Advertorial

Ibu Hamil Alami Gangguan Pencernaan dan Sembelit? Begini Cara Aman untuk Mengatasinya

Kompas.com - 11/12/2022, 09:07 WIB

 

KOMPAS.com – Masa kehamilan adalah momentum yang sangat penting bagi para calon ibu. Tapi, selama masa penantian si buah hati, sering kali terjadi masalah pada kesehatan fisik ibu hamil.

Beberapa masalah yang sering dialami ibu hamil, antara lain mual, muntah, kaki bengkak, insomnia, susah buang air besar (BAB), dan sembelit (konstipasi).

Sembelit pada ibu hamil terjadi karena kondisi rahim yang membesar, faktor gaya hidup, atau peningkatan hormon progesteron. Hal itu membuat otot-otot dinding perut menjadi longgar dan memperlambat proses pencernaan makanan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit ketika hamil, di antaranya adalah minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah, serta rutin melakukan olahraga.

Selain itu, cara mengobati sembelit yang manjur adalah mengonsumsi obat sembelit atau obat pencahar. Namun, sebenarnya mengonsumsi obat pencahar tidak aman bagi ibu hamil tidak aman karena menimbulkan perut mulas atau melilit.

Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi obat pencahar berisiko mengalami dehidrasi, diare, mulas berulang, dan berkurangnya keseimbangan kadar mineral dalam tumbuh. Hal tersebut tentu saja akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Begitu juga kondisi kesehatan bayi.

Oleh sebab itu, pengobatan sembelit bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan anjuran dokter.

Jadi, bagaimana pengobatan sembelit pada ibu hamil yang aman?

cara aman untuk mencegah sembelit pada ibu hamil adalah menjalani pola hidup sehat. Maka dari itu perlu untuk rutin meminum air putih yang cukup, memilih asupan nutrisi yang sehat, khususnya dari bahan alami, seperti buah dan sayur. Tak hanya mencegah sembelit, konsumsi air putih serta serat yang cukup dari buah dan sayur juga bermanfaat bagi kesehatan bayi yang sedang dikandung.

Adapun cara untuk mengonsumsi buah bisa dimakan langsung atau dibuat minuman jus atau smoothie. Sedangkan sayuran bisa dibuat olahan dengan masakan sehat.

Akan tetapi, tenaga ibu hamil juga terbatas, sehingga perlu nutrisi buah yang bisa dikonsumsi dengan lebih praktis dan bergizi tinggi. Kabar baiknya, kini ibu hamil bisa mendapat nutrisi praktis dari kapsul Fruit 18 for Adult.

Kelebihan Fruit 18 for Adult untuk ibu hamil

Setiap kapsul Fruit 18 for Adult mengandung 450 miligram (mg) ekstrak buah persik, cranberi, mangga, pear, peach, papaya, apricot, strawberry, rasberi, pisang, jeruk, apel, anggur, cherry, dan limau. Selain itu, terdapat pula serat buah alami, yaitu serat apel, jeruk, dan kurma.

Fruit 18 for Adult juga mengandung campuran ekstrak kacang cola, teh hijau, umbi kunyit, dan daun peppermint. Tak hanya itu, di dalam setiap kapsul juga terdapat kandungan vitamin C, mineral, kalsium, dan probiotik.

Sebagai informasi, kandungan 18 macam buah dalam satu kapsul Fruit 18 for Adult terbukti efektif dan aman untuk membantu melancarkan BAB serta mengatasi sembelit untuk ibu hamil.

Selain itu, setiap nutrisi yang ada tersebut juga baik untuk ibu menyusui, sebab kandungan yang ada di dalamnya aman untuk kesehatan bayi.

Selain mengatasi masalah sembelit, Fruit 18 for Adult juga dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil akan nutrisi buah-buahan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itulah rekomendasi cara mengatasi sembelit yang aman untuk ibu hamil sembari mengimbangi dengan gaya hidup sehat agar kesehatan ibu dan bayi akan lebih terjaga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com