Advertorial

Integrasikan Layanan, Niagahoster dan KiriminAja Bantu Pelaku UMKM Punya Usaha Berkelanjutan

Kompas.com - 18/01/2023, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan web hosting, Niagahoster, bekerja sama dengan platform aggregator logistik, KiriminAja membantu para pebisnis dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat membangun usaha yang berkelanjutan.

Head of Brand and Communication Team Niagahoster Ayunda Zikrina mengatakan, untuk mewujudkan upaya tersebut, kedua pihak telah mengintegrasikan layanan hosting dan domain Niagahoster dengan agregasi layanan pengiriman KiriminAja.

“Kerja sama ini kami lakukan karena kesamaan visi antara Niagahoster dan KiriminAja. Kami ingin membantu para pebisnis dan pelaku UMKM untuk bisa terus bertahan dan tidak hanya memiliki usaha yang sekadar numpang lewat,” ujar Ayunda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (13/1/2023). 

Ayunda menambahkan, lewat upaya tersebut, pihaknya juga ingin membantu para pelaku usaha untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Utamanya, melalui penggunaan teknologi digital.

Apalagi, digitalisasi bisnis dan UMKM semakin gencar seiring perkembangan teknologi digital dan pandemi Covid-19. Hal tersebut pun diyakini masih akan terus berlanjut pada 2023.

“Maraknya bisnis online di era digital semakin mempermudah pemilik bisnis dalam menjual produk yang dicari atau sedang tren di kalangan konsumen. Namun, saat usahanya belum sempat melakukan branding secara maksimal, tren sudah berubah sehingga mereka harus mengubah strategi dengan menjual produk lain,” kata Ayunda.

Selain itu, lanjut Ayunda, ketatnya persaingan bisnis di marketplace juga membuat para pelaku usaha tidak bisa mengambil untung banyak. Khususnya, untuk penjualan produk yang mirip atau sama persis dengan toko lain. 

Sementara itu, Manager Brand Communication KiriminAja Yusuf Habibi menjelaskan bahwa para pebisnis yang memanfaatkan marketplace harus keluar dari zona nyaman.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan memiliki landing page dan website usaha, serta pengelolaan pengiriman praktis menggunakan berbagai macam ekspedisi yang menyediakan ongkos kirim (ongkir) murah dan layanan unggulan cash on delivery (COD).

"Landing page dan website yang kami sediakan diharapkan dapat membuat pebisnis dan bisnisnya terus berkembang," tutur Yusuf.

Ia menjelaskan, dengan tarif mulai dari Rp 46.663 per bulan, pemilik bisnis sudah bisa memiliki website untuk toko online atau landing page toko yang selalu aktif selama 24 jam. 

"Toko dan landing page tersebut pun akan muncul di halaman utama Google, notifikasi, dan (berbagai platform) komunikasi. Kami juga melengkapi layanan tersebut dengan jasa pengiriman yang tergabung dengan KiriminAja, seperti JNE, ID Express, dan Sicepat. Semuanya punya ongkir murah dan layanan COD," jelas Yusuf.

Berikan pendampingan

Selain menyediakan website dan pengiriman, Niagahoster dan KiriminAja juga akan memberikan edukasi dan pendampingan bagi para pebisnis melalui berbagai event offline yang akan diadakan di berbagai seluruh wilayah di Indonesia.

Langkah itu pun diharapkan dapat membantu para pebisnis dan pelaku UMKM, terutama yang ada di daerah, dalam mengakses pengetahuan terkait penggunaan teknologi digital.

“Memiliki website lengkap dengan layanan pengiriman bukanlah akhir dari perjuangan pemilik bisnis, tapi sebuah awal. Niagahoster dan KiriminAja akan hadir dengan event offline berupa roadshow berisi edukasi dan sharing session untuk para pebisnis yang membutuhkan pengetahuan dan pendampingan lebih lanjut," kata Ayunda.

Pada program edukasi, lanjut Ayunda, Niagahoster dan KiriminAja akan menyediakan kelas insentif yang terdiri dari sejumlah materi dan mentor ahli di bidangnya.

Cara kelola website dari Niagahoster.Dok. Niagahoster Cara kelola website dari Niagahoster.

"Pebisnis dan pelaku UMKM akan mendapatkan berbagai materi, mulai dari branding, ads, hingga penggunaan media sosial (medsos). Ini kami lakukan karena kami merasa memiliki tanggung jawab dalam membantu pebisnis agar mereka bisa mengembangkan potensinya," ucap Ayunda.

Sebagai informasi, event offline dari Niagahoster dan KiriminAja hadir dengan tema "#JelajahiPotensiBaru". Event ini akan dilaksanakan sepanjang 2023 dan dimulai pada Selasa (31/1/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Setelah itu, event tersebut juga akan dilanjutkan di sejumlah kota, seperti Malang, Solo, dan Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut terkait kerja sama antara Niagahoster dan KiriminAja, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com