Advertorial

Dentsu Indonesia Dinobatkan sebagai Agency of the Year di Citra Pariwara 2022

Kompas.com - 21/12/2022, 10:49 WIB

KOMPAS.com — Dentsu Indonesia dinobatkan sebagai Agensi Kreatif, Digital, dan Media Terbaik atau Agency of The Year 2022 pada ajang Citra Pariwara Advertising Festival 2022. Penghargaan yang mengusung tema “Awesomeness Unites” ini digelar di Nusa Dua, Bali.

Citra Pariwara merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya (DKI Jaya). Penghargaan ini diberikan kepada para praktisi kreatif guna membidik dan melihat talenta terbaik di industri periklanan.

Selain memperoleh tiga penghargaan paling prestisius, Dentsu Indonesia juga memboyong 38 trofi yang meliputi 1 Grand Prix, 1 Gold, 10 Silver, dan 26 Bronze dari 28 kategori. Di ajang penghargaan tersebut, Dentsu bersaing dengan total 2.102 entri iklan dari sejumlah agensi periklanan dan pemasaran ternama di Tanah Air.

Tiga penghargaan yang diraih Dentsu Indonesia merupakan sejarah baru pada gelaran Citra Pariwara. Sejak 35 tahun diadakan, Dentsu Indonesia juga berhasil menembus rekor entri pendaftaran terbanyak dalam ajang Citra Pariwara.

Pada bidang Creative Panel, Dentsu Indonesia meraih penghargaan kategori Audio Campaign, Out of Home Advertising (OOH), Integrated, dan Brand Experience. Pada bidang Digital Panel, Dentsu Indonesia meraih penghargaan kategori Online Video, Influencer, Augmented Experience, Innovation Use of Technology, Social Media Campaign, dan Digital Integrated Campaign and Other Digital Channel.

Kemudian, pada bidang Craft Panel, Dentsu Indonesia meraih penghargaan pada kategori Photography, Use of Music, dan Scriptwriting. Pada bidang Daun Muda atau Rising Stars, dua talenta Dentsu, yakni Kevin Sheridan dan David Christopher, juga mendapat penghargaan.

Raihan di Citra Pariwara 2022 juga semakin menambahkan daftar penghargaan Dentsu Indonesia sepanjang 2022 dengan total 85 penghargaan. Penghargaan tersebut di antaranya adalah YouTube Works’ Grand Prix, 18 penghargaan pada Marketing Excellence Awards, 16 penghargaan pada MMA Smarties Indonesia, Campaign Southeast Agency of the Year, dan HR Asia Best Company to Work for in Indonesia.

Selama ajang berlangsung, tiga pimpinan manajemen Dentsu hadir sebagai juri untuk menilai dan menunjuk karya terbaik di industri. Ketiga pimpinan tersebut adalah Chief Creative Officer Dentsu Inc Yasuharu Sasaki sebagai Presiden Juri untuk kategori Creative Agency, Chief Executive Officer (CEO) Media Dentsu Indonesia Aloysia Dian sebagai juri Media Agency, dan Creative Director Dentsu Creative Benny Napitupulu sebagai juri Visual Craft.

Kemudian, CEO Creative Service Line Dentsu Indonesia Wisnu Satya Putra sebagai mentor Daun Muda dan Vice President Dentsu Indonesia Janoe Arijanto sebagai dewan penasihat di Steering Committee Citra Pariwara.

Lalu, dua talenta berbakat Dentsu Creative Indonesia Defri Dwipaputra serta Saida Rosadi juga ikut andil sebagai panitia pada ajang tersebut.

Keterlibatan Dentsu Indonesia menjadi bentuk kolaborasi aktif di industri periklanan untuk menciptakan talenta berbakat saat ini dan masa depan. Meski begitu, penjurian tetap dilaksanakan dengan sangat ketat tanpa keterlibatan pihak juri dan atau komite Dentsu Indonesia saat penilaian karya berlangsung.

Integrasi Dentsu Creative

Tim kepemimpinan Dentsu Creative Indonesia. 

Dok. Dentsu Indonesia Tim kepemimpinan Dentsu Creative Indonesia.

CEO Dentsu Indonesia dan Singapura Prakash Kamdar mengatakan, kreativitas merupakan jantung utama bisnis perusahaan.

Tak hanya mengedepankan bisnis kreatif, kata Prakash, Dentsu Indonesia juga menanamkan lini bisnis media dan customer experience management (CXM).

“Bagi kami, kombinasi tersebut merupakan pemersatu horizontal yang menyatukan lebih dari seribu talenta Dentsu Indonesia untuk membantu klien dan masyarakat melaju di ekonomi digital, serta membuahkan hasil spektakuler pada tahun ini,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Prakash melanjutkan, kemajuan pesat yang diraih Dentsu pada akhir 2022 merampungkan proses integrasi penyatuan firma kreatif global perusahaan, yakni Dentsu McGarryBowen, Dentsu MainAd, dan Isobar. Ketiganya terintegrasi menjadi Dentsu Creative.

Dentsu Creative akan dipimpin oleh CEO Creative Dentsu Indonesia Wisnu Satya Putra. Ia berada di bawah Prakash, CEO Dentsu Creative Global Fred Levron, dan CEO Dentsu Creative Asia-Pacific Cheuk Chiang. Dentsu Creative juga akan beroperasi bersama Dwi Sapta yang dipimpin oleh CEO Dwi Sapta Erwin Airlangga.

Wisnu mengatakan, penghargaan yang diterima Dentsu Indonesia pada ajang Citra Pariwara 2022 merupakan komitmen pihaknya untuk memastikan ide kreatif yang dihasilkan selalu berpacu pada masa depan.

Oleh karena itu, ia berterima kasih kepada klien dan mitra Dentsu Indonesia yang telah memercayakan kerja sama dengan pihaknya dalam menghasilkan kampanye spektakuler dan inovatif.

“Kami sangat terhormat menerima berbagai penghargaan ternama di Citra Pariwara 2022,” ujar Wisnu.

Pada kesempatan sama, Chief Creative Officer (CCO) Dentsu Creative Indonesia Andreas menambahkan, tiga penghargaan tertinggi yang diperoleh pihaknya menaikkan parameter Dentsu dalam memberikan solusi kreatif yang unggul dan award-winning.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh tim yang bekerja secara maksimal untuk mewujudkan kebanggaan ini, termasuk tim kreatif yang dipimpin oleh para executive creative director, seperti Rangga Immanuel, Edwin Sandjaja, dan Defri Dwipaputra. (Saya juga berterima kasih kepada) tim accounts, planner, dan supporting yang terlibat,” kata Andreas.

Sebagai informasi, Dentsu Creative menawarkan kapabilitas modern dan terdepan dalam bidang hiburan dan pengalaman digital. Agensi ini juga menghasilkan berbagai ide tersohor yang membangun budaya baru, membawa perubahan sosial, dan penciptaan inovasi di masa depan.

Dentsu Creative sendiri mengusung perpaduan pemahaman warisan Jepang dan praktisi ahli yang mendalam tentang media modern serta budaya kontemporer, penyatuan keahlian, inovasi, dan teknologi.

Identitas visual yang mencolok pada karya diluncurkan oleh Dentsu Creative sebagai bentuk ekspresi kreatif dan dedikasi untuk kerajinan dan kekuatan kreativitas transformatif, serta ambisi tim yang kuat untuk membangun talenta, baik di masa kini maupun mendatang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com