Advertorial

Wali Kota Cilegon Apresiasi SPIJ atas Pemberian Beasiswa Roberto Rocca Senilai Rp 800 Juta untuk Siswa di Cilegon

Kompas.com - 16/12/2022, 11:20 WIB


KOMPAS.com – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi PT Seamless Pipe Indonesia Jaya (SPIJ) karena telah memberikan beasiswa Roberto Rocca senilai Rp 800 juta.

Beasiswa itu akan diberikan kepada 180 siswa dari 10 sekolah di tingkat sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di Cilegon, Banten.

Kesepuluh sekolah tersebut adalah SMP Negeri 1 Cilegon, SMPN 3 Cilegon, SMPN 5 Cilegon, SMP YPWKS Cilegon, SMAN 5 Cilegon, SMA N 4 Cilegon, SMA Al- Munawaroh Cilegon, SMK N 2 Cilegon, SMK N 4 Cilegon, dan SMK As-Syuhada Cilegon.

Adapun penyerahan beasiswa secara simbolis dilakukan oleh Director Managing SPIJ Giancarlo Di Berridno kepada Helldy di Gedung Olahraga SMP YPWKS Cilegon, Kamis (15/12/2022). 

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Tenaris—induk perusahaan SPIJ—selama 3 tahun berturut-turut untuk dunia pendidikan di Kota Cilegon. Bantuan ini sangat berarti bagi para pelajar di Kota Cilegon. Semoga (bantuan yang diberikan) bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," kata Helldy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Helldy pun berharap, pemberian beasiswa Roberto Rocca dapat terus berlanjut untuk membantu para siswa yang membutuhkan di Kota Cilegon. Pasalnya, hal itu sejalan dengan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon yang peduli dengan dunia pendidikan. 

Sebagai informasi, Pemkot Cilegon juga rutin memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa yang kurang mampu di Kota Cilegon. Program ini berjalan atas kerja sama Pemkot Cilegon dengan menggandeng seluruh universitas yang ada di Banten.

"Oleh karena itu, saya minta agar program beasiswa dari Tenaris dapat terus berlanjut setiap tahun. Sebab, beasiswa ini sangat penting dan dibutuhkan masyarakat, terutama siswa kurang mampu," ujar Helldy.

Selain beasiswa Roberto Rocca, SPIJ juga memberikan bantuan untuk perbaikan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) XII Cilegon dengan total Rp 156.332.563 atau setara 10.000 dollar AS.

Program beasiswa dan bantuan gedung sekolah merupakan wujud komitmen SPIJ dalam membantu pemerintah daerah untuk memajukan dunia pendidikan.

Giancarlo mengatakan bahwa pendidikan menjadi fokus utama Tenaris di seluruh dunia. Tenaris berkomitmen mendukung komunitas yang berada di sekitar pabrik, terutama pada sektor pendidikan.

“Beasiswa Roberto Rocca merupakan salah satu program utama Tenaris. Program ini dimulai dari pendiri Tenaris, yaitu Roberto Rocca, yang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan kunci untuk (meraih sukses di) masa depan" ujar Giancarlo.

Ia pun berharap, beasiswa Roberto Rocca dapat bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin oleh para penerimanya.

"Tenaris sangat senang dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan di Kota Cilegon. Oleh karena itu, saya berharap, beasiswa ini dapat digunakan untuk menciptakan pendidikan yang lebih maju di Kota Cilegon," jelas Giancarlo.

Sebagai informasi, Tenaris merupakan pemasok utama pipa tabung dan layanan terkait untuk industri energi dunia dan sejumlah aplikasi industri. Sebagian besar konsumen Tenaris merupakan perusahaan minyak dan gas terkemuka di dunia dengan pendapatan mencapai 5,1 miliar dollar AS.

Tenaris mengoperasikan jaringan terpadu, mulai dari pembuatan, fasilitas produksi, hingga finishing, dan pelayanan industri pipa baja yang beroperasi di Amerika, Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Afrika. Selain itu, Tenaris juga memberikan layanan langsung ke lapangan pada sebagian besar pasar minyak dan gas bumi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com