Advertorial

Realme 10 Pro+ 5G, Smartphone Kelas Menengah dengan Fitur Premium

Kompas.com - 10/01/2023, 17:06 WIB

KOMPAS.com – Pada awal 2023, realme secara resmi meluncurkan realme 10 Pro+ 5G di Indonesia. Smartphone ini merupakan suksesor dari realme 9 Pro+ yang diluncurkan pada tahun lalu.

Meski masuk ke dalam kategori kelas menengah, realme 10 Pro+ 5G membawa fitur selayaknya smartphone kelas premium.

Di Indonesia, realme 10 Pro+ 5G hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Hyperspace dan Dark Matter. Kompas.com berkesempatan menjajal realme 10 Pro+ 5G warna Hyperspace.

Dilihat dari luar, desain realme 10 Pro+ 5G mengalami peningkatan dengan tampil lebih mewah ketimbang seri sebelumnya. Dari segi spesifikasi, ponsel ini juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Lantas, peningkatan apa saja yang dihadirkan oleh realme pada Pro Series tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Desain punggung berkilau nan premium

Saat dibuka dari kotak penjualannya, realme 10 Pro+ 5G langsung menarik perhatian. Hal ini dikarenakan desain punggungnya yang mengilap dan memantulkan cahaya.

Desain yang disebut realme sebagai Hyperspace Gold itu memiliki pola Prism Acceleration. Pola ini memantulkan efek cahaya dinamis dan memberikan kesan premium saat digenggam.

Material polikarbonat pada realme 10 Pro+ 5G juga membuat smartphone tersebut cukup nyaman digenggam. Dalam paket penjualan, realme sudah menyediakan softcase untuk melindungi realme 10 Pro+ 5G dari goresan dan membuatnya semakin mantap saat digenggam.

Layar lengkung dengan pengalaman flagship smartphone

Layar menjadi bagian yang paling ditonjolkan pada realme 10 Pro+ 5G. Layar lengkung 6,7 inci pada ponsel itu diklaim setara dengan smartphone flagship yang biasa dipakai flagship smartphone.

Kesan premium juga terlihat pada bezel bawah layar. Ponsel tersebut memiliki ketebalan bezel hanya 2,33 milimeter (mm) dan menjadi yang paling tipis di antara smartphone mid-range dengan layar melengkung lainnya. Bezel samping pun setipis 1,41 mm sehingga memberikan pengalaman bezel-less yang nyaman digenggam.

Bezel realme 10+ 5G yang tipis. Dok. realme Bezel realme 10+ 5G yang tipis.

Beresolusi FHD+ dengan panel AMOLED, layar realme 10 Pro+ 5G juga didukung dengan refresh rate 120 hertz (Hz) dan dilengkapi fitur 2.160 Hz PWM Dimming. Terdapat pula HDR 10+ untuk kedalaman warna maksimal saat memutar konten video.

Dengan konfigurasi tersebut, layar realme 10 Pro+ 5G terasa lancar dan detail saat digunakan. Fitur 2160 Hz PWM Dimming juga membantu untuk mempertahankan akurasi warna, bahkan saat dipakai di bawah sinar matahari serta memberikan kenyamanan pada mata pengguna. 

Baik varian Dark Matter maupun Hyperspace, smartphone tersebut memiliki dimensi 161,5 x 73,9 x 7,95 mm dan bobot 175 gram. Cukup ringan dan kompak saat digenggam dengan satu tangan.

Layar lengkungnya pun memiliki algoritma anti-mistouch untuk mengurangi kesalahan sentuh saat mengoperasikan layar realme 10 Pro+ 5G. Durabilitas layarnya pun tinggi lantaran dibekali 0,65 mm double-reinforced glass.

Kamera beresolusi besar 108 MP

Pada kamera belakang, realme 10 Pro+ 5G dilengkapi dengan sistem kamera berkonfigurasi tiga lensa. Lensa utamanya memiliki resolusi 108 megapiksel (MP) ProLight (f/1.75) dengan sensor Samsung HM6. Melengkapi kamera utama adalah kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2) dan kamera 4 sentimeter (cm) Ultra-Macro.

Teknologi dan fitur fotografi yang disediakan realme 10 Pro+ juga cukup banyak, seperti 9-in-1 Pixel Binning, HyperShot Imaging Architecture, QuickShot Acceleration Engine, Street Photography 3.0, Mode 108MP, Mode Group Portrait Super, HDR, Night Mode, dan One Take.

Sementara itu, kamera depan realme 10 Pro+ 5G memiliki resolusi 16 MP (f/2.5) untuk mengambil foto atau video selfie dan panggilan video.

Kamera depannya turut memiliki sejumlah fitur, seperti Mode Portrait untuk memberikan efek bokeh pada foto selfie, beauty effect untuk mempercantik wajah, dan filter foto untuk memperindah foto sebelum diunggah ke media sosial.

Hasil uji kamera realme 10 Pro+ 5G

Dengan konfigurasi tiga kamera dan teknologi atau fitur yang cukup banyak, realme 10 Pro+ 5G bisa dibilang sanggup memenuhi hasrat fotografi mobile dari sebuah smartphone. Hasil kameranya pun mampu menangkap detail yang seimbang di siang hari dan cukup cahaya pada malam hari.

Salah satunya terlihat pada hasil foto mode Auto realme 10 Pro+ 5G yang dapat memberikan detail tajam. Warna yang dihasilkan juga terlihat atraktif sebagaimana obyek asli seperti foto di bawah ini. Tampak obyek gambar yang ditangkap terlihat jelas, baik detail maupun warnanya.

 Hasil foto menggunakan realme 10 Pro+ 5G. Dok. realme Hasil foto menggunakan realme 10 Pro+ 5G.

Saat mencoba zoom 3x dan membandingkannya dengan foto tanpa zoom dengan obyek yang sama, hasilnya pun sama memuaskan. Bahkan saat diperbesar, detail obyek foto masih terlihat tajam. Detail kecil seperti tekstur objek juga dapat ditangkap dengan baik oleh realme 10 Pro+ 5G.

Hasil yang memuaskan juga didapatkan saat menjajal kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2) realme 10 Pro+ 5G. Dengan memotret obyek yang sama, kamera ini dapat menangkap ruang dengan perspektif yang lebih luas. Detail gambar yang dihasilkan pun cukup baik.

Beralih ke mode portrait, bokeh yang dihasilkan tampak rapi, meskipun warna pada obyek dan latar belakang foto tidak jauh berbeda.

Hasil benchmark realme 10 Pro+ 5G

Smartphone realme 10 Pro+ 5G diperkuat oleh prosesor MediaTek Dimensity 920 yang memiliki konektivitas 5G. Performa yang dihasilkan dari prosesor fabrikasi 6 nanometer (nm) ini pun lebih baik daripada cip dimensity sebelumnya.

Cip tersebut dipasangkan dengan random-access memory (RAM) dinamis hingga 12 GB yang dapat diperluas lagi 12 GB secara virtual. Saat dilakukan benchmark unit realme 10 Pro+ dengan konfigurasi RAM dinamis 12 GB + 12 GB melalui aplikasi benchmark popular, yaitu AnTuTu, realme 10 Pro+ 5G menghasilkan skor keseluruhan 507.973 poin.

Hasil foto menggunakan realme 10 Pro+ 5G. Dok. realme Hasil foto menggunakan realme 10 Pro+ 5G.

Angka tersebut bisa dibilang superior untuk melakukan aktivitas berat di smartphone kelas menengah.

Baterai tahan lama

Smartphone realme 10 Pro+ 5G membawa baterai besar 5.000 miliampere per hour (mAh) yang dapat bertahan seharian saat dioperasikan untuk kegiatan sehari-hari. Untuk mengisi daya, realme 10 Pro+ membawa teknologi 67W SuperVOOC yang dapat mengisi 50 persen baterai dalam waktu 17 menit.

Itulah peningkatan dan keunggulan realme 10 Pro+ 5G.

Selain itu, realme juga membekali dengan berbagai fitur lain untuk melengkapi pengalaman penggunaan smartphone, mulai dari near field communication (NFC) untuk mengisi ulang uang elektronik, speaker stereo untuk menghasilkan suara Hi-Res, hingga sistem operasi terbaru Android 13 dengan realme UI 4.0.

Dengan spesifikasi tersebut, walau berada di kelas menengah, realme tidak memberikan sesuatu yang setengah-setengah pada realme 10 Pro+ 5G.

 Smartphone realme 10 Pro+ 5G. Dok. realme Smartphone realme 10 Pro+ 5G.

Tampilannya benar-benar terlihat premium berkat layar lengkung yang jamak digunakan di smartphone level flagship. Semoga hal ini dapat menjadi standardisasi baru smartphone kelas menengah dari realme.

Walaupun belum memakai prosesor dimensity terbaru, performa realme 10 Pro+ sudah sangat cukup untuk multitasking atau memainkan game berat dengan pengaturan tinggi. Kamera 108 MP juga memuaskan untuk memotret segala momen di kondisi apa pun.

Smartphone realme 10 Pro+ 5G sudah bisa dibeli melalui flash sale pada Rabu (11/1/2023) pukul 12.00 WIB di realme.com/id, Shopee, serta e-commerce lain. Terdapat dua varian memori yang hadir di Indonesia, yaitu 8GB+8 GB*|128 GB dan 12GB+12GB*|256 GB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com