Advertorial

Libur Akhir Tahun, Konsumsi BBM Dex Naik hingga 33 Persen

Kompas.com - 28/12/2022, 19:28 WIB

KOMPAS.com – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencatat kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta selama libur Natal 2022.

Berdasarkan catatan Satuan Tugas (Satgas) Pertamina Patra Niaga, pada puncak arus mudik Natal, Sabtu (24/12/2022), konsumsi produk Dex mengalami peningkatan hingga 33 persen dan Pertamax naik hingga 22 persen jika dibandingkan Oktober 2022.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Dwi Puja Ariestya mengatakan, penjualan gasolin (bensin) dan gasoil tertinggi terjadi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di sepanjang tol Trans-Jawa.

Pada jalur tersebut, penjualan bensin melonjak hingga 190 persen, yaitu dari 91 kiloliter per hari (kl/hari) menjadi 191 kl/hari. Sementara itu, konsumsi gasoil naik sebesar 58 persen, yakni dari 119 kl/hari menjadi 150 kl/hari.

“Kenaikan itu sudah diprediksi. Pasalnya, area Jateng merupakan titik ideal untuk pengisian kendaraan yang telah menempuh jarak lebih dari 250 kilometer (km) dari Jakarta,” ujar Ari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/12/2022).

Ari menjelaskan, guna mengantisipasi antrean di SPBU, pihaknya menambahkan sembilan titik Kios Siaga Pertamina, 87 unit Pertamina Delivery Service (PDS) atau motoris untuk jalur nontol, enam unit PDS atau motoris untuk jalur tol, serta 58 SPBU Kantong.

Sementara itu, Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Ego Syahrial mengatakan bahwa pihaknya memastikan pasokan BBM serta liquefied petroleum gas (LPG) aman selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

“Saya menginstruksikan seluruh perwira Pertamina yang bertugas untuk dapat melayani kebutuhan BBM dan LPG masyarakat, terutama pada jalur wisata,” ujar Ego saat melakukan kunjungan kerja ke SPBU KM 252 Tol Pejagan-Pemalang, Jateng, Selasa (27/12/2022).

Sebagai informasi, pada kunjungan tersebut, Ego turut didampingi Komisaris Independen Pertamina Patra Niaga Wahyu Indra Pramugari dan Direktur Pemasaran Regional Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra.

Mars Ega menambahkan, stok energi, khususnya BBM, berada dalam kondisi yang aman.

“Masyarakat tidak perlu (merasa) khawatir (kehabisan BBM) karena Pertamina Patra Niaga selalu siaga menyiapkan bahan bakar, khususnya pada periode Natal dan Tahun Baru 2023,” kata dia.

Untuk diketahui, selain memantau kesiapan tim Satgas Pertamina di jalur tol, Pertamina Patra Niaga juga memberikan bingkisan kepada operator SPBU dan konsumen Pertamina yang tengah mengisi BBM di SPBU KM 252 dan SPBU KM 287.

Acara tersebut juga diisi dengan pemberian bantuan secara simbolis dari program corporate social responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga kepada Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia (GKPII) Kidron Kemijen.

“Semoga bantuan tersebut dapat menjadi berkah dan bermanfaat,” imbuh Mars Ega.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com