Advertorial

Berkomitmen Jaga Kelestarian Lingkungan, Pertamina Patra Niaga Raih 6 Emas dan 50 Hijau di Ajang Proper 2022

Kompas.com - 30/12/2022, 17:42 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina Patra Niaga berhasil memborong 6 predikat Emas dan 50 predikat Hijau atau Green Leadership pada ajang penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) 2022 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sebagai informasi, predikat Emas atau Proper Emas diberikan kepada perusahaan yang berhasil melaksanakan pengelolaan lingkungan dalam operasional bisnis, serta melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Penganugerahan Proper Emas dan Green Leadership diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin yang didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Ma’ruf mengatakan, penghargaan Proper ditujukan guna mendorong setiap aktivitas bisnis di industri untuk tak hanya sekadar memenuhi ketaatan peraturan lingkungan hidup, tetapi juga melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan ekonomi hijau.

Ma'ruf pun turut mengucapkan selamat kepada perusahaan penerima anugerah Proper. Menurutnya, kinerja perusahaan penerima Proper Emas telah terbukti sebagai yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan.

“Para pemenang adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen perusahaan dalam mendukung program-program hijau yang dijalankan pemerintah serta penerapan bisnis yang lebih ramah lingkungan.

“Raihan 6 Proper Emas dan 50 Proper Hijau (menjadi) bukti bahwa Pertamina Patra Niaga memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasional,” ujar Alfian.

Ia juga mengapresiasi semangat dan kerja keras wilayah operasi Pertamina Patra Niaga yang selalu berkomitmen menjaga keseimbangan lingkungan dalam setiap proses bisnis.

“Saya sangat bangga kepada unit lokasi yang berhasil meraih Proper Emas dan Proper Hijau. Penilaian ini akan menjadi standar dan acuan yang komprehensif bagi seluruh unit lokasi di Pertamina Patra Niaga selaku Subholding Commercial Trading PT Pertamina (Persero) dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat sekitar,” kata Alfian

Raihan tersebut, sambungnya, juga akan menjadi pemecut bagi perusahaan untuk tetap menjaga kelancaran aspek operasional di lapangan.

Sebagai informasi, penghargaan Proper Emas diraih oleh unit operasi Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusa Tenggara (NTT), serta Regional Jawa Bagian Tengah. Rinciannya, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, Bali; Fuel Terminal Rewulu, Daerah Keistimewaan Yogyakarta (DIY); dan DPPU Adi Soemarmo, Boyolali, Jatim.

Kemudian, Fuel Terminal Boyolali, Jatim; Fuel Terminal Maos, Jawa Tengah (Jateng); dan Integrated Terminal Semarang, Jateng.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com