Advertorial

AVO Ciptakan Lingkungan Kerja yang Ramah bagi Working Mom

Kompas.com - 30/12/2022, 13:58 WIB

KOMPAS.com – Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri kecantikan, AVO Innovation Technology memiliki banyak karyawan perempuan yang juga berperan sebagai ibu (working mom).

Di sisi lain, kesetaraan gender di tempat kerja merupakan salah satu nilai yang dikedepankan AVO. Dengan nilai itu, AVO berkomitmen untuk mendukung perempuan agar dapat mengembangkan karier dan prestasi di tempat kerja sekaligus menjalankan peran sebagai ibu.

Sebagai tempat kerja yang memiliki value women empowerment, AVO memiliki beragam kebijakan dan fasilitas yang mendukung perempuan, terutama para ibu pekerja. Berikut ulasannya. 

  1. Fasilitas kids room

Fasilitas tersebut dihadirkan bagi ibu pekerja yang menerapkan pola bekerja dari kantor atau work from office (WFO). Dengan fasilitas ini, ibu pekerja dapat tetap tenang dan nyaman ketika membawa anak ke kantor.

Kids room diharapkan dapat menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain, berkreativitas, dan beristirahat tanpa merasa khawatir jauh dari orangtua. Sebaliknya, para orangtua pun tetap dapat bekerja tanpa kehilangan waktu bersama anak. Kondisi ini pun diharapkan dapat mendukung proses tumbuh kembang anak.

Selain kids room, AVO juga menyediakan ruang laktasi yang memudahkan ibu untuk menyusui anak. Di ruang ini, ibu menyusui juga dapat melakukan pumping untuk menambah stok air susu ibu (ASI).

Kemudian, AVO juga menyediakan fasilitas dapur (pantry) agar para working mom bisa menyajikan makan siang untuk anak.

Berbagai fasilitas tersebut merupakan bukti nyata dukungan AVO dalam pengimplementasian Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Permen PPPA) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyediaan Sarana Kerja yang Responsif Gender dan Peduli Anak di Tempat Kerja.

  1. Sistem kerja fleksibel

Sistem kerja fleksibel atau flexible working yang ditawarkan AVO memungkinkan working mom untuk bekerja dari mana pun tanpa harus datang ke kantor.

Sebagai contoh, ketika terjadi hal mendesak terkait keluarga atau anak, working mom dapat menerapkan pola bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

  1. Cuti hamil dan melahirkan

Selain cuti tahunan, para ibu di kantor AVO juga berhak mendapatkan cuti hamil dan melahirkan selama tiga bulan. Selama cuti, mereka akan dibebastugaskan sehingga dapat mengurus buah hati secara penuh.

  1. Tunjangan persalinan

Sebagai bentuk dukungan kepada working mom, para ibu yang bekerja di AVO ataupun istri dari suami yang bekerja di AVO akan mendapatkan tunjangan persalinan ketika melahirkan.

  1. Cuti family trip

Demi mendukung working mom agar memiliki kedekatan dan keharmonisan dalam keluarga, AVO memberikan cuti sebanyak lima hari bagi karyawan All Star. 

Fasilitas kids room di AVO dapat menjadi tempat bermain anak.Dok. AVO Fasilitas kids room di AVO dapat menjadi tempat bermain anak.

Itulah lima fasilitas dan kebijakan yang bisa didapatkan working mom di AVO. Salah satu karyawan AVO, Annisa Amalia, menilai bahwa fasilitas dan kebijakan itu telah membantunya melewati proses adaptasi ketika menjadi ibu muda.

“Semenjak status saya berubah menjadi seorang ibu yang tetap memilih untuk bekerja, saya membutuhkan proses adaptasi. Proses ini bisa dilewati dengan nyaman di AVO,” ujar Annisa dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (29/12/2022)

Perempuan yang menjabat sebagai Head of People and Culture itu mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen penuh untuk mendukung working mom, baik untuk menerapkan WFO maupun WFH.

So, as a working mom at AVO, It's a bit challenging but also fun!” imbuh Annisa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com