Advertorial

Perkuat Ekonomi dan Pengendalian Inflasi, Kemendagri Bakal Gelar Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda

Kompas.com - 14/01/2023, 11:20 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Agenda bertajuk “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi” tersebut akan dilaksanakan di Sentul International Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

Rakornas akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, serta dihadiri 4.551 undangan dan peserta dari pemerintah pusat dan daerah.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan mengatakan bahwa meski perekonomian Indonesia saat ini terbilang stabil, kewaspadaan terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi tetap perlu dilakukan.

Dalam hal ini, kepala daerah dan anggota Forkopimda memiliki peran penting dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di daerah.

“Atas pertimbangan tersebut, Kemendagri memandang perlu dilakukan Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023,” ujar Benni dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (14/1/2023).

Rakornas dan Forkopimda 2023 juga akan menjadi kesempatan bagi Presiden Jokowi untuk memberikan arahan kepada kepala daerah dan anggota Forkopimda mengenai kebijakan pemerintah pusat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Tidak hanya itu, Kemendagri juga akan menyuguhkan diskusi panel dengan menghadirkan sejumlah narasumber, mulai dari menteri, pimpinan lembaga, hingga kepala daerah.

Selain membahas upaya penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, Rakornas yang digelar Kemendagri akan turut membahas berbagai isu yang tengah dihadapi Indonesia.

Isu tersebut di antaranya peningkatan iklim investasi dan kemudahan berusaha di daerah, percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 menuju endemi, penurunan angka stunting dan kemiskinan di daerah, serta peningkatan pelaksanaan jaring pengaman sosial.

“Saya harap, Rakornas dan Forkopimda 2023 dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta stabilitas politik dan keamanan untuk mendukung pembangunan nasional,” ujar Benni.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com