Advertorial

Curi Perhatian, HMC 2022 Hadirkan Tren Modifikasi Motor Masa Kini

Kompas.com - 13/12/2022, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Honda Modif Contest (HMC) 2022 sebagai acara tahunan yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi acuan dan kiblat modifikasi para modifikator. Beragamnya peserta dari berbagai daerah dengan karya kreatif dan inovatif memantapkan HMC sebagai ajang yang kerap memunculkan tren modifikasi sepeda motor.

Salah satu juri HMC 2022, Hidayat Priyo Wibowo mengatakan, penyelenggaraan HMC 2022 menyerap banyak peserta yang menampilkan karya modifikasi motor matik. Menariknya, karya modifikasi di HMC tak hanya menonjolkan tampilan, tetapi juga mengedepankan unsur fungsionalitas dan keamanan.

“Hampir setiap daerah menampilkan modifikasi matik yang layak dengan ciri khas dan gayanya masing-masing. Bisa dibilang, salah satu tren modifikasi 2022 adalah matik yang proper,” ujar Hidayat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Hidayat menambahkan, para peserta HMC 2022 juga semakin berani menggunakan palet warna yang lebih beragam pada karya modifikasinya, mulai dari penggunaan warna lembayung sampai pastel. Ini membuat motor tampil kian estetis dan eye catching.

HMC 2022 hadir dengan konsep hibrida. Pada periode pendaftaran, peserta harus melakukan registrasi secara daring. Meski demikian, para peserta memahami mekanisme dari setiap kelas kejuaraan dan jalur yang diikuti. Hal itu terbukti dari karya modifikasi yang dinilai oleh para juri. Menurut Hidayat, peserta di kelas Matic and Cub Stock serta Matic Advance dianggap sangat baik dan layak.

Hasil modifikasi peserta HMC 2022.DOK. AHM Hasil modifikasi peserta HMC 2022.

Sementara itu, karya peserta di kelas Free For All juga tidak kalah bagusnya. Bahkan, motor modifikasi tak hanya terlihat bagus secara visual, tapi juga sudah terarah secara teknis dan mekanis. Para modifikator berani membuat part sendiri yang bisa berfungsi dengan baik dan benar.

“Untuk kelas lain, animo modifikator juga (terlihat) semakin meningkat, walaupun durasi pendaftaran mepet. Secara umum, jumlah modifikator yang ikut HMC 2022 tetap banyak dan karya mereka tidak kalah kreatif jika dibandingkan tahun lalu. Semoga tahun depan lebih baik lagi,” ujar Hidayat.

Tanggapan serupa juga diutarakan juri HMC 2022 dari bengkel Queen Lekha Chopper, Yayak Lheka. Dirinya mengaku terkesan dengan karya para peserta. Menurutnya, Indonesia memiliki modifikator kreatif yang mampu menghasilkan desain modifikasi motor inovatif pada gelaran HMC setiap tahunnya.

Tak hanya itu, Yayak juga memandang bahwa modifikator Indonesia memiliki berbagai kelebihan, seperti mau belajar, selalu mencari gaya modifikasi yang akan menjadi tren, serta pandai mengeksplorasi kekayaan budaya masing-masing.

“Saya berharap, HMC mampu melahirkan para modifikator muda dari Indonesia yang bisa membawa karya kreatif dan inovatif mereka ke kancah internasional (untuk mengharumkan Tanah Air),” tutur Yayak.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com