Advertorial

Tugu Insurance Kembali Raih Peringkat Rating A- dari Perusahaan Pemeringkat AS

Kompas.com - 29/12/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com – Jelang akhir 2022, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berhasil mempertahankan predikat The Financial Strength Rating A- (Excellent) dan The Long-Term Issuer Credit Rating of A- (Excellent) dari lembaga pemeringkat asal Amerika Serikat (AS), A.M. Best.

Dengan capaian tersebut, Tugu Insurance berhasil meraih peringkat Rating A- (Excellent) dari A.M. Best selama 7 tahun berturut-turut, yakni dari 2016 hingga 2022.

Selain itu, capaian tersebut juga menjadikan Tugu Insurance sebagai satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

Sebagai informasi, A.M. Best adalah lembaga pemeringkat kredit global, penerbit berita, dan penyedia analisis data dengan spesialisasi industri asuransi.

Perusahaan tersebut berdiri sejak 1899 dan memiliki kantor pusat di AS. Hingga saat ini, A.M. Best telah berbisnis di lebih dari 100 negara dengan kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura, dan Mexico City.

Setiap tahun, A.M. Best memberikan penilaian kepada lebih dari 16.000 perusahaan asuransi di seluruh dunia.

Rating A- yang diberikan A.M. Best kepada Tugu Insurance mencerminkan kekuatan neraca keuangan perusahaan yang sehat, kinerja operasional yang kuat, profil bisnis yang netral, dan manajemen risiko perusahaan yang tepat.

Peringkat tersebut juga mempertimbangkan dampak netral dari entitas induk mayoritas utama perusahaan, yakni PT Pertamina (Persero).

Presiden Direktur Tugu Insurance Tatang Nurhidayat mengatakan, kekuatan neraca Tugu Insurance didukung oleh risk-adjusted capitalization yang diukur dengan rasio kecukupan modal atau best’s capital adequacy ratio (BCAR) yang berada pada level terkuat.

Selain itu, kecukupan modal tersebut juga didukung oleh net underwriting leverage yang rendah dan peningkatan modal internal yang berkelanjutan.

“Rasio solvabilitas Tugu Insurance juga dinilai jauh di atas persyaratan minimum oleh A.M. Best. Ini berkat faktor neraca yang baik dengan dukungan tingkat risiko investasi yang moderat,” ujar Tatang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Tugu Insurance, lanjut Tatang, juga memiliki penggunaan reasuransi yang tinggi untuk mendukung penjaminan risiko komersial yang besar, termasuk untuk bisnis penerbangan dan energi. Sebagian besar aset reasuransi tersebut pun dinilai memiliki kualitas kredit yang baik.

“Berkat prestasi tersebut, Tugu Insurance berhasil mempertahankan predikat A- (Excellent) 7 tahun berturut-turut. Ini jadi bukti kekuatan keuangan dan keberhasilan implementasi strategi perusahaan untuk terus tumbuh sambil tetap memperhatikan tingkat risikonya, baik untuk mempertahankan keberlanjutan maupun pengembangan usaha,” jelas Tatang.

Tatang menambahkan, Tugu Insurance akan selalu melakukan inovasi melalui pengembangan produk hingga layanan asuransi berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Terus berinovasi dan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam menerapkan manajemen risiko adalah kunci Tugu Insurance untuk terus berkembang. Berkat itu pula, kami mampu menjawab berbagai peluang ataupun tantangan yang ada di industri asuransi” ucap Tatang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com