Advertorial

Erick Thohir Dorong Mahasiswa Universitas Pertamina Jadi Pemimpin Muda BUMN

Kompas.com - 11/01/2023, 13:58 WIB

KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan peluang kepada generasi muda untuk menduduki jabatan strategis di BUMN. Hal ini lantaran generasi muda memiliki peran penting untuk masa depan perusahaan. Hingga saat ini, tercatat karyawan milenial di lingkungan BUMN sudah mencapai 65 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam kegiatan BUMN Goes To Campus di Universitas Pertamina, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

“Makin banyak millennial, maka budaya akan berubah. Pak Erick memberikan peluang kepada milenial untuk menduduki jabatan strategis di BUMN karena 30-40 persen ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh BUMN,” ujar Arya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (11/1/2023).

Arya juga mengatakan bahwa mahasiswa harus punya karakteristik dan kapabilitas untuk menjadi seorang pemimpin.

“Sukses itu tidak selalu (diukur dari) indeks prestasi kumulatif (IPK) bagus, tetapi sebagai mahasiswa harus punya karakter kuat dan kapabilitas dalam hal tertentu. Jadi, orang melihat kalian itu beda,” katanya.

Hal tersebut diamini oleh Direktur Strategic Planning and Bussiness Development Pertamina Power Indonesia Fadli Rahman. Menurutnya, untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang harus disiplin dalam manajemen waktu.

“Kalau perlu, setiap hari kita bikin to-do list apa saja target-target hari ini, besok, dan seterusnya” ujar Fadli.

 Acara BUMN Goes To Campus di Universitas Pertamina. 
Dok. Pertamina Acara BUMN Goes To Campus di Universitas Pertamina.

Pada kesempatan sama, turut hadir Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Lieke Roosdianti yang memberikan informasi dan tips agar lolos rekrutmen bersama BUMN.

“Hal yang penting dilakukan adalah tekun belajar dan mendalami nilai nilai utama AKHLAK,” kata Lieke.

Selain diskusi dan sharing juga terdapat 10 stan edukasi dari 10 perusahaan BUMN, yaitu BNI, Pertamina, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Badan Urusan Logistik (Bulog), Kimia Farma, Wijaya Karya, Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani), Bukit Asam, dan Garuda Indonesia.

Selain informasi profil perusahaan, terdapat juga kesempatan magang bagi mahasiswa Universitas Pertamina yang ingin mendaftar di perusahaan BUMN selain Pertamina.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com