Advertorial

Tip Cerdas Mengelola Cicilan agar Keuangan Tetap Aman

Kompas.com - 31/01/2023, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Mengelola keuangan membutuhkan strategi cerdas, terutama saat memiliki cicilan 12 bulan atau lebih, seperti kredit pemilikan rumah (KPR) atau kendaraan. Jika tidak diatur dengan baik, pendapatan bulanan bisa habis hanya untuk membayar tagihan.

Jika Anda berada di situasi tersebut, ikuti enam tip ini agar keuangan tetap sehat.

1. Identifikasi jumlah utang dan cicilan

Jika Anda memiliki beberapa utang, cobalah untuk memilah utang konsumtif dan produktif. Utang konsumtif merupakan utang yang dapat habis jika dibelanjakan dan kurang memiliki nilai tambah. Contohnya, membeli barang elektronik yang tidak menunjang pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, seperti smartwatch dan speaker Bluetooth.

Sementara itu, utang produktif adalah utang yang digunakan untuk menyokong pekerjaan sehari-hari atau dapat menambah penghasilan. Misalnya, utang untuk membeli mesin cuci yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari atau bisnis laundry kiloan.

Itulah perbedaan utang produktif dan konsumtif. Utang produktif bisa dipertimbangkan dan diajukan selama barang yang dibeli bermanfaat untuk menunjang produktivitas, bahkan bisa menghasilkan uang kembali.

2. Hitung pendapatan dan pengeluaran

Setelah mengidentifikasi jenis utang, selanjutnya hitung kembali jumlah pengeluaran dalam periode tertentu, mulai dari setiap bulan, tiga bulan, sampai tahunan. Kemudian, lihat apakah jumlah pengeluaran dan pendapatan seimbang atau tidak.

Idealnya, pengeluaran bulanan hanya memangkas 50 persen pendapatan bulanan. Sisanya, bisa dialokasikan untuk dana darurat, tabungan, serta membayar utang.

Namun, jika jumlah utang lebih besar dari sepertiga pendapatan, Anda perlu melakukan restrukturisasi keuangan agar kondisi keuangan tetap aman, terlebih saat situasi ekonomi memburuk.

3. Prioritaskan utang jatuh tempo

Prioritaskan utang yang jatuh tempo paling dekat untuk dibayar terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan denda. Sebab, denda utang otomatis menjadi pengeluaran baru.

4. Buat anggaran baru

Pengeluaran yang lebih besar ketimbang pendapatan akan mempersulit Anda dalam mengelola keuangan. Namun, jika jumlah pengeluaran dan pendapatan seimbang atau pendapatan sisa sedikit, ini berarti masih ada peluang untuk menyelamatkan kondisi keuangan.

Jika menghadapi kondisi tersebut, Anda perlu menyusun rencana anggaran baru. Caranya, dengan menekan pengeluaran serta menghapus sumber pengeluaran yang kurang penting, seperti menghentikan langganan film berbayar sampai kondisi keuangan stabil.

Untuk diketahui, salah satu parameter kestabilan finansial adalah saat utang hanya sepertiga dari penghasilan atau pengeluaran setengah dari pendapatan.

5. Cari sumber pendapatan baru

Salah satu kunci untuk menstabilkan kondisi keuangan adalah mencari sumber pendapatan baru. Pendapatan baru mungkin akan sangat sulit didapatkan dalam waktu cepat. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal kecil, seperti menjual barang bekas layak pakai serta menjual jasa keterampilan yang dimiliki.

6. Bijak dalam berutang

Bijak dalam berutang memang perlu dilakukan, terutama jika kondisi utang sudah sepertiga penghasilan. Kondisi ini merupakan level waspada yang diibaratkan permukaan air di bendungan sudah siaga satu.

Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan lain dalam pengajuan cicilan jika Anda menghadapi kondisi darurat, seperti untuk biaya berobat serta perbaikan rumah dan kendaraan. Meski demikian, pinjaman utang tetap perlu dibatasi sesuai kondisi finansial.

Jika berada di situasi tersebut, Anda bisa memercayakan Kredivo dalam mengambil pinjaman tunai atau cicilan 12 bulan untuk memenuhi kebutuhan. Kredivo memberikan pinjaman tunai dengan bunga ringan, yakni 2,6 persen per bulan untuk tenor 3 dan 6 bulan.

Anda juga bisa menggunakan Kredivo untuk belanja kebutuhan dengan bunga 0 persen untuk paylater 30 hari dan cicilan 3 bulan. Ada juga bunga rendah 2,6 persen untuk cicilan 6 bulan dan cicilan 12 bulan.

Untuk mengajukan pendaftaran pinjaman melalui Kredivo, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Lalu, lengkapi pendaftaran dan tunggu kurang dari 24 jam.

Yuk, gunakan Kredivo dan selalu bijak dalam berutang, ya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com