Advertorial

Masuki Usia Emas, Itenas Raih Penghargaan Gold Winner Anugerah Diktiristek 2022

Kompas.com - 19/12/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bandung, Jawa Barat (Jabar), mendapat penghargaan Gold Winner untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kerja Sama Internasional Terbaik dalam ajang Anugerah Diktiristek 2022 di The Sultan Hotel Residence, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022).

Untuk diketahui, Anugerah Diktiristek merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari, ST, MT, PhD.

Sebagai informasi, ada lima kriteria penilaian pada kategori PTS Kerja Sama Internasional Anugerah Diktiristek 2022. Pertama, dukungan pimpinan perguruan tinggi, seperti dalam organisasi, pendanaan, serta sumber daya manusia (SDM).

Kedua, kualitas perencanaan dan kerja sama selama Januari 2021–Juni 2022. Ketiga, kualitas capaian kerja sama pada 2021–2022. Keempat, kualitas standar operasional prosedur (SOP) kerja sama internasional. Kelima, kualitas laporan dokumen kerja sama internasional.

Kepala Bagian Kerja Sama dan Urusan Internasional Itenas Dyah Asri Handayani Taroepratjeka bersyukur atas capaian tersebut.

Menurutnya, capaian itu merupakan hasil kolaborasi antara pimpinan dan seluruh sivitas akademika Itenas.

“Capaian tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kantor Urusan Internasional (KUI) Itenas, tetapi juga keluarga besar Itenas. Semoga anugerah ini dapat memacu KUI Itenas lebih baik lagi ke depannya,” ujar Dyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Capaian di usia emas

Pada perayaan Dies Natalis ke-50 Itenas, Rabu (14/12/2022), Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi (YPDS) Iwan Inrawan Wiratmadja menyampaikan berbagai hal yang membuat Itenas bisa seperti sekarang.

Menurutnya, membangun Itenas hingga menjadi PTS terkemuka di usia emas setengah abad bukan hal mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dilewati pihaknya.

“Ketika Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi pada 1972 mendirikan Atenas yang kemudian berkembang menjadi Itenas, sumber daya yang dimiliki masih terbatas. Meski demikian, para pendiri Itenas terus bekerja keras dan berdedikasi untuk membangun sebuah perguruan tinggi swasta yang bermutu,” tutur Iwan.

Iwan melanjutkan, dilandasi dengan pengabdian dan kepedulian sosial tinggi, para petinggi Itenas meletakkan dasar-dasar pengelolaan pendidikan tinggi yang baik dan berupaya agar pendidikan di Itenas dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Dies Natalis ke-50 Itenas Dok. Itenas Dies Natalis ke-50 Itenas

“Budaya organisasi yang dibangun para pendiri Atenas maupun Itenas telah berhasil dikembangkan dalam berbagai aspek, antara lain program pendidikan, SDM, lahan kampus, gedung perkuliahan, serta berbagai sarana dan prasarana pendidikan,” ujarnya.

Keberhasilan tersebut, lanjut Iwan, tidak lepas dari hubungan kerja sama yang harmonis antara pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi dan pimpinan Itenas sejak Itenas didirikan hingga saat ini.

Sementara itu, Prof Meilinda mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut andil dalam perkembangan Itenas.

Ia pun menjabarkan sejumlah capaian penting yang diraih Itenas selama 50 tahun terakhir, mulai dari akreditasi dan pemeringkatan hingga pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Prof Meilinda berharap, Itenas dapat menjadi 10 besar PTS unggulan di Indonesia pada 2025 dan meraih predikat world class university.

“Saya mengucapkan terima kasih dan (memberikan) penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi, para rektor dan pejabat terdahulu, para dosen, para tenaga kependidikan (tendik) dan non-tendik, para mahasiswa, ikatan orangtua mahasiswa, ikatan alumni, instansi dan perusahaan, serta berbagai pihak yang telah turut andil dalam menumbuhkembangkan Itenas menjadi seperti saat ini,” ujar Prof Meilinda.

Ia mengatakan bahwa semangat kebersamaan dari berbagai pihak tersebut telah menjadi penggerak utama kontribusi positif Itenas untuk terus berkembang dan berkompetisi.

Untuk diketahui, perayaan Dies Natalis Itenas ke-50 dilakukan secara luring dengan berbagai rangkaian acara yang dimulai sejak Agustus hingga Desember 2022.

Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya adalah Itenas Fun Run, Itenas Cabaret Festival, Itenas Band Festival, Bazaar Itenas, Pameran Marathon Comics “Luminaire”, Itenas National e-Sport Competition, Itenas National Robotic Competition, serta Mojang Jajaka Itenas.

Puncak perayaan Dies Natalis ke-50 Itenas ditandai dengan gelaran seremoni Sidang Terbuka Senat dan Pimpinan Itenas pada Rabu (14/12/2022), serta Itenas Awards 2022 bertema “Celebrate the Excellence” sekaligus peluncuran buku 50 Tahun Itenas: For a Brighter Future pada Kamis (15/12/2022).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com