Advertorial

Tingkatkan Kenyamanan Pengguna, TikTok Hadirkan 2 Fitur Baru pada Aplikasinya

Kompas.com - 27/12/2022, 15:33 WIB

KOMPAS.com – Platform digital, TikTok, memperkenalkan dua fitur untuk membantu meningkatkan produktivitas penggunanya, yakni Manajemen Waktu Layar dan Pengaturan Privasi. Kehadiran kedua fitur ini bertujuan untuk mendorong pengguna agar lebih bijak dan baik dalam menggunakan TikTok.

Dengan begitu, pengguna bisa merasakan #BenerSerunya saat mengunggah konten di platform TikTok.

Adapun fitur Manajemen Waktu Layar dihadirkan untuk menyeimbangkan aktivitas digital melalui pengaturan waktu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Lewat fitur ini, pengguna juga dapat melihat durasi waktu mengakses TikTok melalui dasbor waktu layar.

Kreator Agnes Jennifer melalui unggahan videonya di akun TikTok @agnes_jennifer mengatakan, fitur terbaru TikTok tersebut memiliki segudang manfaat.

“Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengelola aktivitas digitalmu. Saat break, kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan penting yang diinginkan. Pokoknya, TikTok #BenerSerunya,” ujar Agnes dalam video unggahannya.

Cara menggunakan fitur tersebut cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke “Pengaturan” dan memilih opsi “Manajemen Waktu Layar”. Kemudian, pengguna tinggal menentukan durasi waktu penggunaan sesuai yang diinginkan.

Untuk Pengaturan Privasi, fitur ini tak jauh berbeda dengan fitur sejenis pada aplikasi berbagi konten lain. Lewat fitur itu, pengguna bisa mengeset akun dalam mode privat. Dengan demikian, video unggahan hanya bisa dilihat oleh pengikut akun pengguna saja. Sebagai catatan, semua akun pengguna di bawah 16 tahun diset menjadi privat secara default.

Sementara, akun yang berada pada mode publik, profil dan videonya dapat dilihat oleh semua orang pengguna TikTok.

Fitur Pengaturan Privasi juga dapat menentukan siapa saja yang bisa memberi komentar pada postingan. Untuk akun di bawah 16 tahun, pilihannya hanya dua, yakni “Hanya Teman” atau “Tak Seorang Pun”.

Hal lain yang dapat diatur dalam fitur Pengaturan Privasi adalah memblokir akun, menghapus pengikut, menentukan pengaturan unduhan video, serta menentukan pengaturan Duet dan Stitch.

Untuk mengaktifkan fitur Pengaturan Privasi cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk opsi “Profile” dan klik opsi tiga garis yang berada di kanan atas.

Setelah itu, pilih opsi “Privasi” dan sesuaikan pengaturan mode sesuai keinginan.

Itulah dua fitur dari TikTok yang dihadirkan untuk membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Sebagai informasi, saat ini, TikTok mengajak publik untuk mengikuti hashtag challenge #BenerSerunya2022.

Lewat challenge tersebut, TikTok menyediakan total hadiah hingga jutaan rupiah untuk pengguna yang berbagi cerita positif dan menunjukkan momen terserunya pada 2022 dengan menggunakan tagar #BenerSerunya2022.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com