Advertorial

Pelaku UMKM Bisa Makin Gampang Dapat Modal dan Catat Transaksi Keuangan dengan Aplikasi Ini

Kompas.com - 16/12/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Di tengah perkembangan teknologi yang kian masif para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang baru memulai bisnis tentu ingin berlomba mengikuti tren digital.

Guna menarik atensi konsumen, pelaku UMKM melakukan berbagai upaya, mulai dari membuat konten apik di media sosial (medsos) hingga membuka toko di platform e-commerce. Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan perkembangan bisnis yang mereka geluti.

Meski demikian, marketplace dan medsos bukan satu-satunya cara untuk mendongkrak kinerja bisnis UMKM. Salah satu teknologi digital yang bisa dioptimalkan guna mendukung kemajuan bisnis UMKM adalah aplikasi modal usaha, seperti Halokas.

Untuk diketahui, Halokas merupakan aplikasi teknologi finansial (tekfin) besutan FinAccel yang menghadirkan berbagai kemudahan, seperti menyediakan pinjaman modal usaha dan mempermudah pencatatan transaksi keuangan.

FinAccel sendiri sudah melahirkan sejumlah perusahaan tekfin kenamaan di Tanah Air, di antaranya Kredivo dan Kredifazz.

Berbeda dengan Kredivo dan Kredifazz, Halokas merupakan platform business-to-business (B2B) yang menyasar UMKM sebagai target market. Platform ini hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan bisnis digital, seperti pembukuan secara digital dan modal usaha.

Modal usaha

Sebagai aplikasi modal usaha, Halokas menawarkan pinjaman hingga Rp 50 juta dengan bunga pinjaman mulai dari 0 persen tanpa jaminan.

Tawaran tersebut diberi nama “Modal Usaha KrediFazz”. Dengan begitu, aplikasi Halokas hanya dikhususkan sebagai penyedia modal usaha, bukan untuk keperluan pribadi.

Adapun pengajuan modal tersebut terbilang mudah, yakni cukup menyiapkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto selfie, dan mengisi sejumlah data diri yang dibutuhkan agar dapat diproses dalam tahapan pengajuan modal usaha.

Agar lebih mudah mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar, Anda bisa menghubungkan sejumlah akun usaha, seperti GrabFood, GoBiz, dan perbankan yang dimiliki.

Semakin banyak akun yang dihubungkan dengan aplikasi Halokas, maka semakin besar peluang mendapatkan limit pinjaman dengan nilai besar.

Pencatat transaksi dan fitur QRIS

Selain memberikan kemudahan dalam mengakses modal usaha, Halokas juga memiliki fitur pencatatan transaksi keuangan untuk usaha Anda.

Berkat fitur tersebut, Anda dimudahkan dalam melakukan pembukuan transaksi harian, mulai dari pemasukan, pengeluaran, utang piutang, hingga inventaris.

Fitur pencatat keuangan usaha ini juga berguna untuk meminimalkan potensi kesalahan saat mencatat keuangan dan mendata produk.

Selain itu, pelaku usaha juga dimudahkan saat melakukan inventaris bisnis dan mengecek laba rugi usaha sehingga memperkecil risiko kerugian di kemudian hari.

Adapun fitur lain yang tak kalah menarik dari aplikasi Halokas, yakni pengguna bisa membuat fitur Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS) secara mandiri. Berkat fitur ini, pelanggan dimudahkan dalam melakukan pembayaran melalui e-wallet ataupun mobile banking.

Sebagai informasi, jika Anda ingin mengajukan QRIS statis untuk bisnis, biasanya membutuhkan waktu hingga berhari-hari, maksimal sampai dengan 30 hari.

Namun, dengan QRIS Halokas, pengajuan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Dalam waktu hitungan menit, QRIS bisa langsung jadi. Saat customer selesai melakukan transaksi menggunakan QRIS tersebut, pemilik usaha secara otomatis akan mendapat notifikasi pemberitahuan melalui aplikasi Halokas.

Adapun kode QRIS yang dibuat lewat aplikasi Halokas sudah terdaftar dan memenuhi standar QRIS yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI). Dengan begitu, keamanan dalam bertransaksi lebih terjamin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com