Advertorial

Dukung Optimalisasi Kesehatan Gigi dan Mulut dari Rumah, Ciptadent Luncurkan RKC

Kompas.com - 20/12/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Ciptadent membuktikan komitmennya dalam mendukung kesehatan gigi dan mulut keluarga Indonesia melalui acara Ciptadent Kuatkan Indonesia 2022 yang digelar pada Rabu (14/12/2022). Acara ini digelar di 80 kota dan mencakup 80.000 keluarga dari seluruh daerah di Indonesia. 

Sebagai perluasan kegiatan itu, Ciptadent juga meluncurkan sebuah inisiatif program baru, yakni situs web Rumah Kuat Ciptadent (RKC). Platform ini menyediakan konsultasi daring terkait kesehatan gigi dan mulut yang dilayani langsung oleh tenaga medis yang tepercaya. Masyarakat bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja. 

Brand Manager Ciptadent Felicia Melissa mengatakan, RKC merupakan kontribusi nyata Ciptadent untuk menguatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. 

"Situs ini akan memberikan kemudahan bagi para ibu untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut anggota keluarga. Selain itu, situs web ini juga membantu memperluas wawasan para ibu dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan (dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut)," kata Felicia melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (16/12/2022). 

Lebih lanjut Felicia mengatakan, RKC merupakan upaya Ciptadent agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, khususnya dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Sebab, RKC dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun.

Sebagai informasi, RKC menyediakan tiga pilar dukungan untuk memperkuat layanan kesehatan gigi dan mulut Indonesia, yaitu ruang periksa gigi, ruang inspirasi, serta bantuan sikat dan pasta gigi gratis untuk masyarakat Indonesia. 

Brand Ambassador Ciptadent Ussy Sulistiawaty pun turut mendukung program RKC. Menurutnya, situs ini dapat membantu para ibu yang memiliki waktu dan akses yang terbatas. 

"RKC memudahkan kami, para ibu, untuk berkonsultasi (masalah kesehatan) gigi dan mulut untuk seluruh anggota keluarga di mana pun dan kapan pun sehingga lebih efisien karena hemat waktu serta biaya,” ujar Ussy.

Ciptadent menggelar acara peluncuran situs web Rumah Kuat Ciptadent pada Rabu (14/12/2022). Dok. Ciptadent Ciptadent menggelar acara peluncuran situs web Rumah Kuat Ciptadent pada Rabu (14/12/2022).

Kolaborasi untuk tingkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat

Saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan gigi dan mulut masih tergolong rendah. Terlebih, saat pandemi Covid-19 melanda, makin banyak masyarakat yang mengesampingkan pelayanan hal tersebut.

Hal itu pun diakui oleh perwakilan dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah DKI Jakarta drg Yeni Yuliani. 

Ia mengungkapkan, salah satu alasan kurangnya perhatian pada kesehatan gigi dan mulut dikarenakan akses pelayanan yang terbatas bagi masyarakat.

"Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018, proporsi masalah gigi dan mulut terjadi pada 57 persen masyarakat, sedangkan yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis hanya 10,2 persen. Adapun proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar hanya sebesar 2,8 persen," jelas Yeni. 

Melihat fenomena itu, kehadiran RKC dinilai dapat membantu perluasan akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Oleh karena itu, Ciptadent pun bekerja sama dengan aplikasi Halodoc untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk para ibu yang dapat diakses kapan dan di mana saja. 

Vice President (VP) of Government Relations and Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto mengatakan, Halodoc ikut mendorong para ibu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anggota keluarga melalui RKC. 

"Halodoc bangga dapat berkolaborasi dengan Ciptadent yang memiliki semangat sama, yakni untuk menyederhanakan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Melalui RKC, para ibu dapat terhubung dengan dokter gigi berlisensi," imbuh Adeline. 

Selain berkonsultasi, para ibu dapat memberikan dukungan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mengunjungi situs web RKC. Setiap konsultasi akan akan dikonversikan menjadi paket bantuan sikat dan pasta gigi untuk keluarga lainnya di seluruh Indonesia.

Tiap ibu yang memberikan dukungan pun mendapatkan apresiasi dari Ciptadent dalam bentuk sertifikat serta voucer Halodoc yang bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan gigi dan mulut untuk keluarga. 

Saksikan video inspirasi serta pembelajaran cara kesehatan gigi dan mulut, nutrisi dan kegiatan keluarga melalui situs RKC

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com