Advertorial

Sebanyak 141.000 Pengunjung Ramaikan UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022, BRI Antarkan UMKM Go Global

Kompas.com - 23/12/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menggelar acara UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur. Rangkaian acara ini ditutup secara resmi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (17/12/2022).

Ekshibisi tahunan tersebut diramaikan oleh 141.000 pengunjung. Rinciannya, sebanyak 122.000 pengunjung hadir secara daring melalui situs web brilianpreneur.com dan 19.000 pengunjung hadir langsung di JCC.

UMKM EXPO(RT) merupakan salah satu upaya BRI untuk membuka akses pasar global bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal melalui business matching, bazar daring, pameran, dan showcase.

Kali ini, UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur mengusung tema “BRIngs MSMEs Indonesia To the World” yang merefleksikan semangat BRI untuk mendampingi dan membawa UMKM lokal go global.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan sejumlah capaian membanggakan yang terjadi di ajang UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022.

Ia mengatakan bahwa sebanyak 43 buyers yang berasal dari 20 negara, seperti Malaysia, Belanda, Australia, Kanada, Selandia Baru, Spanyol, Uni Emirat Arab (UAE), dan Meksiko, berhasil menandatangani commitment deal bersama 174 UMKM.

Adapun jumlah business matching yang dilakukan selama acara tersebut mencapai 241 meeting dan mencetak komitmen deal sampai dengan 76,7 juta dollar AS atau setara Rp 1,2 triliun.

“Pencapaian itu menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk bangkit dan bertransformasi dalam menjawab tantangan yang ada," ujar Amam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (22/12/2022).

Sebagai bentuk apresiasi kepada UMKM peserta, BRI juga menyelenggarakan Penganugerahan UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur pada penutupan acara. BRI memberikan penghargaan kepada peserta yang mencatatkan kinerja impresif yang mencakup business matching, best expo, dan UMKM favorit.

UMKM yang memenangkan kategori Top Deals on Business Matching atau peserta dengan deals tertinggi adalah Arva Indonesia sebagai juara 1, Arjuna Citra Indonesia sebagai juara 2, dan Bepahkupi sebagai juara 3.

Arva Indonesia mendapatkan deals tertinggi ketimbang UMKM lain karena berhasil mendapatkan buyers dari Malaysia, Singapura, Australia, Kanada, dan Taiwan.

Sementara itu, kategori Newcomer on Business Matching disabet oleh Bepahkupi sebagai juara 1, Bitchips sebagai juara 2, dan Rinof sebagai juara 3.

Bepahkupi sendiri menjadi UMKM yang mampu memborong dua penghargaan sekaligus dalam UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022.

Kemudian, pemenang kategori Best Expo diraih oleh Cokelat Ndalem dari Yogyakarta dengan produk olahan coklat yang menduduki peringkat pertama, Blankenheim dari Bandung di peringkat kedua, dan Rinof dengan produk sabun pencuci piring di peringkat ketiga.

Kategori tersebut dinilai berdasarkan dari sisi produk, produktivitas, inovasi, dan adaptasi terhadap penggunaan platform digital (go digital dan go online), serta kesiapan melakukan perluasan ke pasar internasional (ekspor).

Selanjutnya, untuk UMKM Favorite on Social Media diraih oleh Cokelatin Indonesia sebagai juara 1, Aulian Kreasi sebagai juara 2, dan Littlemonq sebagai juara 3.

Selain memberikan penghargaan kepada UMKM, BRI juga memberikan penghargaan kepada buyers dengan kategori The Highest Potential Deal dan The Highest Business Matching Activity.

The Highest Potential Deal merupakan penghargaan yang diberikan kepada potential buyers yang memiliki jumlah potential deal terbanyak dengan UMKM selama kegiatan business matching.

Sementara itu, The Highest Business Matching Activity merupakan penghargaan yang diberikan kepada potential buyers yang memiliki jumlah terbanyak atas aktivitas business matching.

Adapun pemenang untuk The Highest Potential Deals adalah Tanivest Pte Ltd dari Malaysia, Eastern Cross Trading Co dari Australia, dan Archipelagi Marketplace Inc.

Kemudian, pemenang The Highest Business Matching Activity diraih oleh Triple Two dari Australia, Ananda Lestari Maju Sdn Bhd dari Malaysia, dan Diaspora Peart dari Australia.

UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur juga jadi momentum bagi BRI untuk mengapresiasi nasabah loyal BRI dalam SME’s Lifetime Achievement Award yang diraih oleh tiga nasabah BRI.

Nasabah tersebut adalah Totok Sukistiyanto dari Kantor Cabang BRI Ungaran yang telah menjadi nasabah BRI selama 31 tahun, Dewa Putu Edi Putra telah menjadi nasabah BRI selama 42 tahun di Kantor Cabang BRI Parigi, dan Melkianus Lubalu dari Kantor Cabang BRI Waikabubak telah menjadi nasabah BRI selama 30 tahun.

Terakhir, untuk memeriahkan closing ceremony, BRI juga memberikan penghargaan melalui program Pengusaha Muda Brilian 2022. Program inkubasi bisnis ini telah dilaksanakan sejak Mei 2022.

Adapun UMKM yang memenangkan penghargaan adalah Kaind dari Jakarta dengan produk sustainable fashion sebagai juara 1, Nana Baby Carrier perwakilan UMKM Yogyakarta dengan produk gendongan bayi sebagai juara 2, dan Ppuff! dari Bandung dengan produk healthy snack sebagai juara 3.

Selain memperoleh apresiasi dan hadiah, BRI juga mendukung dengan memberi pinjaman dengan suku bunga nol persen bagi pemenang UMKM Award Brilianpreneur kategori Newcomer on Business Matching, UMKM Best Expo, dan Pengusaha Muda Brilian 2022.

Amam menambahkan bahwa kemeriahan UMKM (EXPO)RT BRIlianpreneur begitu terasa, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini tidak terlepas dari beragam promosi yang dilakukan BRI agar buyers melirik potensi produk UMKM lokal yang memiliki keunikan sekaligus daya saing untuk masuk dalam pasar global.

Kemeriahan juga terasa dari antusiasme pengunjung untuk berbelanja melalui berbagai metode transaksi yang disediakan oleh BRI.

BRI menargetkan, transaksi produk UMKM di acara UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022 dapat menyentuh Rp 15 miliar.

Jumlah nilai transaksi yang tinggi di acara tersebut didukung sejumlah promosi produk UMKM di bazaar online via e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan PaDi UMKM. Selain itu, tersedia juga diskon pembelian produk yang menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI.

Anda yang ingin menyaksikan berbagai produk UMKM dapat mengunjungi Pameran dan Expo UMKM (EXPO)RT BRIlianpreneur. Pameran ini masih berlangsung hingga 31 Desember 2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com