Advertorial

Peserta Program Magang PT Sembilan Matahari Adakan Ekshibisi Epilogue. UnseeNMedia

Kompas.com - 20/12/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com – Program magang besutan PT Sembilan Matahari yang berafiliasi dengan Program Kampus Merdeka, NM Lab Academic Internship Batch II, resmi menyelesaikan tugas akhir.

Lewat tugas akhir tersebut, para peserta NM Lab Academic Internship Batch II mengadakan ekshibisi film berjudul Epilogue. UnseeNMedia.

Adapun film berdurasi 29,5 menit tersebut hadir dengan tema seputar media digital. Tema ini dipilih lantaran manusia masih menghadapi banyak permasalahan meski media digital telah hadir berbagai sendi kehidupan.

Hal itu dikarenakan masih banyak orang yang tak memanfaatkan media digital dengan baik. Akibatnya, banyak isu dan permasalahan yang kerap terabaikan dari kehidupan sehari-hari.

Lewat karya tersebut, para peserta pun berusaha untuk menyampaikan sejumlah pesan penting melalui pengalaman penggunaan teknologi imersif.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke inti cerita, film diawali dengan pengenalan yang memposisikan penonton sebagai “kita” yang tengah bermain media digital.

Adapun untuk mempermudah penonton dalam memahami cerita pada film, para peserta membaginya ke dalam enam fase.

Untuk fase pertama, film menceritakan tentang perkembangan masa sebelum pesatnya perkembangan media digital dan kehangatan antarsesama manusia.

Pada fase kedua, film mulai menceritakan masa munculnya kecanggihan teknologi selayaknya kota digital yang maju.

Pada fase ketiga, cerita mulai membahas tentang keterlenaan masyarakat akan teknologi yang semakin mengikiskan istilah silih asah, asih, dan asuh.

Pada fase keempat, terdapat cerita tentang sisi negatif media digital yang selama ini dianggap baik, mulai dari hoaks, kejahatan siber, doxing, hingga tindakan kriminal.

Pada fase kelima, cerita fokus pada keadaan yang hancur akibat keberadaan media digital yang tidak dipergunakan dengan baik dan bijak

Pada fase terakhir, film mengajak audiens untuk melihat lebih dekat dan memilih sisi mana yang akan menentukan masa depan mereka.

Sisi tersebut terdiri dari sisi distopia yang hancur akibat kelalaian dan ketidakbijakan penggunaan media digital dan sisi utopia yang aman tentram karena penggunaan media digital yang bijak.

Adapun akhir cerita pada film tersebut ditutup dengan “kita” yang sedang berselancar di dalam media digital.

Untuk diketahui, terdapat sebuah karakter dalam UnseeNMedia yang digambarkan melalui seekor monyet sebagai personifikasi diri manusia.

Karakter tersebut dipilih lantaran monyet dinilai memiliki sejumlah kemiripan dengan manusia.

Untuk menambah warna karakter, karakter monyet itu pun diceritakan memiliki kepribadian berupa 7 deadly sins sebagai tanda kebiasaan buruk kita.

Audiens yang hadir pada ekshibis Epilogue. UnseeNMedia. Dok. NM Lab Academic Audiens yang hadir pada ekshibis Epilogue. UnseeNMedia.

Kepribadian tersebut adalah pride (kesombongan), greed (ketamakan), envy (iri hati), wrath (kemarahan), lust (hawa nafsu), gluttony (kerakusan), dan sloth (kemalasan).

Melalui karya Epilogue. UnseeNMedia, para peserta magang ingin mengingatkan sekaligus membantu meningkatkan kesadaran penonton akan dampak media digital.

Dengan begitu, audiens diharapkan dapat lebih bijak dalam menggunakan media digital.

Sebagai informasi, eksibisi UnseeNMedia berlangsung selama 10 hari, mulai Kamis (8/12/2022) hingga Minggu (18/12/2022)

Kegiatan tersebut terdiri dari 10 sesi dan berlangsung pukul 10.30 hingga 20.30 Waktu Indonesia Barat WIB).

Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi akun Instagram @nmlabinternship @sembilan_matahari @kala.kini.nanti atau hubungi nomor telepon 0851-6361-2211.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com