Advertorial

Mau Ikut Kursus TOEFL IBT Online Gratis? Simak Cara Berikut

Kompas.com - 13/12/2022, 15:38 WIB

KOMPAS.com – Salah satu hal yang wajib dikuasai saat melanjutkan studi di luar negeri adalah kemampuan berbahasa Inggris. Sejumlah perguruan tinggi bahkan mensyaratkan sertifikasi bahasa Inggris dengan skor tertentu kepada calon mahasiswanya.

Tes kecakapan bahasa Inggris yang saat ini banyak digunakan adalah Test of English as a Foreign Language Internet-Based Test (TOEFL IBT). Sertifikat tes ini dapat digunakan di lebih dari 160 negara dan diterima oleh lebih dari 11.500 universitas di dunia. Bahkan, 9 dari 10 kampus di Amerika Serikat (AS) lebih memilih sertifikasi TOEFL IBT ketimbang sertifikasi lain.

Namun, mendapatkan skor impian pada tes tersebut bukan hal mudah. Mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus TOEFL IBT pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, jika kursus dimulai dari level paling rendah yang memerlukan waktu belajar lebih lama.

Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes TOEFL IBT di lembaga resmi, kamu bisa membekali diri dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL IBT gratis secara online terlebih dahulu. Berikut adalah rekomendasinya.

  1. Laman ets.org

Sebagai penyelenggara resmi tes TOEFL IBT, semua materi TOEFL IBT yang tersedia pada laman ETS merupakan materi terbaru (update).

Selain kursus persiapan (preparation course), ETS juga menyediakan free practice test yang berisi berbagai latihan soal yang mirip dengan tes TOEFL IBT asli.

Untuk mengikuti kursus TOEFL IBT melalui ETS, kamu dapat klik tautan berikut.

  1. Laman testglider.com

Tes persiapan TOEFL IBT melalui laman testglinder.com dapat diakses secara gratis dalam durasi 24 jam setelah pengguna baru mendaftar. Jika dibandingkan tes asli, tes persiapan TOEFL IBT pada laman tersebut cenderung lebih mudah.

Skor pada tes tersebut bisa didapatkan selama kurang dari dua menit. Hasil dari tes ini dapat menjadi gambaran skor sebelum mengikuti tes resmi. Selain skor, pengguna juga akan mendapatkan masukan (feedback) dari instruktur berpengalaman.

Adapun tesglider.com sudah diikuti oleh dua juta pengguna dengan rata-rata peningkatan skor hingga 12,4 poin.

Tak hanya TOEFL, testglider.com juga menyediakan soal-soal latihan International English Language Testing System (IELTS).

  1. Kanal Youtube TST Prep TOEFL

TST Prep TOEFL merupakan salah satu kanal Youtube yang menyajikan materi TOEFL secara lengkap, terstruktur, dan terkini.

TST Prep TOEFL juga memiliki tampilan video berkualitas high definition (HD), audio jernih, dan pemaparan jelas.

Untuk mendukung pembelajaran, TST Prep TOEFL juga menyediakan e-book yang dapat diunduh secara gratis di laman resmi mereka.

  1. Laman yousukao.com 

Meski banyak menggunakan aksara China, pengguna tetap bisa mengganti pengaturan bahasa di laman yang berasal dari China itu ke dalam bahasa Inggris.

Salah satu keunggulan laman yousukao.com adalah terdapat tes yang memiliki tingkat kesulitan serupa tes TOEFL IBT asli. Namun, pengguna tidak bisa mengetahui secara pasti waktu hasil tes bisa didapat.

  1. Laman weixue100.com

Seperti halnya yousukao.com, laman toefl.weixue100.com juga berasal dari China. Namun, seluruh tampilan laman menggunakan bahasa Mandarin.

Untuk menyiasati hal tersebut, pengguna dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dengan mengeklik kanan tetikus (mouse) di laman web, lalu pilih “Translate to English”.

Adapun sejumlah tes toefl.weixue100.com, misalnya pada bagian membaca (reading) dan menyimak (listening), memiliki tingkat kesulitan seperti tes asli.

Selain TOEFL, toefl.weixue100.com juga menyediakan berbagai soal tes lain, yakni Graduate Record Examination (GRE) dan IELTS.

  1. Laman testadmit.com

Seperti halnya laman testglider.com, pengguna perlu melakukan registrasi untuk bisa mengikuti tes TOEFL IBT secara gratis.

Dengan lebih dari dari 20.000 pertanyaan yang tersedia, testadmit.com mengklaim lamannya sebagai bank pertanyaan TOEFL IBT terbesar. Adapun dari jumlah tersebut, hanya sekitar 5.148 pertanyaan dapat diakses secara gratis.

Untuk diketahui, laman testadmit.com menawarkan berbagai fitur menarik, seperti comfort user interface (UI), categorized topic, analyzing weakness, dan passage-specific vocabulary memorization.

  1. Aplikasi Practice for TOEFL Test Pro

Selain via website, persiapan TOEFL IBT juga bisa dilakukan secara gratis melalui aplikasi mobile, misalnya Practice for TOEFL Test Pro. Aplikasi ini menawarkan tes untuk semua kemampuan berbahasa Inggris. Aplikasi ini juga mampu memeriksa perkembangan tes pengguna secara detail.

  1. Laman edagree.com

Sebagai anak perusahaan ETS, laman edagree.com berfokus untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan kampus terbaik di luar negeri.

Laman tersebut menyediakan sejumlah fitur gratis, misalnya English Practice Suite yang bisa ditemukan pada menu “About” pada bagian bawah.

Salah satu keunggulan laman tersebut adalah kehadiran fitur English Speaking Practice Tool. Melalui fitur ini, pengguna dapat melatih kemampuan berbicara (speaking). Untuk membantu pembelajaran secara efektif, edagree.com juga menyediakan fitur videointerview practice

Kemudian, pengguna juga bisa menghitung jumlah kata yang diucapkan selama rentang waktu tertentu, seperti halnya tes TOEFL IBT asli.

Selain itu, edagree.com juga dapat mendeteksi tingkat kesulitan kosakata, variasi kata, jumlah pengulangan (repetition), dan kesesuaian jawaban dengan topik pertanyaan.

  1. Kanal Youtube TED dan BBC News

Meski tidak berkaitan secara langsung dengan TOEFL IBT, kedua situs tersebut dapat menjadi metode pembelajaran ideal untuk melatih kemampuan bahasa Inggris, khususnya listening. Penonton bisa menggunakan metode pause-play untuk menemukan kosakata baru yang tidak dipahami.

Selain melalui berbagai media digital tersebut, pembelajaran TOEFL IBT juga bisa dilakukan melalui buku. Salah satu buku latihan TOEFL IBT yang populer adalah BARRONS’S The Trusted Name in Test Prep.

Sejumlah lembaga kursus dan universitas di seluruh dunia menjadikan buku tersebut sebagai acuan atau standar bahan ajar. Buku ini pun bisa ditemukan secara mudah di perpustakaan.

Itulah berbagai cara yang bisa dipilih calon mahasiswa untuk belajar dan mempersiapkan TOEFL IBT secara gratis. Adapun cara tersebut bisa dipilih sesuai karakter dan cara belajar masing-masing.

Jika lebih nyaman belajar dengan pendampingan tutor, kamu bisa mengikuti kursus berbayar. Lewat kursus ini, kamu bisa mendapatkan materi belajar yang sesuai kebutuhan. Program ini pun umumnya menyediakan fasilitas garansi hingga mencapai skor yang ditargetkan.

Lebih dari itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan sesama pembelajar. Dengan demikian, soal-soal TOEFL IBT dapat dipecahkan lebih mudah.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa belajar di lembaga kursus TOEFL IBT profesional dan tepercaya, yakni Golden English.

Tidak hanya menyediakan kursus TOEFL IBT secara online, Golden English juga menghadirkan pembelajaran tatap muka.

Hingga kini, Golden English telah diikuti lebih dari 50.000 peserta kursus. Dengan mengikuti kursus TOEFL IBT di Golden English, kamu akan mendapatkan berbagai benefit eksklusif, seperti gratis mengikuti kelas dengan native speaker, gratis kelas speaking and grammar, monitoring progress dengan Golden English Apps (GEA), serta gratis simulasi tes.

Selain TOEFL IBT, Golden English juga menyediakan kursus dan tes TOEFL Institutional Testing Program (ITP) online. Tes TOEFL ITP online yang diselenggarakan Golden English ini telah diikuti ribuan peserta.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program kursus TOEFL IBT dari Golden English, kamu bisa menghubungi customer service (CS) di nomor WhatsApp 0816 251 154 atau mengunjungi laman Golden English di www.golden-course.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com