Advertorial

Bikin Urusan Rumah Tangga Jadi Mudah dan Efisien dengan Aplikasi Pintar LG ThinQ

Kompas.com - 13/12/2022, 11:28 WIB


KOMPAS.com - Inilah era internet of things (IoT). Di zaman ini, segala peranti dapat terhubung dan dioperasikan hanya lewat beberapa kali klik bermodalkan ponsel pintar dan internet.

Terbaru, peranti rumah tangga atau home appliance pun bisa diatur lewat genggaman berkat aplikasi ThinQ yang dihadirkan LG Electronics. 

Memanfaatkan teknologi, urusan rumah tangga jadi lebih mudah dan praktis. 

Sebagai informasi, ThinQ menjadi langkah LG dalam mengadaptasikan kehidupan ke dalam era internet of things (IoT). Apalagi, tren penerapan smart home saat ini semakin diminati. 

LG menghadirkan ThinQ agar Anda dapat selalu memegang kendali terhadap perangkat elektronik di dalam rumah. Sebab, pengoperasiannya dapat diakses kapan dan dari mana saja.

Dengan LG ThinQ, Anda dapat mengontrol perangkat rumah tangga elektronik, seperti air conditioner (AC), mesin cuci, kulkas, atau televisi (TV), dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone.

Kemudahan mengatur peranti rumah tangga

Ada beberapa fitur yang dapat dikendalikan lewat LG ThinQ, yakni Express Freeze untuk mendinginkan kulkas secara instan, Content Mirroring yang dapat dipakai untuk menampilkan konten TV ke smartphone, mengontrol TV dengan perintah suara, dan Monitoring untuk memantau mesin cuci dari jarak jauh.

Jadi, Anda yang sedang berada di luar rumah pun bisa mengoperasikan perabot rumah tangga. Misalnya, Anda bisa menyalakan dan mengatur suhu AC di rumah melalui LG ThinQ sesaat sebelum sampai di rumah. Dengan begitu, Anda dapat merasakan suhu sejuk AC ketika tiba di rumah.

Begitu juga ketika Anda akan bepergian. LG ThinQ dapat menyesuaikan pengaturan perangkat rumah, mulai dari mode yang ingin digunakan hingga waktu pengoperasian. Dengan IoT Remote Control pada aplikasi ThinQ, Anda dapat mengatur semuanya lewat smartphone tanpa harus mematikan atau menyalakan secara manual. 

LG ThinQ juga mempelajari rutinitas sehari-hari Anda terhadap pemakaian peranti rumah tangga yang telah terhubung. Pada perangkat mesin cuci, misalnya, ThinQ dapat menentukan mode yang aman untuk pakaian yang akan dicuci dengan Cycle Download. 

Selain itu, LG ThinQ juga menghadirkan fitur Routine Fresh Air Mode yang dapat Anda kendalikan kapan saja, khususnya untuk AC dan air purifier. Ada juga fitur Magic Tap yang memungkinkan Anda menghubungkan tampilan di layar smartphone ke TV hanya dengan menempelkannya dengan remot. 

Magic Tap yang memungkinkan Anda menghubungkan tampilan di layar smartphone ke TV hanya dengan menempelkannya dengan remot. 

Dok. LG Magic Tap yang memungkinkan Anda menghubungkan tampilan di layar smartphone ke TV hanya dengan menempelkannya dengan remot.

Peranti rumah tangga yang dapat diatur dan dipantau penuh lewat ThinQ dapat dimanfaatkan bagi Anda yang ingin menghemat penggunaan energi. Sebab, LG ThinQ dapat membantu Anda menganalisis pola penggunaan perangkat rumah untuk mengatur penggunaan listriknya.

 Sebagai contoh, LG ThinQ dapat mengatur konsumsi listrik pada kulkas dengan mengaktifkan Power Mode atau Save Mode. Bahkan, LG ThinQ juga menyediakan Vacation Mode untuk menghemat energi pada kulkas ketika Anda bepergian dalam waktu lama. 

Begitu juga dengan perangkat AI Dual Inverter dari LG. Dengan High Speed Cooling Mode dan Power Conservation Mode pada ThinQ, Anda dapat menghemat penggunaan listrik untuk perangkat ini hingga 30 persen. 

Selain pengoperasian, Anda juga dapat memantau kondisi perangkat rumah tangga melalui fitur Smart Diagnosis. Fitur ini akan memberikan informasi tentang siklus perangkat, penggunaan energi, dan kondisi mesin, serta dapat mencari sumber kerusakan pada perangkat rumah tangga.

Jika analisis LG ThinQ menemukan potensi kerusakan pada perangkat rumah, Anda akan menerima notifikasi pada aplikasi. Notifikasi kerusakan juga terhubung pada service center LG jika diperlukan perbaikan. 

Selain analisis kerusakan, LG ThinQ dapat menginformasikan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah perangkat. Hal ini membuat perangkat rumah terpantau kondisinya dan tidak cepat rusak. 

Sambungkan dengan aplikasi home service

Perlu diketahui, LG ThinQ dapat disambungkan dengan aplikasi home service dan 150 aplikasi pendukung lainnya. 

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi LG ThinQ melalui Google Play atau App Store, lalu sambungkan kode quick-response (QR) yang ada pada perangkat rumah LG.

Selanjutnya, daftarkan perangkat rumah pada menu "Tambah Perangkat" dan "Pindai QR" dari opsi. Perangkat akan terdaftar begitu pemindaian QR telah selesai. 

Selain dengan smartphone, Anda juga bisa menyinkronkan LG ThinQ dengan home service application, seperti Google Assistant dan Alexa dengan menggunakan speaker artificial intelligence (AI) opsional. Ketika ingin menyalakan robot pembersih dan pemurni udara, misalnya, Anda cukup melakukan perintah suara dan perangkat akan langsung bekerja. 

 Cara mengoneksikan dengan speaker AI dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan langsung melalui aplikasi Google Home atau Amazon Alexa. Selanjutnya, cari LG ThinQ dan masukan akun ke aplikasi tersebut.

Jika perangkat rumah LG belum memiliki kode QR, LG ThinQ tetap bisa disambungkan dengan mendaftarkan nomor seri yang tertera pada unit.

Ingin merasakan kemudahan LG ThinQ dan mendapat pengalaman pintar dalam urusan rumah tangga? Temukan informasi tentang LG ThinQ selengkapnya melalui laman resmi LG ThinQ.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com