Advertorial

Taspen Gandeng Mitsubishi untuk Bangun Green Energy Superblock Oasis Central Sudirman di Jakarta

Kompas.com - 01/02/2023, 14:57 WIB

KOMPAS.com – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen bersama salah satu pengembang properti terbesar dunia asal Jepang, Mitsubishi Estate, bersinergi membangun green energy superblock Oasis Central Sudirman di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 2, Jakarta Pusat.

Fasilitas tersebut diresmikan dengan seremoni peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Direktur Utama Taspen ANS Kosasih, Managing Director Mitsubishi Estate Group Masato Aikawa, dan Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia (RI) Kanasugi Kenji pada Selasa (31/1/2023).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) RI yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) RI Susiwijono Moegiarso, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, dan Komisaris Utama Taspen Suhardi Alius.

Oasis Central Sudirman merupakan wujud kerja sama strategis antara Indonesia dan Jepang di bidang investasi dan properti. Kerja sama ini dinilai mampu menciptakan keseimbangan kondisi geopolitik Indonesia.

Hal tersebut juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong BUMN agar memiliki kapasitas untuk berkolaborasi dengan mitra internasional dalam menghadirkan bisnis dan properti berkelas dunia di Tanah Air.

Susiwijono merasa bersyukur bisa menyaksikan groundbreaking green energy superblock Oasis Central Sudirman. Sebab, bangunan ini akan memadukan kepentingan kegiatan bisnis dan perkantoran dengan kepentingan pelestarian lingkungan melalui konsep green building.

“Kami mengapresiasi langkah Kementerian BUMN dan BUMN terkait yang melakukan pembangunan properti dengan mengedepankan konsep green and sustainable building dengan standar environmental, social, and governance (ESG) berkelas internasional,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (1/2/2023).

Kosasih mengatakan, pengembangan Oasis Sudirman akan mengusung konsep one-stop service property complex dan menjadi green energy superblock melalui skema build operate transfer (BOT) yang dikelola konsorsium Mitsubishi Estate Jepang.

“Kami yakin, kerja sama tersebut bisa membawa bisnis kelas dunia hadir di jantung Kota Jakarta,” ujarnya.

Kenji pun mengapresiasi proyek Oasis Central Sudirman. Menurutnya, lahan ini bisa menjadi tengara baru yang memicu perkembangan kawasan TOD di Jakarta sekaligus katalisator untuk menarik lebih banyak investasi global, khususnya properti dan real estat, ke Indonesia.

“Ke depan, kerja sama ini juga akan meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan antara Jepang dan Indonesia,” tuturnya.

Untuk diketahui, green energy superblock Oasis Central Sudirman terdiri dari kompleks komersial dan residensial pencakar langit dengan konstruksi antigempa. Bangunan pertama akan memiliki 65 lantai untuk strata title condominiums. Lalu, bangunan kedua akan memiliki 75 lantai yang dimanfaatkan sebagai kantor, service apartments, dan hotel.

Kedua lahan tersebut akan dihubungkan dengan fasilitas lifestyle retail di atas lahan seluas 3,3 hektare. 

Lokasi Oasis Central Sudirman pun strategis karena terletak di kawasan TOD yang dekat dengan sejumlah pemberhentian moda transportasi umum, seperti moda raya terpadu (MRT), lintas rel terpadu (LRT), Skytrain Bandara, kereta rel listrik (KRL), dan Transjakarta. Lahan ini juga dekat dari pusat bisnis, perdagangan, dan pemerintahan.

Adapun lahan tersebut akan memiliki standar keselamatan kelas dunia. Oleh karena itu, pengerjaan pembangunannya akan berlangsung secara bertahap dalam jangka waktu 6-8 tahun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com