Advertorial

4 Tip Cermat Memilih Bahan Makanan Sehat untuk Dukung Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 16/12/2022, 19:54 WIB

KOMPAS.com – Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari pemilihan makanan yang mengandung gizi lengkap dan seimbang.

Selain itu, pengolahan bahan makanan juga perlu diperhatikan agar makanan tersebut dapat memberikan nutrisi yang optimal bagi tubuh.

Untuk diketahui, setiap bahan baku makanan memiliki cara pengolahan yang berbeda bergantung pada jenisnya. Berikut adalah ulasannya.

  1. Daging ayam dan sapi

Sebelum diolah, pastikan daging ayam serta sapi yang dipilih dalam kondisi segar dan berkualitas baik. Pilihlah daging dengan tekstur elastis dan tidak terlalu keras ataupun lembek.

Selain itu, sebaiknya pilih daging dengan aroma khas yang dimiliki masing-masing bahan makanan. Hindari pula daging yang berlendir dan memiliki bercak kebiruan.

Kesegaran daging sapi umumnya ditandai dengan warna merah pada permukaannya. Sementara itu, daging ayam segar memiliki kulit yang berwarna lebih pucat jika dibandingkan bagian daging.

Adapun bahan makanan yang tidak segar atau busuk biasanya mengandung bakteri dan virus. Beberapa bakteri yang sering mencemari bahan makanan adalah salmonela dan Escherichia coli (E.coli).

  1. Ikan

Seperti halnya daging ayam dan sapi, mengonsumsi ikan yang tidak segar dan terkontaminasi bakteri dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, kadar gizi yang terkandung di dalamnya pun menurun.

Oleh sebab itu, pilihlah ikan dengan kulit yang terlihat segar dan berwarna cerah, serta bola mata yang menonjol atau tidak cekung ke dalam.

Selain itu, pastikan tekstur ikan terasa kenyal dan tidak lembek. Caranya, cubit atau tekan permukaan tubuh ikan. Jika terdapat bekas jari dan daging ikan kembali ke bentuk semula, ikan tersebut masih segar.

  1. Sayur dan buah

Untuk memastikan kandungan gizinya terjaga, pilihlah sayur dan buah yang memiliki warna cerah dan tidak layu.

Sementara untuk buah, pilihlah yang masih utuh, serta tidak kusam dan keriput. Pastikan pula buah yang dipilih bebas dari pupuk anorganik atau pestisida.

  1. Bumbu dapur

Tak hanya bahan baku utama, pemilihan bumbu dapur juga tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, bumbu dapur, termasuk tepung bumbu, merupakan elemen penting dalam pengolahan makanan.

Salah satu penganan yang membutuhkan tepung bumbu adalah gorengan. Seperti diketahui, gorengan merupakan makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, gorengan kerap dijadikan menu santap sehari-hari.

Meski demikian, masyarakat sering merasa khawatir saat mengonsumsi sajian tersebut. Sebab, kandungan pada gorengan umumnya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kekhawatiran tersebut beralasan. Namun, jika diolah dengan baik, gorengan bisa menjadi makanan sehat.

Salah satu cara sehat dalam pengolahan gorengan adalah dengan menghindari penggunaan tepung yang memiliki kandungan monosodium glutamat (MSG). Seperti diketahui, mengonsumsi MSG secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan.

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa memilih tepung bumbu yang bebas MSG, seperti Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium.

Selain bebas MSG, tepung bumbu tersebut juga kaya akan kandungan vitamin sehingga dapat mendukung peningkatan pola hidup sehat bagi keluarga Anda.

Kemudian, kandungan fortifikasi vitamin pada Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium juga membuat bumbu dapur ini lebih sehat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com