Advertorial

Indonesia Giving Fest 2022 Jadi Wadah Interaksi Masyarakat dan OPZ

Kompas.com - 23/12/2022, 14:47 WIB

KOMPAS.com – Diskusi Ruang Tengah yang diselenggarakan Forum Organisasi Zakat (FOZ) mengajak masyarakat dan media untuk berinteraksi secara langsung dengan Gerakan Zakat melalui Indonesia Giving Fest (IGF) - Zakat Expo 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, mulai Jumat (23/12/2022) sampai Minggu (25/12/2022).

Ajakan tersebut bertujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi terhadap pengelolaan dana zakat melalui berbagai program dan dampak yang dilahirkan dalam pengentasan kemiskinan.

Festival kebaikan pertama dan terbesar di Indonesia tersebut akan menampilkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang merupakan anggota FOZ dengan berbagai program unggulan yang dikelola melalui Gerakan Zakat.

Pengurus FOZ Udhi Tri Kurniawan mengatakan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan berbagai portofolio program kebaikan dari 199 OPZ anggota FOZ.

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan eksposur dari Gerakan Zakat dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat,” ujar Udhi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (22/12/2022).

Udhi melanjutkan, diskusi Ruang Tengah yang digelar pada Rabu (21/12/2022) mengangkat tema “Showing Impact of Giving”. Hal ini dimanfaatkan sebagai wadah untuk berjejaring antara pelaku pengelolaan zakat dan masyarakat luas.

“Selain menampilkan berbagai portofolio program OPZ, Indonesia Giving Fest akan menjadi ruang networking antara pengelola zakat dan masyarakat. Dengan demikian, acara tersebut sekaligus menjadi upaya literasi terhadap Gerakan Zakat kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengapresiasi pagelaran IGF Zakat Expo 2022. Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk melihat langsung dampak tersebut di gelaran tersebut.

Brand Management Division Head Rumah Zakat Agustin Santriana mengatakan, Rumah Zakat sebagai salah satu OPZ anggota FOZ memiliki program unggulan, yakni Desa Berdaya.

“Program tersebut merupakan pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta kesiapsiagaan bencana melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, dan donatur Rumah Zakat,” papar Agustin.

Dalam kesempatan sama, Direktur Marcomm dan Network BSI Maslahat menjelaskan, pihaknya memiliki program di bidang pendidikan, yakni BSI Scholarship.

Lewat program tersebut, pihaknya, tidak hanya memberikan beasiswa, tapi juga program pembinaan untuk membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter dan amanah

“Program tersebut diharapkan dapat membentuk pemimpin teladan yang berkontribusi dalam industri ekonomi syariah,” ujar Maslahat.

Sementara itu, salah satu influencer yang aktif di media sosial, Aliyah Sayuti, membagikan pengalamannya sekaligus menjelaskan berbagai dampak positif dari Gerakan Zakat. Menurutnya, literasi terhadap gerakan zakat, infak, dan sedekah seharusnya sudah diajarkan sejak dini.

“Dari situ, kita akan merasakan bahwasannya berbagi itu bukan untuk orang lain, akan tetapi (dapat menjadi) kebahagiaan bagi diri kita sendiri,” kata Aliyah.

IGF - Zakat Expo 2022 memiliki berbagai rangkaian kegiatan lain, seperti kajian, konferensi, networking session, social empowerment competition, live donation, charity concert, dan Zakat Award 2022. Jadi, segera daftarkan diri dan ikuti acaranya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com