Advertorial

Injourney Optimistis Momentum Libur Nataru 2023 Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Kompas.com - 20/12/2022, 14:38 WIB

KOMPAS.com - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney optimistis, sektor pariwisata Indonesia akan mengalami pertumbuhan. Untuk itu, Injourney akan memaksimalkan momentum perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria mengatakan, pada masa pascapandemi Covid-19, tren peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat selalu diiringi dengan pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia.

Karena itu, Injourney dan anak perusahaan terus mendorong masyarakat untuk berwisata di Indonesia jelang akhir 2022 dengan beberapa strategi yang telah dipersiapkan.

“Dengan mendorong daya tarik, aksesibilitas, akomodasi, serta amenitas, kami berharap bisa memberikan layanan terbaik di berbagai destinasi pariwisata di Indonesia sehingga dapat menumbuhkan angka kunjungan wisatawan,” ujar Dony dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Dengan begitu, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional, dapat ikut terdorong.

Dony menambahkan, Injourney Group sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan layanan serta fasilitas yang aman dan nyaman kepada masyarakat yang ingin berlibur pada Nataru 2023.

PT Angkasa Pura I dan II, misalnya, telah mempersiapkan Posko Nataru yang aktif mulai Senin (19/12/2022) hingga Selasa (3/1/2023) di 35 bandara kelolaan.

Posko terpadu tersebut digunakan pemangku kepentingan bandara untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dalam memastikan keamanan serta kelancaran selama Nataru 2023. PT Angkasa Pura I dan II juga sudah menyiapkan kesigapan personel dari sisi layanan dan fasilitas.

Selanjutnya, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) melalui Hotel Indonesia Group (HIG) juga selalu memastikan ketersediaan kamar. Untuk periode Nataru 2023, pemesanan kamar secara daring dan luring sudah mencapai 60 persen dari total kamar yg tersedia di seluruh jaringan hotel HIG.

"Pada periode Nataru 2023, tren pemesanan kamar di jaringan hotel HIG di beberapa kota biasanya last minute booking. Untuk itu, kami optimistis, pemesanan kamar akan terus bertambah naik hingga akhir tahun," paparnya.

Total kamar yg tersedia di seluruh jaringan hotel HIG meningkat selama Nataru. DOK. Injourney Total kamar yg tersedia di seluruh jaringan hotel HIG meningkat selama Nataru.

Dony menjelaskan bahwa secara nasional, tren penumpang angkutan dalam negeri mulai berangsur pulih. Ia memperkirakan, pada Desember 2022, tingkat pemulihan atau recovery rate penumpang domestik telah mencapai 74,41 persen.

“Hal serupa juga terjadi pada tren penumpang angkutan luar negeri. Kami memprediksi, recovery rate-nyadapat mencapai 44,66 persen pada periode sama,” kata Dony.

Program menarik Nataru 2023

Dony melanjutkan, pihaknya telah menyiapkan program promo dan event menarik bagi wisatawan pada periode Nataru 2023. Program tersebut di antaranya adalah diskon akhir tahun di Sarinah, promo hotel akhir tahun yang diselenggarakan HIN-HIG, pertunjukan spesial akhir tahun di Prambanan, Pesta Festival Tahun Baru di Taman Mini Indonesia Indah, serta New Year’s Eve Concert di Labuan Bajo yang menjadi acara spesial.

“New Year’s Eve Concert di Labuan Bajo merupakan strategi Injourney untuk mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata populer, baik di Indonesia maupun kancah internasional,” ujarnya.

Dony menjelaskan, konser yang berlangsung di Kawasan Waterfront Marina Labuan Bajo itu akan menghadirkan musisi dalam negeri, seperti Andmesh dan Gigi, serta disk jockey (DJ) internasional, seperti Tiara Eve dan Meduza.

Pada acara puncak, konser akan disemarakkan oleh pesta kembang api dengan durasi lebih dari 15 menit. Konser juga akan diramaikan oleh yachts dan kapal pinisi di pantai Labuan Bajo.

Masyarakat yang ingin menonton konser tersebut dapat membeli tiket secara online di tiket.com. Sementara, untuk pembelian secara luring, masyarakat bisa mendapatkan tiket di outlet-outlet lokal Labuan Bajo, seperti hotel dan restoran di daerah tersebut.

“Harga tiket konser tersebut dibanderol mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000,” jelas Dony.

Dony berharap, wisatawan dapat menikmati dan menghabiskan masa liburan Nataru 2023 di berbagai destinasi wisata di Indonesia dengan program-program yang telah disediakan.

”Berbagai program dan event yang kami selenggarakan akan memberikan pengalaman terbaik dan tak terlupakan bagi wisatawan,” tutur Dony.

Sebagai informasi, sejumlah program promo dan event tersebut merupakan wujud dukungan Injourney pada program pemerintah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Tren penumpang angkutan luar negeri diprediksi semakin meningkat.  DOK. Injourney Tren penumpang angkutan luar negeri diprediksi semakin meningkat.

BBWI bertujuan untuk mendorong perjalanan wisatawan domestic per penduduk di Indonesia yang masih rendah. Berdasarkan data UN-World Tourism Organization (UNWTO) pada 2019, perjalanan wisatawan domestik hanya 2,6 kali per tahun. Angka ini tergolong rendah jika dibandingkan Malaysia, China, dan Jepang.

Selain itu, hasil simulasi menunjukkan bahwa peningkatan perjalanan wisatawan domestik hingga 5 kali lipat dapat mendorong dampak ekonomi secara langsung di kisaran Rp 3.281,7 triliun. Jumlah ini setara 18,4 persen dari produk domestik bruto (PDB) dengan nominal yang jauh lebih besar ketimbang 2019.

“Pada program BBWI, Injourney berperan sebagai leading sector pariwisata dengan mengorkestrasikan dan mengolaborasikan anak perusahaan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pihak lain. Hal ini untuk memastikan kesiapan konektivitas, transportasi, aksesibilitas, dan akomodasi di destinasi wisata,” kata Dony.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com