Advertorial

Sambut Nataru, PLN Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik hingga Posko Siaga

Kompas.com - 21/12/2022, 13:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menggelar apel Siaga Kelistrikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Kegiatan ini digelar untuk memastikan pasokan listrik aman dan normal pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa kesiagaan kelistrikan yang dilakukan untuk momen tersebut dipersiapkan berdasarkan pengalaman penanganan blackout pada 2019.

“Saat ini, seluruh masyarakat mulai bergerak menyambut Nataru. Ada yang sudah mudik, membuat acara, bahkan berlibur ke berbagai tempat wisata. Dengan demikian, saya meminta kelistrikan di berbagai tempat, terutama gereja, rumah sakit, serta alun-alun, harus andal 100 persen,” Darmawan saat memberikan arahan kepada para karyawan PLN yang mengikuti apel.

Darmawan mengatakan bahwa masa siaga Nataru berlangsung sejak Senin (19/12/2022) sampai Rabu (4/1/2023). Selama periode ini, PLN menyiapkan cadangan daya serta energi primer, seperti batu bara, gas, dan bahan bakar minyak (BBM).

“Cadangan stok batu bara (yang) kami (siapkan bisa memenuhi kebutuhan kelistrikan hingga) di atas 15 hari, bahkan sampai 20 hari operasi,” tuturnya kepada Kompas.com, Selasa.

Selain itu, ia melanjutkan, sejumlah unit PLN, seperti unit pembangkitan, transmisi, dan distribusi telah melakukan perbaikan dan penyempurnaan sebelum Nataru sehingga kelistrikan dapat berjalan tanpa kendala.

PLN juga telah menyiapkan 569 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (PKLU) yang tersebar di 237 lokasi untuk kenyamanan penggunaan kendaraan berbasis baterai. Kemudian, sebanyak 2.571 posko siaga dan posko mudik yang melibatkan 78.000 personel, 6.651 kendaraan, dan 3.378 peralatan pendukung juga telah disiapkan.

Dengan segala persiapan tersebut, Darmawan optimistis, Nataru akan berjalan lancar tanpa kendala kelistrikan.

“Kalau ada masalah teknis sekecil apa pun di lapangan, tolong diselesaikan secepatnya,” pintanya.

Anggota unit PLN menyatakan kesiapan menjaga kelistrikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 
Dok. Kompas.com/ Nada Zeitalini Arani Anggota unit PLN menyatakan kesiapan menjaga kelistrikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Lebih lanjut, Darmawan juga mengarahkan seluruh manajer umum unit induk distribusi di wilayah, manajer cabang, serta manajer ranting untuk melayani pelanggan sebaik-baiknya. Salah satunya, dengan mengoptimalkan aplikasi PLN Mobile.

“Kami terus berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang semula lambat menjadi cepat, yang tadinya berbelit menjadi mudah,” ungkap Darmawan.

Sebagai informasi, berkat pengoptimalan yang dilakukan, PLN Mobile kini mendapat rating 4,8 di PlayStore dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 10 juta.

Darmawan berharap, kualitas pelayanan yang sudah baik dapat ditingkatkan. Dengan demikian, ini dapat menjadi semangat bagi masyarakat yang menikmati dan merayakan Nataru.

“Semoga ini menjadi berkah bagi kami untuk bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya agar perayaan Nataru berjalan lancar,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada petugas melalui PLN Mobile jika mengalami gangguan kelistrikan.

“Kami ucapkan selamat Natal kepada seluruh masyarakat yang merayakan, semoga dalam kondisi aman. Untuk (semua) yang merayakan Tahun Baru, semoga (menjadi) tahun yang lebih berkah bagi Republik Indonesia,” ujar Darmawan.

Sebagai informasi, dalam apel Siaga Kelistrikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 turut dilaporkan kesiapan oleh Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Sumatera (UIP3 BS), Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng), Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim), dan Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) secara daring.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com