Advertorial

Dukung Startup Indonesia, Microsoft Berikan Sokongan Teknologi dan Dana untuk LLV

Kompas.com - 06/01/2023, 19:33 WIB

KOMPAS.com – Ventura korporasi Land Living Lab Ventures (LLV) kembali meraih apresiasi dari institusi digital internasional Microsoft. Apresiasi ini berupa pemberian dana bantuan sebesar 300.000 dollar AS melalui program Startups Founders Hub. 

Selain bantuan dana, Microsoft juga memberikan bantuan dalam bentuk teknologi, baik dari Microsoft maupun mitra lain, untuk perusahaan rintisan atau startup yang berada di bawah naungan LLV.

Sebagai informasi, investment arm dari Sinar Mas Land itu berfokus memberikan suntikan dana untuk menginkubasi dan mengakselerasi global-minded digital entrepreneurs potensial bagi startup di Indonesia. Hal ini dilakukan LLV dengan pendekatan sektor agnostik yang terbuka guna menjangkau jaringan investasi yang lebih luas.

Microsoft for Startups Founders Hub menyediakan akses berupa teknologi dan tools dari Microsoft serta mitra yang dapat digunakan oleh masing-masing startup selama empat tahun. 

Perusahaan rintisan di bawah naungan LLV juga dapat memanfaatkan bantuan tersebut, termasuk sumber daya yang dibutuhkan, untuk membangun dan menjalankan bisnis.

Platform digital baru tersebut juga menyediakan berbagai dukungan, seperti teknologi dan mentoring yang diperlukan startup untuk mencapai prestasi berikutnya. 

Guna mengoptimalkan tingkat penerimaan startup LLV, sejumlah ahli dari Microsoft Indonesia siap memberikan pendampingan dalam mengisi ketentuan-ketentuan yang diperlukan selama pendaftaran.

Dalam program tersebut, startup di bawah naungan LLV juga dapat mengakses berbagai aplikasi canggih. Salah satunya, platform komputasi awan yang tepercaya, aman, dan open-source friendly. 

Microsoft juga menyediakan alat produktivitas terbaik bagi developer, seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, Dynamics 365, dan akses ke leading-edge technology, seperti OpenAI yang merevolusi natural language system dengan kemampuan dari model GPT-3.

Sementara itu, sebagai materi pelatihan, para startup founders juga akan mendapatkan akses ke Microsoft Learn, yang kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk membangun berbagai kemampuan developer, seperti development operations (devops) engineer, data engineer, data scientist, solution architect, dan security engineer.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani menyampaikan, LLV akan terus mendukung startup lokal untuk membuka potensi agar mampu menjadi game-changer

Menurutnya, startup harus siap mengintegrasikan inovasi dan solusi teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, khususnya di BSD City, Tangerang, yang menjadi tempat bernaung kebanyakan startup.

“Proyek ini terjadi berkat dukungan dan kepercayaan penuh dari Microsoft kepada LLV. Kolaborasi antara LLV dan Microsoft terus berlanjut sejak kami mengunjungi Microsoft Tech Center di Silicon Valley, California, Amerika Serikat, pada Juli 2022,” kata Mulyawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

Ia berharap, dukungan teknologi tersebut dapat memperkuat ekosistem digital Sinar Mas Land sekaligus bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

-Dok. BSD City -

Sementara itu, Chief Technology Officer for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia Makka Kesuma mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan LLV dalam memberdayakan lebih banyak startup di Indonesia. Sebab, startup merupakan salah satu segmen yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia

“Kehadiran startup di Indonesia tak hanya dalam penyediaan lapangan kerja, tetapi juga mendorong inovasi, kreativitas, dan daya saing yang menjadi keunggulan Indonesia. Mari, kita satukan karya untuk berdayakan (startup) Indonesia,” ujar Makka.

Salah satu partner LLV, Bayu Seto, mengungkapkan bahwa penggunaan platform Microsoft dalam menghadirkan teknologi-teknologi baru dapat memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

Ia menilai, bergabungnya LLV dalam ekosistem Microsoft akan mempermudah para startup di bawah naungan LLV untuk mendapatkan networking, kemampuan teknikal, serta pendanaan.

“Hal ini tentunya sangat berguna bagi para startup yang tergabung di LLV karena (kami bisa) menginkubasi banyak proyek berbasis teknologi dan inovasi baru untuk smart city di BSD City. Semoga, dukungan dari Microsoft juga dapat mempercepat startup naungan untuk lepas landas dan bergerak secara mandiri,” jelas Bayu.

Sebagai informasi, hingga saat ini, LLV telah memberdayakan sejumlah startup yang berfokus pada tiga aspek teknologi utama, yakni smart technologies, digital life, dan mobility

Smart technologies merupakan aspek yang berfokus pada teknologi inovatif yang mendukung kehidupan perkotaan pintar.

Teknologi tersebut berkaitan erat dengan aspek digital life yang berfokus pada teknologi terkait e-commerce dan social networking yang berdampak dalam kehidupan bermasyarakat. Sementara, mobility berfokus pada teknologi pintar dalam pergerakan manusia dan barang di dalam kota.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com