Advertorial

Kompas Gramedia Ajak Masyarakat Belajar, Bermain, dan Mendongeng di Festival Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Kompas.com - 21/12/2022, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Kompas Gramedia melalui penerbit Elex Media Komputindo dan Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia menyelenggarakan Read Aloud di Taman, yakni di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program "Baca Bareng di Taman" yang menjadi rangkaian festival literasi "Pesta di Taman" yang diinisiasi PT Integrasi Transit Jakarta.

Salah satu anggota Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia, Dina, mengatakan bahwa Read Aloud di Taman merupakan aktivitas dongeng interaktif yang mengajak anak-anak untuk bertualang dalam pengalaman seru.

Pada kegiatan tersebut, anak-anak tidak hanya mendengarkan dongeng, tetapi juga diajak berpartisipasi aktif dalam cerita untuk memantik imajinasi.

Menurutnya, dongeng interaktif akan memberikan pengalaman tidak terlupakan pada anak. Selain cerita yang seru, dongeng juga dikemas dengan memasukkan unsur pengetahuan yang dapat menambah wawasan anak-anak.

Dina menambahkan, kegiatan mendongeng pada acara Read Aloud di Taman semakin seru karena ditambah dengan kegiatan bookish play, yaitu membuat kreasi bentuk dari aneka bahan untuk mengasah kreativitas anak.

Bookish play juga dapat membantu melatih motorik halus anak dan memberikan kenang-kenangan untuk mereka bawa pulang," ujar Dina dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Sebagai informasi, dongeng yang dibacakan kepada anak-anak pada kegiatan tersebut diambil dari buku dongeng terbaru terbitan Elex Media Komputindo berjudul Taman Bermain Paling Ajaib karya Lintang Pandu Pratiwi. Buku tersebut berisi kumpulan kisah metaforis kehidupannya.

“Saya berharap, buku tersebut dapat menebarkan kegembiraan serta harapan pada anak-anak untuk dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki lewat cerita yang seru dan memikat," ujar Lintang.

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan mock up buku Taman Bermain Paling Ajaib dari perwakilan penerbit Elex Media Komputindo kepada Lintang Pandu Pratiwi.

Community and Corporate Social Responsibility (CSR) Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto mengatakan, pelaksanaan acara tersebut di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu merupakan upaya Kompas Gramedia untuk mengajak masyarakat menumbuhkan minat baca anak sebagai upaya peningkatan literasi Indonesia.

Elex Media Komputindo dan Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia menyelenggarakan Read Aloud di Taman di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. 

DOK. Kompas.com Elex Media Komputindo dan Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia menyelenggarakan Read Aloud di Taman di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Ardiyanto menuturkan, pihaknya percaya bahwa masyarakat yang melek literasi menjadi salah satu faktor pendorong kemajuan bangsa.

Kompas Gramedia, sambungnya, selalu membuka kesempatan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencerahkan masyarakat.

“Saya berharap, kolaborasi Kompas Gramedia dan PT Integrasi Transit Jakarta dalam festival literasi Pesta di Taman semakin mendorong masyarakat untuk menjadikan membaca buku sebagai gaya hidup,” tuturnya.

Sebagai informasi, festival Pesta di Taman bertujuan untuk menjadikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu sebagai pusat kegiatan literasi, kreativitas, serta budaya masyarakat yang ramah keluarga, anak, sekolah, dan komunitas.

Festival tersebut menghadirkan beragam aktivitas bertema literasi, seperti menggambar, pembuatan sketsa, musikalisasi puisi, pameran seni, hingga pasar buku.

Perwakilan Marketing Communication Social Relation Kompas.com mengatakan, kegiatan baik tersebut dapat menjadi kabar baik bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan fasilitas di wilayah selatan Jakarta itu.

“Selain menjadi tempat alternatif melepas penat, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu juga dapat menjadi sarana edukasi yang mencerahkan bagi anak-anak,” ujarnya.

Kegiatan tersebut sejalan dengan misi salah satu unit bisnis Kompas Gramedia, yakni Gramedia, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Hingga 2022, Gramedia telah memiliki 114 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media telah melakukan pengembangan usaha, seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan alat tulis, produk multimedia, fancy, alat musik dan olahraga, serta penerbitan.

Selain itu, PT Gramedia Asri Media juga memiliki sejumlah label privat, seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac, dan Millors.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com