Advertorial

Dukung Pemulihan Pascagempa Bumi Cianjur Garut, Yayasan Andrew Tony Sumbang Rp 1 Miliar kepada PMI

Kompas.com - 10/12/2022, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Andrew and Tony memberikan hibah senilai Rp 1 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) pada Kamis (8/12/2022). Penyerahan hibah tersebut diserahkan secara simbolis kepada Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla.

Adapun hibah diberikan yayasan tersebut sebagai bentuk dukungan guna pembangunan kembali di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar) yang dilanda bencana alam gempa bumi beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Yayasan Andrew and Tony merupakan bagian dari Kawasan Industri Virtue Dragon, salah satu proyek investasi China di Indonesia.

Jusuf Kalla mengapresiasi inisiatif Yayasan Andrew and Tony atas sumbangan dana yang diberikan.

Kalla mengatakan, Andrew dan Tony yang bernama asli Zhu Mingdong dan Zhou Yuan dari China, merupakan kenalan lama dirinya.

Kedua pengusaha muda berprestasi tersebut dinilai Kalla memiliki karakter tanggung jawab kuat dan berbudi luhur, serta telah banyak berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.

“Rekam jejaknya antara lain merekrut lebih dari 40.000 orang pekerja Indonesia di Kawasan Industri Virtue Dragon, membangun jalan dan jembatan di lingkungan tersebut tanpa imbal balik, serta mendirikan perguruan tinggi guna mendidik tenaga kerja teknik Indonesia yang unggul,” ujar Kalla dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (10/12/2022).

Tingkatkan taraf hidup masyarakat lokal

Pada kesempatan sama, Asisten Ketua Kawasan Industri Virtue Dragon Xu Jie menjelaskan, Yayasan Andrew and Tony berdiri sejak 2017 dengan visi meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal. Terutama, masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan industri.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, yang juga mantan wakil presiden Republik Indonesia, berpidato pada upacara serah terima sumbangan dana dari Yayasan Andrew and Tony ke PMI di Jakarta, untuk upaya penyelamatan dan pembangunan kembali di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, yang belum lama ini diguncang gempa bumi.Dok. Xinhua/Xu Qin Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, yang juga mantan wakil presiden Republik Indonesia, berpidato pada upacara serah terima sumbangan dana dari Yayasan Andrew and Tony ke PMI di Jakarta, untuk upaya penyelamatan dan pembangunan kembali di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, yang belum lama ini diguncang gempa bumi.

Sejak yayasan tersebut didirikan, lanjut Xu, sejumlah besar bantuan telah didonorkan. Salah satunya, dalam rangka penyelamatan dan pembangunan kembali saat banjir menerjang Kendari di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Selain itu, gempa bumi Palu di Sulawesi Tengah (Sulteng), serta saat pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia. Adapun total bantuan yang telah disalurkan lebih dari 11 juta yuan. Sebagai informasi, 1 yuan senilai Rp 2.240,” terang Xu.

Seperti diketahui, Cianjur dan Garut baru-baru ini diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,6 skala richter (SR) dan 6,1 SR. Bencana tersebut menewaskan lebih dari 300 jiwa serta memaksa puluhan ribu orang mengungsi.

Xu menambahkan, sumbangan dana kali ini ditujukan sebagai upaya penyelamatan dan pembangunan kembali pascagempa bumi.

“Kawasan Industri Virtue Dragon senantiasa bergandengan tangan dengan masyarakat Indonesia dan bersama-sama melewati kesulitan. Yayasan Andrew and Tony pun akan selalu mendukung perkembangan Indonesia, serta berkontribusi dalam merawat persahabatan antara China dan Indonesia dengan aksi nyata,” imbuh Xu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com