Advertorial

Sukses Digelar di Pulau Dewata, Semarak Pesta Rakyat Simpedes Dihadiri 25.000 Warga Denpasar

Kompas.com - 14/12/2022, 13:57 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Mertasari, Kota Denpasar, Bali, mulai Jumat (9/12/2022) hingga Minggu (11/12/2022). Acara tersebut dihadiri lebih dari 25.000 pengunjung, serta melibatkan 128 UMKM dari Kota Denpasar dan sekitarnya.

Dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”, PRS 2022 yang digelar BRI mengajak seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk percaya diri (pede) dalam berinovasi dan berbisnis.

Konsistensi dukungan BRI terhadap UMKM diwujudkan melalui enam pilar, yaitu Pasar, Peduli, Pojok X’sis, Pawai, Panen, dan Panggung. Tak hanya itu, PRS 2022 juga memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi digital dan literasi keuangan kepada masyarakat.

Regional Chief Executive Officer (CEO) BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Denpasar Rudy Andimono mengatakan, PRS ke-11 di Denpasar yang digelar pihaknya bertujuan untuk mendorong kebangkitan UMKM dan juga literasi digital dalam menggunakan uang digital pada setiap transaksi, khususnya melalui aplikasi BRImo.

“Kami juga mendukung pelaku UMKM melalui pinjaman modal dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR), pelatihan-pelatihan di Rumah BUMN, dan pelatihan kelas UMKM pada event PRS ini. Kami berharap, hal ini memberi dorongan lebih bagi UMKM sehingga bisa naik kelas,” ujar Rudy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Pada kesempatan sama, Gubernur Bali yang diwakili Asisten III Administrasi Umum, I Gede Putu Sunartha, mengatakan, penyelenggaraan PRS di Denpasar membawa spirit bagi pelaku UMKM untuk terus maju.

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi inisiatif BRI yang telah memberikan wadah kepada masyarakat Denpasar, khususnya UMKM, untuk mengembangkan bisnis.

“Kami berharap, PRS 2022 di Denpasar mampu mendorong perekonomian di Provinsi Bali pada sektor UMKM,” kata I Gede Putu Sunartha.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Triboto, mengaku senang atas kehadiran BRI melalui gelaran PRS 2022.

“Melalui PRS, BRI telah membantu masyarakat untuk mengenal (pengetahuan seputar) keuangan digital. Dengan begitu, masyarakat Bali semakin melek terhadap keuangan digital,” kata Giri.

Untuk hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS) untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS. Dok. BRI Untuk hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS) untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS.

Digitalisasi keuangan melalui QRIS BRImo

Untuk diketahui, pengembangan inovasi dalam bertransaksi di era digital menjadi dasar terciptanya program literasi digital pada gelaran PRS di Kota Denpasar.

Untuk hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS) untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS. Sistem transaksi ini juga diterapkan di seluruh booth UMKM yang ada di PRS Kota Denpasar.

Salah satu pengunjung PRS Kota Denpasar, Rafli, berbagi pengalamannya menjajal transaksi secara digital. Menurutnya, metode pembayaran secara digital memudahkan masyarakat untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik.

“Penggunaan QRIS pada aplikasi BRImo memberikan manfaat dan kemudahan bagi saya dalam melakukan transaksi keuangan secara digital. Apalagi dengan adanya QRIS ini, saya tidak perlu membawa uang tunai. Cukup melalui scan saya bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat,” ujar Rafli.

Aksi seniman lokal dan nasional

Pada PRS 2022 di Kota Denpasar, BRI turut menyuguhkan berbagai pertunjukan, mulai dari komunitas seni, seniman lokal, hingga nasional.

Artis lokal dan nasional yang turut menyemarakkan PRS 2022 di Pulau Dewata, di antaranya Mahalini, Slank and Letto, Kotak, Lolot and Sound of Mirror, Joni Agung, dan Navicula. Adapun Navicula dan Kotak tampil pada hari terakhir.

Kemudian, penampilan stand-up comedy Indra Jegel dan Fajar Nugra juga turut menyemarakkan acara tersebut. Selain itu, ada pula aktivitas Zumba oleh Denada yang mengajak pengunjung untuk berolahraga bersama.

Gelaran PRS 2022 di Kota Denpasar juga diisi sejumlah kegiatan, seperti Panggung Masak, Panggung Tawa, Zumba, Panggung Ilmu, Pojok X’sis, Panen Hadiah, dan Program Peduli. Adapun Chef Muto dan Chef Aiko turut mengisi rangkaian acara Panggung Masak sehingga memantik antusiasme ibu-ibu yang hadir di PRS Denpasar.

Selain itu, antusiasme pengunjung juga terlihat pada pengumuman grand prize berupa 1 unit motor Fazio.

Sebagai informasi, PRS 2022 berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia, dengan gelaran utama di 12 kota.

Kegiatan PRS 2022 dapat dihadiri pengunjung secara langsung. Selain itu, dapat pula disaksikan di Kompas TV dan kanal YouTube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya kebangkitan sektor UMKM di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan PRS 2022 dapat diakses melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com