Advertorial

Enteng Bikin Untung, Ini Spesifikasi Mobil Pikap Formo Max dari Wuling

Kompas.com - 31/01/2023, 10:54 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan otomotif, Wuling Motors, secara resmi meluncurkan mobil pikap terbaru, yakni Formo Max di Fresh Market Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Mengusung jargon “Enteng Bikin Untung”, Wuling Formo Max didesain dengan keamanan, kenyamanan, dan performa daya angkut yang berkualitas untuk mendukung mobilitas penggunanya dalam menjalankan usaha.

Vice President Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan, peluncuran mobil pikap Formo Max di Indonesia didasari atas kondisi perekonomian nasional yang kian pulih.

Pikap tersebut, kata Arif, telah dilengkapi dengan area kargo yang luas, fitur keselamatan, dan performa mesin yang bertenaga. Dengan demikian, Formo Max dapat mendukung produktivitas usaha agar semakin menguntungkan.

“Hal ini sejalan dengan semangat ‘Enteng Bikin Untung’,” ujar Arif seperti dikutip dari situs resmi Wuling.

Dari segi bodi secara keseluruhan, Wuling Formo Max memiliki panjang 5.135 milimeter (mm), lebar 1.725 mm, dan tinggi 1.740 mm. Sementara itu, kargo pada mobil pikap ini berukuran panjang 1.695 mm, lebar 1.725m, dan tinggi 390 mm.

Kargo Wuling Formo Max juga dibekali bukaan tiga pintu yang dapat memudahkan proses angkut dan bongkar barang.

Beralih ke bagian roda, Wuling Formo Max dibekali ban dengan ukuran 175/75 R14C serta memiliki wheelbase sepanjang 3.160 mm. Kaki-kaki pikap ini pun didukung dengan suspensi McPhreson Strut pada bagian depan dan Leaf Spring pada bagian belakang.

Dengan kombinasi tersebut, mobil dapat meredam getaran pada permukaan jalan yang tidak rata dan membuat beban gerak menjadi ringan dengan daya tahan yang tinggi. Secara total, pikap tangguh ini mampu mengangkut barang dengan maksimal berat 1 ton.

Pada sistem pengereman, Wuling Formo Max menggunakan sistem disc pada bagian depan dan drum pada bagian belakang. Lalu, kapasitas bahan bakar mobil ini adalah 42 liter. Adapun sistem distribusi bahan bakar yang digunakan adalah Multipoint Injection.

Konfigurasi mesin mobil pikap tersebut adalah 4 silinder segaris dual overhead camshaft (DOCH) dengan kapasitas 1.485 cc. Lalu, bagian bore dan stroke pada mesin memiliki ukuran 74,7 mm x 84,7 mm. Mesin ini ditempatkan di kap depan agar jok pengemudi dan penumpang tidak panas.

Daya maksimum mesin Wuling Formo Max adalah 98 horsepower (hp) pada 5.800 revolution per minute (rpm). Mobil ini bisa menghasilkan torsi maksimal 140 Nm pada 3.400-4.400 rpm.

Untuk transmisi, mobil tersebut memiliki transmisi manual lima percepatan dengan rasio gir sebesar 3.729 putaran posisi gigi pertama, 2.085 putaran gigi kedua, 1.479 putaran gigi ketiga, 1.000 putaran pada gigi keempat, dan 799 pada gigi kelima. Sementara, pada tahap reverse mencapai 3.744 putaran dan final 5.125 putaran.

Fitur keamanan dan keselamatan

Selayaknya mobil penumpang, Wuling Formo Max juga dibekali fitur keamanan dan keselamatan. Mobil pikap ini dilengkapi dengan fitur anti-lock braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD).

Sabuk pengaman pada mobil tersebut juga dilengkapi dengan retractable seat belt dan driver seat belt reminder.

Untuk menambah keamanan, mobil pikap itu juga disematkan anti-theft alarm. Alarm ini dapat meminimalkan risiko kejahatan yang dapat terjadi ketika sedang berada jauh dari mobil.

Beralih ke interior, Wuling Formo Max menggunakan electric power steering dan foldable remote key.

Mobil tersebut memiliki kursi sistem sliding dan reclining dengan headrest yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Untuk diketahui, Wuling Formo Max memiliki dua seri, yakni Formo Max Standard dan Formo Max AC. Perbedaan antara kedua seri ini terletak pada ketersediaan radio AM dan FM, port universal serial bus (USB), serta air conditioner (AC) yang hanya dimiliki oleh Formo Max AC. Meski demikian, spesifikasi mesin dan kerangka kedua seri tersebut tetap sama.

Adapun Wuling Formo Max Standard dibanderol mulai dari Rp 162 juta on the road (OTR) Jakarta. Sementara itu, Formo Max AC dibanderol mulai dari Rp 170 juta OTR Jakarta. Kedua seri ini memiliki tiga varian warna, yakni putih, silver, dan hitam.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait Wuling Formo Max, silakan kunjungi tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com