Advertorial

Persiapan Tahun Baru, Pertamina Perkuat Pertashop untuk Suplai BBM dan LPG di Jalur Sulit

Kompas.com - 29/12/2022, 16:55 WIB

KOMPAS.com - Pertamina terus memperkuat Pertashop untuk menyuplai bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) di kawasan yang sulit diakses.

Pertashop sendiri menjadi andalan Pertamina untuk mendistribusikan BBM ke perdesaan dan wilayah yang memiliki potensi bencana selama liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono mengatakan, kehadiran Pertashop akan memperkuat keandalan suplai BBM dan LPG di masyarakat, khususnya di jalur yang sulit akses ke stasiun pengisian bahan bakar (SPBU).

Hal itu ia sampaikan saat meninjau langsung outlet Pertashop 3P.46109 di Kecamatan Ciheras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), Rabu (28/12/2022).

"Kalau dilihat, Pertashop menjadi salah satu outlet untuk memperkuat SPBU. Bersama SPBU, Pertashop diharapkan bisa membantu keandalan suplai BBM di masyarakat," ujar Erry dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Erry pun mengapresiasi kehadiran Pertashop, khususnya di jalur Pantai Selatan (Pansela), Jabar. Pasalnya, jalur ini termasuk ke dalam salah satu jalur yang memiliki potensi rawan bencana.

Pada kesempatan sama, Senior Vice President Logistics Integration and Optimization Pertamina Arief Kurnia Risdianto menyampaikan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pertamina telah memastikan kelancaran distribusi BBM, khususnya di wilayah dengan akses yang sulit.

"Kami memastikan seluruh stok BBM dan LPG di SPBU ataupun Pertashop mencukupi dan siap didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur Nataru 2023,” ujar Arief.

Hingga saat ini, terdapat 7 Pertashop, 11 SPBU, dan 11 agen LPG public service obligation (PSO) di Pansela yang meliputi Kabupaten Garut, Tasikmalaya, serta Pangandaran.

Sementara di area retail Bandung, terdapat 20 motorist, 1 modular, 8 SPBU Kantong, 53 SPBU Siaga, serta 4 Supporting Outlet Pelumas.

Untuk agen dan pangkalan siaga, terdapat 386 agen LPG PSO Siaga, 9.824 pangkalan LPG Siaga, 41 agen LPG non-PSO Siaga, dan 3.162 subagen LPG non-PSO Siaga.

Jika terdapat pengaduan terkait ketersediaan BBM dan LPG, masyarakat bisa menghubungi Pertamina Call Center 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com