Advertorial

Kenapa Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE Jadi Laptop Ultimate Para Kreator Konten?

Kompas.com - 29/12/2022, 16:50 WIB

KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda, jumlah kreator konten meningkat pesat. Hal ini tidak hanya didorong oleh pembatasan sosial yang memaksa semua orang untuk tetap di dalam rumah, tetapi juga karena potensi dan pasar kreator konten yang besar.

Selain itu, arus digitalisasi saat ini yang kian berkembang pesat menjadikan kreator konten sebagai profesi yang tetap menjadi profesi yang populer pada 2022.

Kreator konten membutuhkan perangkat komputasi, seperti laptop, yang berbeda dari profesi lainnya. Profesi ini membutuhkan laptop dengan performa mumpuni yang bisa mengampu fitur-fitur yang dibutuhkan.

Tak heran, berbagai perusahaan teknologi kini membuat laptop khusus kreator konten dengan desain dan fungsi khusus.

Dari semua laptop khusus kreator konten di pasaran, ASUS Zenbook Pro 14 Duo Organic Light Emitting Diodes (OLED) UX8402ZE dinilai menempati kasta tertinggi. Pasalnya, seluruh aspek laptop ini dirancang khusus untuk menunjang profesi kreator konten.

Lantas, apa saja keunggulan ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE? Simak penjelasan berikut.

  1. Kualitas layar kaya warna dengan teknologi ASUS OLED

-Dok. Asus -

Selain performa kencang, kreator konten juga membutuhkan laptop yang mampu menghadirkan kualitas visual terbaik. Kualitas visual dapat direpresentasikan melalui tingkat reproduksi dan akurasi warna, serta dukungan fitur seperti high dynamic rate (HDR). Menjawab kebutuhan ini, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE hadir dengan layar utama ASUS OLED.

ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik Asus saat ini. Layar ini memiliki resolusi tinggi yang telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi, dan inovasi yang mampu menampilkan visual kaya warna, tajam, akurat, serta tidak merusak kesehatan mata.

Rasio layar tersebut pun menghadirkan ruang kerja yang luas sehingga pengguna dapat beraktivitas secara lebih leluasa.

Layar ASUS OLED sendiri memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar ini juga mendukung teknologi HDR yang telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh layar dijamin akurat dan sesuai dengan yang ingin ditampilkan oleh konten kreator.

Layar ASUS OLED di Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE sendiri hadir dengan resolusi 2,8K dan refresh rate hingga 120 hertz (Hz). Layar ini juga memiliki response time ultra yang cepat, yakni hingga 0,2 millisecond (ms) yang cocok untuk bidang animasi dan videoediting.

Disematkan pula fitur ASUS OLED Care pada layar ASUS OLED yang dapat mencegah efek screen retention dan burn-in sehingga membantu meningkatkan durabilitas layar secara keseluruhan. Fitur ini dapat diakses dan diatur secara langsung melalui aplikasi MyASUS yang telah terpasang di Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE.

Selain itu, ASUS OLED juga dibekali fitur Eye Care yang memungkinkan pengurangan spektrum cahaya biru secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Fitur ini dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

ASUS OLED pun telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Dengan performa layar tersebut, pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

  1. Layar ganda dan panel kontrol

Layar ganda ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE. Dok. Asus Layar ganda ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE.

Kreator konten cenderung multitasking saat menggunakan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. Untuk menunjang gaya kerja ini, dibutuhkan ruang kerja yang luas, baik dari segi ukuran, resolusi, maupun jumlah layar.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dapat menjadi pilihan karena memiliki layar ganda dengan desain dan fungsionalitas yang baik. Laptop berukuran 14,5 inci ini memiliki layar ganda dengan layar kedua bernama ScreenPad Plus berukuran 12,7 inci dan resolusi 2880 x 864 piksel.

ScreenPad Plus juga mendukung penggunaan ASUS Pen 2.0, yaitu stylus dengan 4096 pressure level yang telah menggunakan Microsoft Pen Protocol 2.0. Perangkat ini memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang jauh lebih baik dari generasi stylus sebelumnya.

Terdapat fitur unik pada ScreenPad Plus yang tidak ditemui pada laptop merek lain, yakni Control Panel. Fitur ini memungkinkan ScreenPad Plus ditransformasikan menjadi panel kontrol saat membuka aplikasi kreatif dari Adobe.

Panel kontrol tersebut juga dapat dikustomisasi dan terintegrasi langsung dengan perangkat lunak Adobe Photoshop, Lightroom Classic, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effect. Pengguna juga dapat menikmati layanan Adobe Creative Cloud secara gratis selama tiga bulan.

Layar ganda ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dilengkapi dengan ScreenXpert, fitur yang memudahkan pengguna untuk multitasking. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan manajemen aplikasi secara mudah, bahkan tanpa tetikus ataupun touchpad.

ScreenXpert juga memudahkan pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE untuk mengatur posisi jendela aplikasi melalui fitur touchscreen. Dengan begitu, multitasking menjadi semakin mudah dan intuitif.

  1. Performa jempolan dengan prosesor 12th Gen Intel Core H-Series

Prosesor 12th Gen Intel® Core? H-Series pada ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE. Dok. Asus Prosesor 12th Gen Intel® Core? H-Series pada ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE.

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE tidak akan hadir sebagai laptop ultimate para kreator konten jika tidak dibekali dengan hardware terbaik. Asus membekali laptop ini dengan 12th Gen Intel® Core™ i7 H-Series processor terbaru, yaitu prosesor yang biasa digunakan pada laptop gaming.

Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi dan arsitektur terbaru dengan menggabungkan performance-core (P-core) dan efficiency-core (E-core), serta Intel Thread Director. Dengan kombinasi ini, pemrosesan data dan instruksi dapat dilakukan secara efisien, tetapi tetap menghasilkan performa yang powerful.

Dengan prosesor termutakhir, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE juga didukung oleh random access memory (RAM) double data rate (DDR) tipe 5 dan konektivitas peripheral component interconnect express (PCI-e) generasi 4.0, dan Intel Quick Sync.

Perangkat tersebut pun sudah menggunakan memori low power double data rate 5 (LPDDR5) berkapasitas 16 gigabita (GB) dan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1 terabita (TB). Ada pula Intel Quick Sync, yang membuat laptop tersebut menjadi powerful, terutama saat memproses video.

Selain itu, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE juga dibekali cip grafis NVIDIA GeForce RTX 3050Ti dengan memori terdedikasi sebesar 4 GB yang memiliki fitur grafis modern real-time ray-tracing.

  1. Memiliki sistem pendingin yang powerful

Dengan perangkat keras termutakhir, dibutuhkan sistem pendingin khusus agar performa laptop tidak terganggu. Oleh karena itu, Asus membekali Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dengan sistem pendingin AAS Ultra terbaru yang membuat layar kedua laptop terangkat saat digunakan.

AAS Ultra menggunakan mekanisme engsel khusus sehingga posisi layar kedua dapat membentuk sudut yang optimal untuk digunakan. Saat layar terangkat, terdapat rongga udara ekstra.

Berkat rongga udara ekstra tersebut, sistem pendingin Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dapat bekerja secara optimal. Dengan dua kipas yang kencang, seluruh komponen dapat didinginkan dengan baik.

  1. Desain ringkas dan portabel

Desain ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE yang ringkas dan portabel. Dok. Asus Desain ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE yang ringkas dan portabel.

Dengan dua layar touchscreen, prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7, cip grafis NVIDIA GeForce RTX 3050Ti, dan sistem pendingin, Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE sering dianggap sebagai laptop yang besar dan berat. Namun, kenyataannya tidak demikian. Laptop berukuran 14,5 inci ini justru ringkas dan portabel.

Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE memiliki ketebalan tak lebih dari 1,96 sentimeter (cm) dengan bobot 1,75 kilogram (kg). Hingga kini, perangkat ini merupakan laptop dua layar paling ringkas.

Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE juga didukung oleh fitur universal serial bus (USB) power delivery sehingga pengisian daya laptop bisa menggunakan adapter ataupun power bank USB tipe C.

  1. Konektivitas lengkap

Sebagai laptop tren masa kini, Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dibekali porta lengkap yang meliputi HDMI, 3,5 milimeter (mm) combo audio jack, dan USB tipe A.

Laptop tersebut juga memiliki dua porta USB Type-C Thunderbolt™ 4 yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi, dukungan penggunaan berbagai perangkat profesional, dan pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery. Fitur ini juga memungkinkan laptop untuk dapat terhubung ke monitor beresolusi tinggi.

Dari sisi konektivitas nirkabel, Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE hadir dengan Bluetooth 5 dan Wi-Fi 6E atau 802.11ax sehingga dapat terhubung ke jaringan nirkabel berkecepatan 6 gigahertz (GHz). Ada pula fitur ASUS Wi-Fi Master yang memungkinkan laptop bisa memilih untuk terkoneksi ke access point dengan kualitas sinyal Wi-Fi paling baik.

Berkat fitur tersebut, pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat beraktivitas secara lebih produktif tanpa terganggu dengan kualitas sinyal Wi-Fi yang buruk.

Itulah enam keunggulan laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE. Dengan teknologi mutakhir dan desain yang ringkas, laptop ini cocok jadi perangkat ultimate para kreator konten.

Sebagai informasi, laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE sudah tersedia di toko elektronik terdekat. Laptop ini dibanderol seharga Rp 33.999.000 untuk kapasitas 512 GB SSD dan Rp 35.999.000 untuk kapasitas 1 TB SSD. ASUS juga memberikan 2 tahun garansi global dan 1 tahun garansi ASUS VIP Perfect Warranty.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com