Advertorial

Diserahkan Wapres, Pertamina Borong 20 Proper Emas dan Raih Green Leadership

Kompas.com - 29/12/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) bersama beberapa anak usahanya berhasil meraih 20 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2022 kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Tak hanya itu, Kementerian LHK juga memberikan penghargaan Green Leadership Utama kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebagai pimpinan tertinggi yang perusahaannya memperoleh peringkat emas.

Untuk diketahui, Nicke dipilih sebagai Green Leadership Utama karena dinilai telah berhasil memenuhi beberapa kriteria. Sebut saja, mengelola energi baru terbarukan, mengelola air secara bertanggung jawab dan tersedia untuk semuanya, mengelola sumber daya alam serta masyarakat yang terkena dampak dari aktivitas produksi dan jasa, serta mengelola limbah dengan baik.

Kemudian, lingkungan bebas dari pencemaran, membangun fisik infrastruktur untuk menjaga kesehatan ekosistem dan komunitasnya, memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, dan memperlakukan secara adil dan tidak mendiskriminasi.

Adapun penganugerahan Proper Emas dan Green Leadership itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Wapres mengatakan, penghargaan Proper ditujukan untuk mendorong setiap aktivitas bisnis industri agar tidak sekadar memenuhi ketaatan peraturan lingkungan hidup, tetapi juga untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan ekonomi hijau.

“Saya ucapkan selamat kepada perusahaan penerima anugerah Proper, terutama peringkat Emas, dan para chief executive officer (CEO) yang menerima penghargaan Green Leadership,” ujar Wapres dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Menurutnya, kinerja perusahaan yang menerima Proper Emas telah terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Para CEO yang menerima penghargaan pun merupakan inspirasi dan menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa.

“Utamanya, dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” katanya.

Sementara itu, Siti Nurbaya mengatakan, terdapat 3.200 unit entitas perusahaan yang mengikuti ajang tersebut dengan berbagai peringkat, di antaranya 51 perusahaan peringkat Emas, 170 perusahaan peringkat Hijau, 2031 perusahaan peringkat Biru, 887 perusahaan peringkat Merah, 2 perusahaan peringkat Hitam, serta 59 perusahaan yang tidak dapat diumumkan karena masih dalam proses penegakkan hukum dan tidak lagi beroperasi. 

Siti Nurbaya menjelaskan, Proper merupakan program pemerintah terhadap kinerja lingkungan perusahaan atas upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Penilaian Proper dilakukan oleh dewan pertimbangan Proper yang imparsial dan independen serta beranggotakan akademisi dan tokoh masyarakat.

“Dengan variabel penilaian yang berkembang dari waktu ke waktu, dari tahun ke tahun, yang ditetapkan dan disusun secara konseptual, menghasilkan para penerima pada hari ini. Selamat kepada penerima, semoga bisa semakin menginspirasi perusahaan lain,” jelasnya.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan, keberhasilan memborong 20 Proper Emas merupakan wujud dari komitmen Pertamina dalam menjalankan usaha yang berbasis pada kepedulian lingkungan dan menerapkan konsep green idustry.

Menurutnya, raihan tersebut pun menjadi bentuk apresiasi dan motivasi untuk anak usaha maupun unit operasi Pertamina yang lain agar bisa meraih penghargaan Proper Emas di waktu mendatang.

“Penghargaan ini juga bisa menjadi daya tarik dan kepercayaan investor untuk menjalankan bisnis bersama Pertamina secara hijau untuk perkembangan dunia usaha ke depan, mengurangi emisi, dan mendukung program-program hijau pemerintah," jelas Brahmantya.

Berikut daftar perusahaan Pertamina Group yang mendapat Proper Emas.

  • PT Kilang Pertamina Internasional Refenery unit 3 Plaju
  • PT Pertamina Geothermal Energi area Ulubelu
  • PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus DPPU Ngurah Rai
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Rewulu
  • PT Pertamina Geothermal Energy area Kamojang
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT DPPU Adi Soemarmo
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Terminal Boyolali 
  • PT Kilang Pertamina Internasional Refinery unit 7 Kasim 
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Terminal Maos 
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Integrated Terminal Semarang
  • PT Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore 
  • PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur daerah operasi bagian selatan
  • PT Pertamina Hulu Sanga Sanga
  • PT Badak NGL
  • PT Pertamina Gas area Kalimantan SKG Bontang
  • PT Pertamina Asset 5 Field Bunyu
  • PT Pertamina Asset 5 Field Tarakan
  • PT Kilang Pertamina Internasional Refinery unit 2 Produksi Sungai Pakning
  • PT Polytama Propindo

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com