Advertorial

Sederet Instansi Raih Penghargaan Mata Lokal Award

Kompas.com - 31/01/2023, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Situs media online, Tribunnews, menggelar ajang apresiasi Mata Lokal Award di Grand Ballroom Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Acara tersebut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Budie Arie Setiadi, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti.

Ketiga instansi tersebut merupakan penerima penghargaan Mata Lokal Award sebagai Kolaborator Tribun Network. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyebutkan bahwa dukungan Tribunnews dapat menjangkau Indonesia.

"Kami yakin dukungan dari jaringan Tribunnews sebagai mata lokal dapat menjangkau Indonesia dengan sangat powerful dan impactful," ucap Sandiaga dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Sementara itu, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang berhalangan hadir mengirimkan video pidato kemenangan.

Sebagai informasi, Mata Lokal Award digelar untuk mengapresiasi entitas bisnis, perseorangan, serta instansi yang berkontribusi menciptakan dampak baik untuk Indonesia dalam skala lokal maupun nasional. Rangkaian acara telah bergulir sejak November 2022.

Berbagai karya yang masuk dikurasi oleh sejumlah panelis juri, antara lain Executive Creative Director FCN-Finch Lembu Wiworo Jati, Executive Creative Director Dentsu Creative Defri Dwipaputra, Chief Marketing Officer (CMO) Kompas Group Media Dian Gemiano, serta Chief Executive Officer (CEO) Tribun Network Dahlan Dahi.

Adapun penilaian didasarkan pada lima tema yang menjadi pilar dalam penghargaan tersebut, yakni edukasi, kewirausahaan, lingkungan, kesehatan, serta teknologi.

Untuk diketahui, ada belasan instansi lain yang juga meraih berbagai penghargaan pada malam penganugerahan Mata Lokal Award. Sebut saja, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang memenangkan Brand Paling Berdampak di Bidang Kewirausahaan melalui program Desa BSI pada kategori Impact.

Kemudian, Schneider Electric Indonesia (Schneider) sebagai Brand Paling Berdampak di Bidang Lingkungan melalui karya GreenHeroesforLife.

Pada kategori Campaign di bidang teknologi, penghargaan diberikan kepada PT Hewlett Packard Indonesia (HP Indonesia) atas produk Victus by HP sebagai Kampanye Mixed Media Terbaik dengan HP Lokal Deal. Lalu, Grab Indonesia (Grab) dengan Kampanye Aktivasi Terbaik melalui program Grab PercayaProjeX.

Sementara, kategori Campaign bidang edukasi dimenangkan PT Afiulafiu Finance Indonesia (Afiulafiu Paylater) melalui program Generasi Muda Semua Bisa. Di bidang lingkungan, ada PT Mayora Indah Tbk melalui merek Le Minerale untuk untuk kampanye Gerakan Ekonomi Sirkular.

Pada tema kewirausahaan, deretan karya terbaik dimenangkan oleh XL Axiata dengan program Sispreneur, PT HM Sampoerna TBK (Sampoerna) dengan Festival UMKM Bangkit Wirausaha, dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Pesta Rakyat Simpedes 2022.

Sementara itu, kategori Konten Terbaik dimenangkan PT Vivo Mobile Indonesia (Vivo) melalui konten Vivo X80 Series.

Mata Lokal Award juga memberikan anugerah Most Valuable Person (MVP) kepada beberapa sosok inspiratif, antara lain Founder Studio Afianoma Yu Sing, Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa Veronica Colondam, serta Presiden Komunitas Tangan di Atas Ibrahim Mochamad Bafagih.

Yu Sing saat menerima penghargaan Mata Lokal Award Dok. Tribunnews Yu Sing saat menerima penghargaan Mata Lokal Award

Para pemenang mendapatkan sertifikat serta trofi Mata Lokal Award berbentuk kepala lembuswana, yaitu hewan mitologi yang menjadi kendaraan Raja Kutai Martapura Mulawarman. Lembuswana dipilih karena dianggap sebagai simbol kejayaan sehingga para pemenang Mata Lokal Award diharapkan dapat meneruskan keberhasilan dalam kebaikan dan menciptakan dampak baik bagi sekitar.

Berakhirnya Mata Lokal Award sekaligus menandai awal baru bagi Tribunnews bersama jaringan Tribun Network untuk menyebarkan nilai dan menciptakan dampak, baik dari Aceh hingga Papua. Tribun Network senantiasa mengapresiasi dan mengajak siapa saja, baik pelaku industri, pemerintahan, maupun perseorangan, untuk berbondong-bondong menunaikan kebaikan.

Untuk daftar lengkap pemenang Mata Loka Award dapat diakses di matalokalaward.id/pemenang. Sampai jumpa di Mata Lokal Award edisi berikutnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com