Advertorial

Mendagri Sebut Komposisi Pendapatan APBD Sulsel 2023 Tergolong Kuat

Kompas.com - 28/01/2023, 21:57 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian mengatakan bahwa komposisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun anggaran 2023 tergolong kuat.

Hal itu disampaikan Tito pada acara Pengarahan Mendagri mengenai Penanganan Pemulihan Ekonomi dan Inflasi Sulsel kepada Gubernur Sulsel, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, Bupati, dan Wali Kota (Walkot) seluruh Sulsel, pada Jumat (27/1/2023).

"Komposisi pendapatan APBD Provinsi Sulsel sepanjang 2023 tercatat pendapatan transfer mencapai 42,65 persen. Sementara, pendapatan asli daerah sebesar (PAD) 57,25 persen. Dari segi pendapatan tersebut, menurut saya komposisi APBD Sulsel kuat," ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

Tito pun mengaku bahwa ekonomi Sulsel memperlihatkan pertumbuhan yang baik. Hal ini ditandai dengan tingkat inflasi yang terkendali.

-Dok. Humas Pemprov Sulsel -

"Inflasi untuk Sulsel sementara ini cukup terkendali, pertumbuhan ekonominya juga bagus. Hal ini disumbang oleh sektor pangan dan swasta yang terus menggeliat positif,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Tito, pihaknya mendorong pemerintah provinsi (pemprov) dan pemerintah kabupaten (pemkab) atau pemerintah kota (pemkot) di Sulsel senantiasa berupaya mencari peluang agar PAD dapat meningkat. Selain itu, juga dapat mengoptimalkan belanja daerah.

"APBD untuk mempercepat pembangunan, mempercepat pemulihan ekonomi (economic recovery). Kami berharap, APBD digunakan tepat sasaran dan bisa dimaksimalkan sampai akhir 2023," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi arahan Mendagri terkait penanganan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi.

"Kami berharap, dengan arahan Pak Tito kepada seluruh elemen pemerintahan di Provinsi Sulsel dapat memaksimalkan upaya penanganan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com