Advertorial

Sinar Mas Land Dukung SIRCLO dan Smesco Rayakan Kesuksesan Program Panen Omset UMKM pada Hari Apresiasi LokaLokaL

Kompas.com - 17/01/2023, 22:16 WIB

KOMPAS.com - Sinar Mas Land melalui Digital Hub mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) melalui Hari Apresiasi LokaLokaL. Acara ini diselenggarakan oleh salah satu tenant Digital Hub yang bergerak di bidang solusi e-commerce, yakni SIRCLO, di The Breeze, Tangerang Selatan, Sabtu (14/01/2023).

Acara tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian program pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari SIRCLO sepanjang 2022, yaitu Panen Omset dan JaLan (Jago Jualan) Bareng SIRCLO.

Selain memberikan penghargaan kepada peserta terpilih, Hari Apresiasi LokaLokaL juga menjadi wadah promosi produk juara UKM Indonesia ke masyarakat melalui bazar offline.

Komisaris SIRCLO Group Triawan Munaf menilai bahwa kondisi ekonomi saat ini merupakan momentum yang cukup menguntungkan bagi para pelaku UMKM.

Ia pun memandang bahwa melalui gelaran LokaLokal, SIRCLO dapat mengambil bagian dalam pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM yang merupakan salah satu penopang produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan pemegang peran strategis dalam sektor produksi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, inovasi, dan pertumbuhan ekonomi.

“Dengan penyelenggaraan acara ini, besar harapan saya bahwa para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pelatihan secara langsung dari pakar di bidangnya. Selain itu, mereka juga bisa meningkatkan performa bisnis dengan memanfaatkan berbagai layanan digital yang ditawarkan SIRCLO,” ujar Triawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap mengapresiasi langkah SIRCLO dalam menyelenggarakan LokaLokaL. Hal ini sejalan dengan upaya Sinar Mas Land untuk mendorong digitalisasi di berbagai sektor, termasuk UKM sebagai bagian dari transformasi BSD City menjadi integrated digital smart city.

“Kehadiran SIRCLO melalui acara Lokalokal menjadi bukti nyata bahwa kawasan Digital Hub juga terbuka untuk segala kalangan. Salah satunya dalam mendukung pertumbuhan sektor UMKM Indonesia agar bisa bersaing di era digital,” kata Irawan.

Hadirkan fitur baru

Sebagai informasi, SIRCLO telah memperkaya ekosistem digital Sinar Mas Land dengan berkantor di MyRepublic Plaza (Green Office Park 6) sejak 2018. Pada 2021, SIRCLO merelokasi kantornya di ruang seluas 2.000 meter persegi (m2) di Traveloka Campus (GOP 1).

SIRCLO pun sepakat menjadi salah satu tenant pertama di gedung baru Digital Hub yang akan beroperasi mulai akhir 2023. Digital Hub sendiri merupakan sebuah kawasan yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land sebagai pusat komunitas, pendidikan, serta perusahaan multinasional dan startup yang bergerak di bidang teknologi digital.

Pada Juni 2022, SIRCLO mengumumkan peluncuran program Panen Omset yang berkolaborasi dengan Smesco Indonesia. Panen Omset merupakan rangkaian program edukasi dan pendampingan digitalisasi yang ditujukan untuk pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis.

Salah satu UKM yang tampil pada Hari Apresiasi LokaLokaL. 

DOK. Sinar Mas Land Salah satu UKM yang tampil pada Hari Apresiasi LokaLokaL.

Program tersebut telah diselenggarakan di 11 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, dan Surabaya serta diikuti lebih dari 600 peserta.

Program tersebut berhasil mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan skala usaha serta memperluas jangkauan pasar melalui kanal digital. Program ini juga sukses membantu lebih banyak UMKM untuk go online.

Melalui Panen Omset, SIRCLO juga memperkenalkan Check-Out Satu Halaman (Cekatan). Fitur baru layanan pembuatan toko online SIRCLO Store ini memungkinkan pengguna untuk membuat toko online secara singkat hanya dalam 5 menit.

Dengan fitur tersebut, pelaku UMKM yang baru menjajaki bisnis dan memiliki sedikit variasi produk dapat menampilkan katalog produk secara instan tanpa membutuhkan kemampuan coding dan keahlian mendesain website.

Fitur Cekatan tersebut hadir dari pengembangan produk hasil kolaborasi SIRCLO dan Smesco Indonesia.

Direktur Smesco Indonesia Leonard Theosabratamengapresiasi kesuksesan program Panen Omset. Ia mengatakan, kolaborasi perdana Smesco Indonesia dan SIRCLO sukses menghasilkan pengembangan fitur teknologi yang instan, mudah, serta sederhana.

Ia juga mengapresiasi antusiasme pelaku UMKM binaan Smesco yang telah berpartisipasi dalam program tersebut.

“Ke depan, kami harap, semakin banyak sarana bagi UMKM untuk naik kelas melalui program serta solusi teknologi terbaik dari SIRCLO. Fitur dari SIRCLO dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis dan omzetnya," ujar Leonard.

Selain Panen Omset, program JaLan Bareng SIRCLO juga menuai kesuksesan. Program ini merupakan acara rutin yang diadakan SIRCLO Store untuk meningkatkan performa penjualan pelaku usaha.

Program tersebut juga memiliki misi untuk menghadirkan transformasi digital dengan mudah dan simpel melalui ekosistem SIRCLO Store.

Program JaLan Bareng SIRCLO sendiri diikuti lebih dari 200 pelaku UMKM yang sebagian besar bergerak di bidang food and beverage (FnB). Melalui program ini, SIRCLO menginisiasi kolaborasi pertama dengan mendukung AMD Indonesia untuk melakukan penetrasi pasar ke pelaku UMKM.

Sebagai penutup program pemberdayaan UMKM SIRCLO, LokaLokaL terbagi menjadi beberapa rangkaian acara, termasuk bazar dan sesi penghargaan. 

Bazar LokaLokaL diikuti oleh 15 tenant terbaik yang dikurasi berdasarkan pemenang lomba Panen Omset dan Jalan Bareng SIRCLO, merchant,serta partnerSIRCLO Store yang berkesempatan untuk mempromosikan produknya.

Pada puncak acara, SIRCLO memberikan penghargaan kepada lima peserta terpilih yang sudah memenuhi dan melampaui kualifikasi standar dari program Panen Omset dan JaLan Bareng SIRCLO.

Sebagai informasi, dalam penyelenggaraan acara tersebut, SIRCLO juga berkolaborasi dengan BRI, 9to9, JNE, Blibli, Social Bread, Boleh Dicoba Digital, dan Artee.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com