Advertorial

5 Buku Favorit untuk Belajar IELTS, Bisa Bantu Raih Skor 7, Bahkan Lebih

Kompas.com - 11/12/2022, 13:55 WIB

KOMPAS.com - Jika berencana melanjutkan studi atau karier di luar negeri, kamu perlu memiliki sertifikat kecakapan berbahasa Inggris. Terdapat berbagai macam jenis tes bahasa Inggris. Salah satu yang populer adalah IELTS.

Untuk memperoleh sertifikat IELTS dengan skor yang ideal, kamu membutuhkan proses dan usaha agar bisa memperdalam serta membiasakan diri menghadapi berbagai macam soal IELTS.

Kamu pun membutuhkan alat pendukung pembelajaran, seperti buku, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian IELTS. Selain sebagai sumber pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan, buku-buku IELTS juga efektif untuk dijadikan sebagai road map atau penunjuk arah agar kamu mengetahui materi-materi yang perlu dipelajari dari awal belajar hingga akhir.

Sebelum mulai mempelajari IELTS, kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis IELTS yang akan diikuti. Semisal, IELTS general training atau academic. Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah dalam memilih sumber pelajaran kamu.

Ada banyak pilihan buku IELTS. Pada umumnya, setiap buku menawarkan kelebihan masing-masing. Ada buku yang cocok untuk pemula. Buku ini biasanya dilengkapi dengan target band score. Ada pula buku yang hanya memfokuskan pada pembahasan salah satu skill. Buku seperti ini cocok bagi kamu yang sudah mengetahui kelemahan dari keterampilan bahasa Inggrismu.

Ada juga buku yang membahas tuntas semua skill yang ada. Buku seperti ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan seluruh skill bahasa Inggris, terutama dalam persiapan menghadapi tes IELTS.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih buku yang tepat, berikut adalah rekomendasi 5 buku favorit yang biasa digunakan untuk belajar IELTS.

  1. Cambridge - English grammar in use

Buku Cambridge - English grammar in usecocok untuk kamu yang merasa memiliki kelemahan di sisi grammar. Buku ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki grammar yang selama ini kurang baik.

Karena dengan grammar yang baik,skill speaking dan writing kamu pun juga bisa semakin bagus.

Buku Cambridge English Grammar in Use. 

DOK. Golden English Buku Cambridge English Grammar in Use.

  1. Barron’s - Essential words for the IELTS

Salah satu tes IELTS adalah writing. Biasanya, perbendaharaan kata menjadi kendala saat menghadapi tes writing. Oleh karena itu, buku Barron’s - Essential words for the IELTSmenjadi penting untuk dimiliki. Sebab, buku ini bisa memperkaya vocab yang bisa dipakai ketika ujian writing di IELTS.

Buku Barron?s Essential Words for the IELTS. 

DOK. Golden English Buku Barron?s Essential Words for the IELTS.

  1. Check Your English Vocab for IELTS – Rawdon Wyatt

Check Your English Vocab for IELTS – Rawdon Wyattadalah salah satu buku panduan yang sering disarankan oleh guru pembimbing IELTS Sebab, daftar kata yang ada di buku ini sering sekali keluar di ujian IELTS. Karena hal ini, buku ini menjadi salah satu favorit untuk belajar dan memperkaya vocabulary.

Jadi, kalau grammar dan vocab sudah oke, kamu bisa lanjut memulai latihan soal.Pasalnya, kesempatan untuk memperoleh nilai impian pada IELTS adalah dengan melatih diri mengerjakan soal-soal IELTS. Semakin terbiasa menghadapi soal-soal IELTS, maka semakin kamu akan percaya diri saat hari tes IELTS tiba.

Buku Rawdon Wyatt Check Your English Vocabulary for IELTS. 

DOK. Golden English Buku Rawdon Wyatt Check Your English Vocabulary for IELTS.

  1. Barron’s - IELTS Practice Exam

Barron’s – IELTS Practice Exammerupakan buku tebal yang berisi sejumlah set soal.Buku ini bisa membuatmu merasa seperti sedang mengerjakan ujian IELTS.

Buku itu juga bisa menjadi salah satu panduan kamu untuk latihan soal agar memperoleh nilai IELTS yang tinggi. Ingat, practice makes perfect! Selain berlatih dengan buku ini, jangan sungkan untuk bergabung ke forum IELTS atau mengikuti kelas IELTS agar kamu memiliki teman untuk diskusi soal-soal IELTS.

Buku Barron?s IELTS Practice Exams. 

DOK. Golden English Buku Barron?s IELTS Practice Exams.

5.Cambridge - English IELTS (academic) Series

Cambridge - English IELTS (academic) Seriesmemiliki beberapa seri.Semakin tinggi serinya, maka semakin mirip seperti soal IELTS yang sebenarnya. Oleh karena itu, kamu bisa belajar dari edisi terbaru hingga terawal dari buku tersebut.

Buku Cambridge ? IELTS (Academic) Series. 

DOK. Golden English Buku Cambridge ? IELTS (Academic) Series.

Sebenarnya, kamu tidak perlu membeli semuanya. Karena memang buku-buku IELTS diatas dijual dengan harga yang tidak murah. Sebagai alternatif, Kamu bisa meminjam dari perpustakaan di kantor atau kampus.Jika tinggal di Jakarta,kamu bisa mengunjungi perpustakaan nasional.Di sana, kamu bisa membaca beragam jenis buku IELTS dan mengerjakan soalnya. Kamu bisa pula meminjam buku sehingga bisa menghemat biaya.

Kamu juga bisa membeli ebook.Biasanya harga ebook lebih murah ketimbang buku fisik.Meski demikian, buku ini punya kelemahan, yakni kamu tidak bisa membuat catatan seperti pada buku fisik.Akan tetapi, setidaknya kamu tahu dan bisa mendapatkan inti sari dari soal-soal ujian didalamnya. Pastikan bahwa ebook IELTS yang kamu beli adalah legal, ya.

Itulah lima buku favorit untuk belajar IELTS yang bisa kamu gunakan sebelum menghadapi ujian IELTS. Sebaiknya kamu selektif memilih buku agar hasil akhir yang didapat memuaskan. Selain itu, hati-hati dalam membeli buku IELTS.Jangan tergiur dengan harga murah karena banyak sekali buku-buku IELTS bajakan.

Selain membaca buku, kamu juga harus terus melatih diri dengan mengerjakan latihan-latihan soal agar mendapatkan skor IELTS bagus. Setelah kamu merasa cukup percaya diri dengan bekal kemampuan IELTS-mu, tidak ada salahnya kamu mencoba IELTS prediction testatau tes simulasi IELTS untuk mengukur kemampuanmu.

Biasanya, skor yang kamu dapatkan dari IELTS prediction testtidak jauh berbeda dengan IELTS official test yang akan kamu ikuti. IELTS prediction test dianggap cukup penting oleh banyak test taker mengingat biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mengikuti tes IELTS tidaklah murah.Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar mengukur kemampuan agar saat tes resmi kamu bisa mendapat band score yang sesuai harapan.

Bagi yang ingin mengikuti program kursus IELTS online, kamu bisa mengikuti kelas IELTS Pro dari Golden English. Program kursus Golden English ini telah diikuti lebih dari 50.000 peserta kursus.

Dengan mengikuti program kursus di Golden English, kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas kursus unggulan, seperti gratis kelas dengan pengajar native speaker, gratis kelas speaking+grammar, monitoring progress melalui Golden English Apps (GEA) dan berbagai benefit lain.

Untuk mendapat info lebih lengkap mengenai program kursus IELTS dari Golden English, kamu bisa hubungi CS Golden English di nomor 0816-251-154 atau kunjungi website Golden English di www.golden-course.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com