Advertorial

5 Fakta Menarik yang Lekat dengan Kehidupan Generasi Z, Apa Saja?

Kompas.com - 13/01/2023, 14:54 WIB

KOMPAS.com - Generasi Z atau gen Z adalah sebutan bagi individu yang lahir pada kurun waktu 1997 hingga 2012. Generasi ini tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi digital dan internet. Tak heran, gen Z kerap disebut sebagai digital natives lantaran cakap dalam memanfaatkan teknologi dan internet.

Kecakapan tersebut pun membuat generasi ini memiliki karakteristik khusus yang membedakan dengan generasi lain.

Berikut adalah lima fakta menarik gen Z yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

  1. Berani mengungkapkan pendapat

Media sosial yang lekat dengan kehidupan gen Z tidak hanya berdampak pada pola bersosialisasi, tetapi juga membentuk mereka menjadi individu yang berani dalam mengungkapkan ide, pendapat, ataupun kritik.

Itu karena media sosial pada dasarnya merupakan wadah bagi siapa saja, termasuk para gen Z, untuk melakukan hal tersebut. Di sana pula, mereka dapat membangun wacana dan saling bertukar pendapat dengan sesama pengguna.

  1. Punya literasi keuangan yang baik

Fakta menarik lain dari gen Z adalah sebagian besar dari mereka sudah memahami literasi keuangan. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya karena mereka tumbuh di masa krisis keuangan pada 2008.

Kesulitan tersebut menjadikan mereka lebih aware terhadap kondisi keuangannya.

Berdasarkan survei oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, literasi keuangan yang dimiliki gen Z mencapai 44,04 persen. Angka ini di atas rata-rata literasi nasional, yakni 38,03 persen.

Urgensi memiliki kemampuan mengelola keuangan secara baik sendiri didorong sejumlah hal yang diperlukan untuk hidup, seperti pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, dana darurat, dan investasi.

Hal itu juga dirasakan oleh gen Z di tingkat global. Berdasarkan studi oleh Deloitte pada 2022 yang dimuat dalam IOL Money edisi 2022, sebanyak 29 persen gen Z yang menjadi responden menyatakan bahwa biaya hidup sehari-hari, seperti bahan makanan, perumahan, dan transportasi, menjadi fokus utama yang harus dipenuhi.

Terkait investasi, dikutip dari Investopedia.com, Rabu (3/8/2022), lebih dari setengah populasi Gen Z sudah mulai berinvestasi di pasar saham dan mata uang kripto.

  1. Memilih pekerjaan sesuai dengan nilai yang dianut

Gen Z mencari dan memilih pekerjaan sesuai dengan nilai yang dianutnya agar bisa bekerja dengan nyaman. Oleh karena itu, mereka umumnya melakukan riset terlebih dahulu terkait etika dan nilai-nilai yang dianut calon perusahaan tempat bekerja.

Menurut studi dari grup asuransi British United Provident Association Limited (Bupa) yang dilansir dari consultancy.uk, Senin (17/1/2022), sebanyak 31 persen responden gen Z menolak pekerjaan dari perusahaan yang memiliki etika buruk.

Secara umum, gen Z menyukai perusahaan yang mempraktikkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Mereka menginginkan fleksibilitas, kesempatan belajar dan berkembang, peluang peningkatan karier, dan program kesehatan mental.

  1. Mampu belajar secara mandiri

Bagi gen Z yang dikenal sebagai digital native, internet sudah melekat di kehidupan mereka. Hal ini mendorong gen Z untuk belajar secara mandiri. Pasalnya, internet menyediakan informasi yang mereka cari.

Gen Z biasa belajar dari media sosial, seperti Instagram dan YouTube. Mereka mulai terbiasa belajar mandiri melalui aplikasi belajar yang menjadi wadah untuk mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Melalui internet, gen Z bisa mengeksplorasi pengetahuan yang diinginkan. Dengan demikian, mereka sangat lekat dan selalu ingin terkoneksi dengan internet.

Untuk mendukung aktivitas internetan tanpa putus dengan kuota tak terbatas, mereka membutuhkan penyedia layanan atau provider telekomunikasi yang menyediakan kuota unlimited. Salah satunya, AXIS yang memiliki paket AXIS Warnet Unlimited yang bisa digunakan 24 jam #NonstopAntiNgedrop.

  1. Peduli terhadap isu sosial

Tak hanya memperluas wawasan, internet dan media sosial juga mendorong gen Z menjadi lebih peduli terhadap berbagai isu sosial. Melalui media sosial, gen Z dapat menemukan berbagai isu sosial yang terjadi saat ini.

Hal itu mendorong menjadi lebih peduli terhadap isu sosial tersebut. Bahkan, mereka menggunakan media sosial sebagai platform untuk membuat perubahan di masyarakat.

Itulah lima fakta menarik terkait gen Z. Dengan fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa hadir di era digital membuat gen Z memang lekat dengan internet dan media sosial.

Oleh karena itu, paket AXIS Warnet Unlimited sangat cocok dan related dengan kehidupan gen Z. Dengan kuota tak terbatas, AXIS bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan internet selama 24 jam. Apalagi, kamu hanya perlu membayar Rp 3.999.

 

Selain itu, paket tersebut juga memiliki kelebihan lain, yakni bisa diaktifkan kapan saja dengan masa aktif selama 24 jam sejak pengaktifan. Sebagai contoh, jika kamu mengaktifkan jam 10 pagi, paket AXIS Warnet Unlimited akan berhenti pada pukul sama keesokan harinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Pilih AXIS Warnet Unlimited biar bisa internetan seharian sepuasnya yang pastinya #NonstopAntiNgedrop.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com