asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Webinar ini memang kami targetkan untuk para generasi muda yang memang masih memiliki pengetahuan terbatas terkait dengan finansial dan asuransi. Alhamdulilah, webinar yang kami adakan di 6 kampus besar di Indonesia ini mampu menarik antusiasme mahasiswa hingga total lebih dari 1.000 peserta,” jelasnya.

Sebagai informasi, webinar tersebut digelar di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Bina Nusantara (Binus), hingga Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selain rangkaian webinar, #Temansuransi juga menghadirkan financial planner tersertifikasi, Prita Ghozie, untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan kepada mahasiswa.

Adapun pengetahuan persiapan karier, khususnya di bidang asuransi, disampaikan langsung oleh tim Human Capital Tugu Insurance guna memberikan edukasi yang relevan terkait dunia kerja dan prospek karir ke depannya.

Pelaksanaan #Temansuransi telah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan generasi muda pada umumnya.

Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com