Advertorial

Pastikan Layanan Prima Selama Nataru, Direksi Pertamina Patra Niaga Tinjau Call Center 135

Kompas.com - 20/12/2022, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Direksi Pertamina Patra Niaga melakukan peninjauan layanan pelanggan Pertamina Call Center (PCC) 135. Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan fasilitas dan operasional Pertamina optimal dalam melayani kebutuhan masyarakat di momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sebagai informasi, PCC 135 menjadi garda terdepan saluran komunikasi dan layanan informasi Pertamina yang dapat diakses masyarakat selama 24 jam. Sebanyak 103 operator terlatih disiagakan untuk menjawab segala kebutuhan informasi mengenai produk dan layanan Pertamina, serta membantu penyelesaian pengaduan masyarakat.

Untuk memastikan keoptimalan layanan pelanggan selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Riva Siahaan hadir di tengah kesibukan para operator PCC 135 di Gedung Infomedia Nusantara, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Senin (19/12/2022).

Riva mengatakan bahwa PCC 135 terus meningkatkan layanan dalam momen penyambutan Satuan Tugas (Satgas) Nataru juga sudah dibentuk. Layanan PCC 135 pun dipastikan mampu melayani pelanggan selama 24 jam setiap hari.

“Kami menggunakan semua saluran, tidak hanya jalur panggilan suara, tetapi juga jalur media sosial sehingga dapat menangkap dan mendengarkan berbagai kebutuhan sekaligus saran dari pelanggan,” ujar Riva dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Kehadiran PCC 135, lanjut Riva, merupakan wujud nyata komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Layanan ini pun terus menghadirkan sejumlah inovasi.

“PCC 135 terus diperbarui. Selain layanan telepon, kami menyediakan fitur chatbot bernama Nadia. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina dan Whatsapp Pertamina Call Center 135 di nomor 0811-135-0-135. Fitur ini dapat memudahkan konsumen yang ingin mendapatkan informasi,” ujarnya.

Riva memastikan setiap interaksi dan jenis pengaduan yang masuk ditangani dengan baik. Ia pun memberikan semangat kepada para operator PCC 135 agar memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat selama momen Nataru.

“Kami berharap, para operator PCC 135 tetap semangat untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dengan sepenuh hati terutama di masa liburan Nataru,” sebut Riva.

Salah satu operator PCC 135, Ervina, mengatakan bahwa memasuki momen Nataru, operator PCC 135 terus berupaya sigap dan maksimal menjawab seluruh kebutuhan informasi masyarakat.

"Di PCC 135, kami menerima seputar keluhan, informasi, dan permintaan. Contohnya, menanyakan lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) serta harga bahan bakar minyak (BBM) terkini,” ujar Ervina

Selain itu, lanjut Ervina, operator PCC 135 juga memberikan informasi seputar petrokimia, pelumas, dan Pertamina Delivery Service (PDS).

“Misalnya, jika ada pelanggan yang menanyakan terkait produk liquefied petroleum gas (LPG) dan BBM, bisa kami antar,” tuturnya.

Riva memastikan pasokan dan layanan BBM dan LPG di wilayah Bandung Raya dalam kondisi aman. Pasalnya, ia ikut melakukan pemantauan ke lapangan, seperti di SPBU 31.411.01 di KM 88 Tol Jakarta-Cikampekdan SPBU 34.405.27 di KM 125 Tol Cipularang. Ia pun turut memantau suplai energi di Fuel Terminal Ujung Berung.

“Bandung menjadi alternatif sumber utama masyarakat ketika liburan. Kami tahu travel policy sudah dibuka. Jadi, masyarakat yang ingin melakukan aktivitas berlibur berkunjung ke Bandung,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Riva, Bandung menjadi salah satu tujuan utama yang harus dijaga pelayanannya untuk masyarakat, baik untuk pendatang maupun masyarakat yang berdomisili di Jabar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com