Advertorial

Kelebihan, Kompetensi Dasar, Materi Perkuliahan, hingga Prospek Karier Kuliah di Jurusan Manajemen UPH

Kompas.com - 09/02/2023, 11:12 WIB

KOMPAS.com – Saat lulus dari bangku sekolah menengah atas (SMA), banyak orang mencari informasi mengenai jurusan kuliah yang akan dituju. Salah satu jurusan atau program studi (prodi) yang memiliki banyak peminat adalah program studi (Prodi) Manajemen.

Perlu diketahui, Prodi Manajemen bukan hanya dapat diambil oleh siswa dengan latar pendidikan ilmu pengetahuan sosial (IPS), melainkan juga lulusan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Adapun jurusan tersebut mempelajari ilmu pengelolaan dan pengembangan strategi bisnis dalam suatu korporasi. Selain itu, pembuatan rencana bisnis, prosedur, marketing, administrasi, dan cara perekrutan sumber daya manusia (SDM) pada suatu perusahaan.

Prodi Manajemen secara umum memiliki lima kelebihan. Pertama, ilmu manajemen memiliki esensi penting dalam setiap aspek kehidupan manusia dan perusahaan, seperti prinsip manajerial dan ilmu dasar bisnis.

Kedua, lulusan Prodi Manajemen memiliki prospek karier yang luas. Pasalnya, hampir setiap perusahaan membutuhkan kemampuan manajerial agar dapat beroperasi dengan lancar.

Ketiga, Prodi Manajemen juga bisa membuat Anda menjadi orang yang mudah bergaul dan bekerja di berbagai bidang. Keempat, Anda dapat menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, dan berjiwa pemimpin. Kelima, Prodi Manajemen cocok bagi Anda yang ingin membangun usaha atau bisnis sendiri.

Adapun lulusan prodi tersebut dapat menjalani berbagai profesi, seperti manajer di perusahaan negeri atau swasta, konsultan bisnis, dosen, pengusaha, project manager, manajer SDM, manajer keuangan, manajer pemasaran, manager trainee, akuntan, dan analisis keuangan.

Kompetensi dasar yang perlu dimiliki bagi calon mahasiswa

Untuk menjadi mahasiswa Prodi Manajemen, ada beberapa kompetensi dasar yang harus dimiliki sebagai modal dasar.

Salah satunya, tertarik dan memiliki kemampuan manajerial. Dengan demikian, Anda berpotensi menjadi manajer yang sukses di masa mendatang.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik juga menjadi hal penting untuk calon mahasiswa Prodi Manajemen. Pasalnya, ke depan, Anda akan berhadapan dengan banyak orang, termasuk klien dan anggota tim.

Sebagai calon mahasiswa Prodi Manajemen, sebaiknya Anda memiliki jiwa leadership (kepemimpinan). Sebab, jiwa kepemimpinan dapat membantu lulusan Prodi Manajemen dalam bekerja dan membangun tim yang baik di perusahaan.

Calon manajer yang baik juga harus bisa bekerja secara produktif dan pintar membagi waktu berdasarkan prioritas. Kemampuan ini berguna ketika lulusan menjadi seorang manajer perusahaan. 

Selanjutnya, calon mahasiswa Prodi Manajemen harus memiliki kemampuan untuk mendalami sifat dan karakter manusia. Dengan demikian, Anda dapat membangun hubungan dengan orang lain yang memiliki beragam pikiran, karakter, dan sudut pandang.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik. Dengan demikian, Anda dapat memecahkan masalah saat sudah bekerja perusahaan. 

Jika ingin memahami orang lain, Anda juga harus bisa memahami diri sendiri dengan baik. Calon mahasiswa Prodi Manajemen pun sudah seharusnya memiliki self-awareness tinggi agar mampu membangun sikap kepedulian sosial dan lebih terbuka untuk mendengarkan pendapat orang lain. 

Calon mahasiswa Prodi Manajemen juga harus memiliki skill mengatur keuangan dengan baik. Pasalnya, Anda akan diminta kecakapan dalam menganalisis informasi keuangan perusahaan dan valuation. Selain itu, akan ada mata kuliah Akuntansi yang berhubungan juga dengan keuangan. 

Jika Anda memiliki ketertarikan untuk membangun bisnis sendiri, Prodi Manajemen menjadi pilihan yang tepat untuk dipelajari. Prodi ini akan membekali Anda dengan dasar-dasar ilmu manajemen.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap manajer atau team leader adalah kemampuan untuk bisa mengambil keputusan di masa krisis dengan cepat dan tepat. Sebagai calon mahasiswa Manajemen, Anda bisa mengasah kemampuan ini untuk menjadi manajer yang sukses di masa depan. 

Prodi Manajemen UPH

Bila Anda ingin mempelajari mengenai ilmu manajemen, Universitas Pelita Harapan (UPH) dapat Anda perhitungkan. 

UPH memiliki program Sarjana Strata 1 (S1) Prodi Manajemen yang dipayungi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Berikut adalah enam alasan Anda harus masuk Prodi Manajemen di UPH.

  1. Lahirkan pemimpin yang cakap dan beretika
    Sebagai universitas dengan Ilmu Manajemen berstandar global, UPH berkomitmen mencetak pemimpin cakap dan beretika.

Oleh karena itu, selain secara ilmu, karakter Anda juga akan dibentuk sehingga mampu menjadi pemimpin yang berdampak dan membawa transformasi pada dunia kerja.

  1. Fasilitas lengkap

Selain pembelajaran dengan kurikulum yang selalu update dan lengkap, komunitas yang aktif, serta lingkungan belajar yang nyaman, UPH juga memiliki program inkubator bisnis, yaitu SparkLabs Incubation.

Komunitas tersebut dapat menjadi wadah bagi mahasiswa UPH yang ingin membuat start-up.

Dalam perkuliahan, UPH menggunakan metode pembelajaran studi kasus. Dengan demikian, pemikiran mahasiswa dapat terasah layaknya di dunia kerja yang sebenarnya.

  1. Lulusan yang sukses dan kredibel di dunia kerja

Lulusan Prodi Manajemen UPH terbukti sukses dan kredibel dalam dunia kerja. Hal tersebut dapat dilihat dari pengalaman alumni yang berkarier sebagai manajer ataupun owner bagi perusahaannya sendiri. 

  1. Berprestasi dalam kancah nasional dan internasional

Salah satu prestasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPH adalah juara 3 dalam lomba debat yang diselenggarakan oleh salah satu universitas di Bandung. 

  1. Guru besar dan dosen yang berpengalaman

Selain guru besar dan dosen pengajar, Prodi Manajemen juga memiliki penasihat Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang membuat para mahasiswa Jurusan Manajemen berada di bawah bimbingan profesional dan mumpuni di bidangnya. 

  1. Bermitra dengan perusahaan besar dan universitas terkenal dunia

Menjadi mahasiswa di Prodi Manajemen UPH memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kemitraan dengan perusahaan besar dan universitas terkenal dunia.

Dengan demikian, lulusan Prodi Manajemen mendapat kesempatan kerja yang lebih besar di perusahaan tersebut. 

Adapun mata kuliah yang didapatkan di Prodi Manajemen pada tahun pertama adalah Pendidikan Bahasa, Dasar-dasar Manajemen, Ekonomi Mikro dan Makro, serta Pengantar Akuntansi.

Memasuki tahun ajaran kedua, ada beberapa peminatan yang bisa dipilih mahasiswa sesuai dengan potensi dan minatnya. Berikut adalah daftar Peminatan Prodi Manajemen

  1. Pemasaran, Ritel, dan Inovasi
  2. Investasi Sumber Daya Manusia
  3. Analitik Bisnis
  4. Model Transformasi Bisnis Digital
  5. Kewirausahaan
  6. Bisnis Internasional
  7. Keuangan

UPH berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Program Studi Manajemen yang kompeten, unggul, dan mampu berkontribusi secara nyata di lingkungan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Bersama UPH, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi “The Next Great Achiever”. 

Para lulusan UPH juga telah membuktikan prestasi dan kontribusi bagi kemajuan Indonesia, baik melalui perusahaan yang dipimpin maupun pemikiran dan strategi dalam memimpin sebuah organisasi.

Beberapa di antaranya adalah CEO dan Co-Founder Artisan Professionnel Reza Aryabima, Chief Executive Officer (CEO) Transmedia Atiek Nur Wahyuni, Wakil Ketua MPR RI Periode 2019-2024 Dr Lestari Moerdijat, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Jika Anda tertarik untuk menjadi manajer atau pengusaha, bergabung dengan Prodi Manajemen UPH dapat menjadi pilihan tepat. Terlebih, UPH memberi potongan harga khusus untuk pendaftaran kuliah yang bisa dimanfaatkan.

Untuk informasi lebih lengkap terkait Prodi Manajemen UPH, Anda bisa menghubungi student consultant di nomor 0811-1709-901 atau klik di sini. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com